HomeTanaman ObatWaspada ISPA, ini 8 Tanaman Obat untuk Infeksi Saluran Pernapasan

Waspada ISPA, ini 8 Tanaman Obat untuk Infeksi Saluran Pernapasan

ISPA atau yang memiliki kepanjangan yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut, adalah jenis gangguan kesehatan yang menyerang bagian saluran pernafasan manusia. Penyakit ini biasanya sering disebabkan oleh infeksi baik dari bakteri maupun dari virus. Nah, ternyata penyakit ISPA ini merupakan golongan pertama dari jenis yang dimiliki oleh infeksi saluran pernapasan. Cara untuk mengobati penyakit ISPA yaitu bisa menggunakan tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan baik kimiawi maupun herbal yang berasal dari tanaman alami.

Cek juga info tentang : 7 tanaman obat alami nyeri sendi yang ampuh

Menurut istilah lain, ISPA juga dikenal dengan sebutan Upper Respiratory Tract Infections (URI), yang mana URI tersebut didefinsikan sebagai infeksi yang menyerang bagian pernafasan atas, diantaranya berupa bagian rongga hidung, sinus, maupun tenggorokan. Nah beberapa contoh URI yang menyerang bagian-bagian tersebut adalah penyakit pilek, sinusitis, laryngitis, maupun tonsillitis. Beberapa hal yang menjadi faktor pendorongan terjangkitnya penyakit ini lebih disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga tidak heran bahwa anak-anak dengan kategori usia balita sangat rentan terkena penyakit ISPA karena system kekebalan tubuh yang masih belum bekerja secara optimal.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai karena merupakan tanda terkena penyakit ISPA diantaranya adalah batuk, pilek, bersin, hidung yang tersumbat, rasa nyeri yang dirasakan pada tenggorokan, kepala, maupun otot, serta biasanya diikuti dengan demam. Untuk mengobati ISPA bisa dengan obat kimiawi atau tanaman herbal. Metoda kimiawi sering dianggap memiliki banyak efek samping sehingga dewasa ini ada istilah ‘back to nature’, yakni melakukan pengobatan menggunakan bahan alami yang berasal dari tanaman herbal. 

Berikut beberapa tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan yang ampuh digunakan dalam penyembuhan:

Kencur

Tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan yang pertama adalah kencur. Tanaman kencur memang sudah menjadi rahasia umum mengenai kehebatannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. tanaman yang merupakan golongan dari empon-emponan ini salah satu kegunannya yaitu untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang organ pernapasan, yaitu ISPA. 

Bunga krisan

Tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan yang kedua yaitu bunga krisan. Bunga krisan atau yang memiliki nama latin chrysanthemum ini merupakan salah satu bunga yang banyak ditanam oleh masyarakat karena keindahan dan aroma wangi yang semerbak. Bunga krisan berasal dari wilayah Eropa bagian timur laut dan berasal dari Asia. Selain banyak dimanfaatkan untuk hiasan pekarangan, bunga ini juga memiliki manfaat khususnya di bidang kesehatan lho. Salah satu kegunaan bunga krisan di bidang kesehatan adalah untuk mengatasi penyakit gangguan pernapasan yaitu ISPA. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan dalam bunga krisan yaitu berupa antibiotic serta anti inflamasi. Kedua kandungan tersebut sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit yang menyerang organ pernafasan. 

Bayam duri

Tanaman sayuran bayam duri merupakan tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan selanjutnya. tanaman ini banyak tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun. Sayuran ini juga sering dimasak sebagai lauk sehari-hari. Namun, tahukah kamu bahwa sayuran yang memiliki duri di bagian batangnya ini memiliki manfaat di bidang kesehatan. Beberapa kegunaan bayam duri yaitu mampu mengobati penyakit ISPA, problem keputihan yang sering dialami oleh wanita, dapat menyembuhkan tuberkolusis atau TBC, bahkan hingga mengobati penyakit disentri. Cara penggunaan ramuan bayam duri juga cukup mudah, yaitu daun bayam duri yang masih segar dan telah dicuci harus digiling dan ditambahkan air, lalu dikompres untuk mengurangi demam akibat ISPA.

Jahe

tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan yang keempat adalah Jahe. Jahe adalah tanaman herbal yang masuk dalam kategori tanaman empon-empon. Banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan olahan jahe. Mulai dari demam, batuk, untuk menghangatkan badan, hingga menyembuhkan penyakit pernapasan, yaitu diantaranya ISPA. Saking banyaknya kegunaan jahe, maka sudah tidak diragukan lagi efektivitasnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. zat yang terkandung dalam jahe diantaranya adalah berupa anti virus, anti mikroba, serta anti inflamasi yang mana ketiga kandungan tersebut ampuh untuk mengatasi faktor penyebab terjadinya infeksi di saluran pernafasan. 

Bawang putih

Poin kelima tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan yaitu bawang putih. Rempah-rempah yang satu ini menurt beberapa penelitian ternyata masuk dalam deretan tanaman herbal yang efektif untuk membantu penyembuhan penyakit ISPA. Salah satu kandungan yang ada di dalam bawang putih yaitu berupa profilatik, di klaim mampu mencegah timbulnya flu serta masuk angin, khususnya pada golongan orang dewasa. Cara konsumsi bawang putih pun bisa dalam bentuk mentah, maupun ketika sudah matang. 

Bandotan

Masih berkaitan dengan tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan, jenis keenam yaitu ditempati oleh bandotan. Tanaman bandotan ini jika tidak diperhatikan secara seksama memang sering dikira sebagai tanaman liar, karena banyak ditemukan tumbuh di pinggir jalan atau pekarangan. Namun, dibalik itu semua, tanaman bandotan menyimpan segudang manfaat khususnya di bidang kesehatan. Salah satu kegunaan tanaman bandotan adalah untuk menyembuhkan penyakit ISPA. Beberapa kandungan yang ditemukan dalam tanaman ini diantaranya kumarin, asam amino, alkaloid, serta senyawa lainnya.

Eucalyptus

Tanaman obat untuk infeksi saluran pernapasan  selanjutnya adalah Eucalyptus. Tanaman ini memang banyak dikenal sebagai bahan baku pembuatan minyak kayu putih, sehingga tidak heran jika eucalyptus memiliki manfaat dalam hal melegakan saluran pernapasan manusia. Cara menggunakan ramuan ini yaitu dengan memanfaatkan bagian daun atau minyak eucalyptus yang selanjutnya dicampurkan pada air yang mendidih. Uap yang dihasilkan dari kegiatan ini lalu dihirup. Jika dilakukan secara rutin, maka rasa tidak nyaman di dalam organ pernapasan akan hilang.

Bunga Echinacea

Dan yang terakhir dalam kategori tanaman herbal untuk infeksi saluran pernapasan yaitu bunga Echinacea. Bunga yang merupakan golongan asteraceae ini berfungsi untuk menyembuhkan gangguan pernapasan, salah satunya adalah ISPA. Kandungan yang ditemukan dalam bunga ini adalah Anti Mikroba, yang mana zat tersebut dapat menjaga kekebalan tubuh. Manfaat bunga ini diantara lain dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dari flu, kasus infeksi, maupun masuk angin.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here