Mengenali Penyakit Diabetes Dan 4 Fakta Tentangnya

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Penyakit diabetes atau sebagian besar menyebut dengan sebutan penyakit gula darah merupakan salah satu jenis penyakit yang kini banyak merenggut nyawa penderitanya. Bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes ini sering menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Sehingga hal ini membuat apabila diabetes tidak langsung ditangani akan menimbulkan dampak yang fatal bagi individu penderitanya. Diabetes merupakan suatu penyakit yang bisa menyerang manusia dalam jangka panjang. Problem utama dari penyakit ini yaitu ketika kandungan glukosa di dalam darah melebihi batas wajar atau batas normal. Secara umum diabetes memiliki dua tipe, yaitu

  • Diabetes tipe 1
  • Diabetes tipe 2

Dari masing-masing tipe tersebut memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda.

Berikut penjelasan untuk faktor penyebab penyakit diabetes tipe 1 yaitu

  • Faktor keturunan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garis keturunan memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan resiko suatu individu menderita penyakit diabetes atau tidak. Perlu diketahui bahwa apabila seseorang memiliki anggota keluarga yang terdapat riwayat menderita penyakit ini, maka besar kemungkinan individu tersebut juga akan menderita penyakit yang sama.

  • Kondisi geografi

Siapa yang menyangka ternyata kondisi lingkungan tempat tinggal memberi andil dalam mempengaruhi suatu individu menderita penyakit ini. Utamanya bagi seseorang yang tinggal di wilayah dengan sinar matahari yang rendah akan memiliki resiko yang besar untuk menderita penyakit diabetes. Hal ini karena sinar matahari yang mengandung vitamin D berguna untuk mendukung metabolism tubuh, sehingga jika kekurangan vitamin D akan beresiko mengalami penyakit autoimun. Seperti yang diketahui bahwa diabetes tipe 1 merupakan penyakit diabetes yang diakibatkan oleh sel-sel tubuh yang justru merusak tempat produksi hormone insulin di organ pangkreas, sehingga sering disebut diabetes autoimun. Suatu lingkungan yang disinari sinar matahari dengan intensitas yang cukup rendah biasanya sering ditemukan di bagian bumi yang jauh dari garis equator atau garis khatulistiwa.

  • Umur

Yang kita ketahui penyakit diabetes sering menyerang individu dengan usia lanjut. Tetapi lain halnya untuk diabetes tipe 1 yang justru banyak terdeteksi di umur yang tergolong belia, yaitu pada rentang usia 4 hingga 7 tahun, atau pada usia 10 hingga 14 tahun.

  • Faktor lain

Beberapa faktor lain yang turut menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes tipe 1 yaitu ketika mengkonsumsi susu sapi dalam usia yang dapat dibilang terlalu dini. Faktor lainnya yaitu mengkonsumsi air yang di dalamnya terkandung zat atau senyawa seperti nitrat, gluten maupun sereal pada rentang usia sebelum 4 bulan atau pasca 7 bulan.

faktor pendorong timbulnya penyakit diabetes tipe 2 yaitu :

  • Pola hidup yang tidak bersih dan tidak sehat

Merebaknya jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan kimia, utamanya bahan pengawet dan pemanis buatan mendorong makin meraja lelanya pola hidup yang tidak sehat. Konsumsi makanan dengan gula tinggi maupun junk food serta tidak diimbangi dengan aktivitas fisik diantaranya berupa olahraga membuat potensi atau resiko mengidap diabetes tipe 2 semakin tinggi.

  • Faktor genetik

Sama seperti penyebab diabetes tipe 1, ternyata diabetes tipe 2 juga dapat disebabkan oleh garis keturunan lho. Sehingga bagi anda yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit diabetes harus berhati-hati dan mulai menerapkan gaya hidup sehat, walaupun memang tidak semua individu yang memiliki riwayat keturunan penyakit diabetes ‘pasti’ memiliki peluang turut mengidap diabetes.

  • Obesitas

Biasanya kondisi berat badan yang berlebihan dapat memicu seseorang mengidap penyakit diabetes. Obesitas kerap diakibatkan oleh kadar lemak berlebih maupun gula berlebih di dalam tubuh.Namun perlu dipahami bahwa tidak semua orang yang memiliki berat badan berlebih pasti mengidap penyakit gula darah ini ya

  • Usia lanjut

Faktor yang keempat ini memang sudah menjadi rahasia umum bahwa penderita diabetes tipe 2 banyak yang menyerang usia lanjut. Biasanya rata-rata usia yang rawan terserang penyakit diabetes adalah di atas 45 tahun. Tetapi sekali lagi tidak menutup kemungkinan jika usia dibawah 45 tahun dapat mengidap diabetes juga.

Terdapat perbedaan karakteristik diabetes, yaitu untuk diabetes tipe 1 disebabkan oleh auto imun yang menyerang organ pangkreas, sedangkan untuk diabetes tipe 2 terjadi karena resistensi insulin.

Berikut beberapa fakta tentang penyakit diabetes :

Hampir setengah miliar penduduk di bumi menderita penyakit diabetes

3 tahun yang lalu di dunia hampir setengah miliar populasi manusia di bumi menderita penyakit diabetes. Sedangkan untuk Indonesia hamper 21 juta jiwa merupakan pengidap penyakit gula darah.

Diabetes tipe 2 sering tidak menunjukkan gejala

Akibat hal ini hampir mayoritas penderita tidak sadar jika dirinya telah mengidap penyakit mematikan ini. Sehingga penting bagi kita untuk rutin kontrol kesehatan dengan tujuan mendeteksi penyakit sejak dini

Penyakit diabetes sering menimbulkan komplikasi

Apabila penyakit gula darah ini tidak segera ditangani lebih lanjut, maka bear kemungkinan untuk timbulnya komplikasi. Menurut beberapa riset munculnya potensi penyakit jantung yang dialami oleh penderita diabetes memiliki peluang 2x lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak mengidap diabetes.

Luka yang sulit sembuh

Bagi individu yang sedang mengidap diabetes, maka harus berhati-hati agar tidak mengalami luka apapun di dalam tubuhnya. Hal ini karena apabila muncul luka, akan sulit kering dan sulit sembuh. Sehingga banyak kasus amputasi yang terjadi yang diamali oleh penderita diabetes.

Cek juga : beberapa mitos mengenai penyakit diabetes

Bagikan: