HomeTips Sehat7 Tanaman obat keluarga atau TOGA (TOGA) dan Jenisnya

7 Tanaman obat keluarga atau TOGA (TOGA) dan Jenisnya

7 Tanaman obat keluarga atau TOGA (TOGA) dan Jenisnya

Tanaman obat keluarga atau TOGA atau yang familiar dikenal dengan sebutan TOGA adalah jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di lingkungan rumah karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan alami. Pada masa dahulu, tanaman obat keluarga atau TOGA memiliki sebutan lain, yakni adalah apotek hidup. Karakteristik tanaman obat keluarga atau TOGA yang dibudidayakan di pekarangan rumah pada umumnya merupakan jenis obat herbal yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama. Contoh dari jenis penyakit yang secara umum sering disembuhkan menggunakan tanaman obat keluarga atau TOGA diantaranya batuk, pilek, flu, demam, dan lain-lain.

Eksistensi tanaman obat keluarga atau TOGA dari zaman dahulu dikenal lebih banyak dibudidayakan dibandingkan masa sekarang. Hal ini karena salah satu faktor utamanya adalah keterbatasan masyarakat dalam mengakses pelayanan medis, baik dalam tingkat klinik, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) maupun level rumah sakit. Seiring berkembangnya waktu, pembudidayaan toga semakin berkurang, namun untuk kategori pedesaan, budaya pembudidayaan toga masih berlangsung dan dilestarikan hingga saat ini. Hal ini karena selain berfungsi untuk media pengobatan herbal, toga yang ditanam di pekarangan rumah juga secara tidak langsung dapat digunakan sebagai penghias pekarangan sehingga memberikan suasana yang sejuk dan hijau.

cek juga info tentang : 10 cara budidaya tanaman obat

Budidaya tanaman obat keluarga atau TOGA ini sebenarnya tidak terlalu sulit, karena bisa ditanam langsung di tanah pekarangan, atau bahkan menggunakan pot jika memiliki kendala pekarangan yang sempit. Sehingga tentunya karena media tanam yang cukup ringkas seperti polybag atau pot, maka dapat menjadi solusi bagi khususnya orang perkotaan yang terkendala tidak adanya pekarangan rumah. Saat ini cara pengobatan mayoritas menggunakan obat yang berbahan kimiawi, padahal jika diteliti, obat herbal lebih banyak keunggulannya dibandingkan obat kimiawi. Salah satu keunggulan obat herbal ini yaitu tidak memberikan efek samping pada tubuh dana man dikonsumsi walaupun dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa jenis tanaman obat keluarga atau TOGA yang umum dibudayakan oleh masyarakat :

1. PareĀ 

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Pare, tanaman yang khas dengan sensasi rasa pahit ini ternyata merupakan salah satu anggota tanaman obat keluarga atau TOGA lho. Tanaman pare memilik kemampuan adaptasi yang cukup baik, sehingga dapat ditanam di berbagai macam kondisi, termasuk di pekarangan atau halaman rumah. Tanaman pare sering kita kenal sebagai lauk atau sayur sehari-hari. Padahal tanpa kita sadari, tanaman pare juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantara manfaat tersebut misalnya, tanaman pare dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes atau kencing manis, meyembuhkan penyakit gangguan pernapasan, bahkan dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh lho. Menurut beberapa sumber, tanaman pare juga memiliki kegunaan untuk memperlancar detoksifikasi racun di dalam tubuh.

2. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu anggota empon-empon yang sering dijumpai di sekitar kita. Yang sering kita dengar adalah tanaman temulawak ini mampu dan ampuh digunakan sebagai obat agar nafsu makan bertambah. Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak khasiat lain lho yang dimiliki oleh tanaman temulawak, diantaranya yaitu temulawak dapat merangsang produksi dari cairan empedu. Selanjutnya, temulawak juga memiliki kegunaan untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan efektifitas proses metabolism makanan yang ada di dalam tubuh. Bagi anda yang mengalami susah buang air besar, anda juga dapat mencoba temulawak sebagai ramuan lho. Banyaknya manfaat yang disuguhkan oleh temulawak akan membuat siapapun tidak akan menyesal dan tidak akan rugi apabila menanamnya. 

3. JaheĀ 

Sama seperti temulawak, jahe juga merupakan anggota dari kelompok tanaman empon-emponan. Bagi orang Indonesia, rasa-rasanya tanaman jahe bisa dinobatkan sebagai tanaman seribu obat. Hal ini karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang menggunakan ramuan jahe untuk segala macam keluhan penyakit. Bukan hanya karena tradisi atau kebiasaan, ternyata memang secara uji klinis, tanaman jahe memiliki banyak kelebihan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan keluhan berbagai macam penyakit. selain di Indonesia, tanaman jahe juga telah terkenal di hamper seluruh negara, utamanya di wilayah Asia Tenggara. Manfaat tanaman jahe diantaranya yaitu mampu meredakan gejala mual, yang biasanya disebabkan oleh masuk angina maupun keluhan asam lambung yang naik. Selain itu bagi anda yang memiliki keluhan pencernaan, anda juga bisa mencoba ramuan jahe lho.

4. Kencur

Kencur akrab dikenal sebagai bumbu masakan. Namun disamping itu, kencur juga memiliki kegunaan khususnya untuk pengobatan herbal. Selain itu, ramuan berbahan dasar kencur juga bisa dikonsumsi secara rutin lho, tanpa harus menunggu datangnya suatu penyakit. hal ini dikarenakan kencur mampu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit. jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kencur diantaranya nyeri haid, diare, batuk, lambung, dan lain-lain.

5. Sirih

Tanaman obat keluarga atau TOGA selanjutnya yang harus ditanam di pekarangan rumah adalah jenis tanaman sirih. Tanaman sirih memiliki kegunaan di banyak aspek, diantaranya adalah berguna untuk peningkatan kesehatan, dapat digunakan untuk pelengkap atau bumbu dapur, bahkan hingga aspek kecantikan lho. Salah satu kegunaan yang terkenal dari tanaman sirih adalah mampu mempercepat penyembuhan luka

6. Kunyit

Tanaman obat keluarga atau TOGA selanjutnya yaitu kunyit. Hamper sama dengan tanaman empon-empon lainnya, kunyit juga menyimpan segudang manfaat, misalnya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan, bahkan hingga kesehatan. Diantara manfaat kunyit untuk kesehatan adalah mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan, dapat menyembuhkan penyakit diabetes, serta mampu mengobati sakit tifus. 

7. Serai

Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu berupa aroma yang terkandung dalam batangnya dan biasanya digunakan untuk menciptakan aroma wangi pada masakan. Serai selain digunakan untuk kesehata, ternyata juga memiliki kegunaan untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat menciptakan tidur yang berkualitas, hal ini dilatarbelakangi karena dengan mengkonsumsi seduhan batangnya, otot dan saraf akan lebih rileks.

Must Read

Related News

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here