Mengenal Tanaman Sansivera (Lidah Mertua) dan Berbagai Manfaatnya

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Bagi anda para pembaca pastinya tidak asing lagi bukan dengan tanaman yang satu ini. Tanaman sansevieria atau yang memiliki nama lain lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam kategori tanaman hias. Tanaman lidah mertua dapat digunakan untuk menghias rumah bagian dalam maupun luar. Keunggulan yang dimiliki oleh lidah mertua yaitu mampu hidup di kondisi yang sedikit sinar matahari dan sedikit pasokan air. Sehingga tidak heran jika banyak yang menyebutkan tanaman sansiviera ini sangat mudah untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan perawatan yang cukup rumit.

Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman sansiviera yaitu bagian daunnya tumbuh tegak serta keras, dengan bagian ujung daun tumbuh meruncing dan tajam. Rata-rata panjang daun sansiviera yaitu mampu tumbuh hingga 50 cm – 75 cm. namun ada juga jenis tanaman sansiviera yang hanya tumbuh pendek dengan tinggi 8 cm saja. Sehingga hingga saat ini digolongkan terdapat dua jenis tanaman sansiviera, yaitu berdaun panjang dan berdaun pendek. Bagian daun tanaman sansiviera memiliki warna yang cukup bermacam-macam, yaitu ada yang berwarna hijau muda, hijau tua, hijau abu-abu, serta kombinasi warna kuning putih serta kuning hijau.

Apabila menilik lebih khusus, jenis lidah mertua terbagi ke dalam golongan yang cukup banyak lho, menurut salah satu sumber, tanaman lidah mertua memiliki 70 jenis dengan berbagai corak dan warna yang beragam. Selain tampilan tanaman sansiviera yang menarik, ternyata tersimpan banyak manfaat lho yang jarang diketahui oleh masyarakat. Berikut akan diulas kegunaan yang didapatkan dari tanaman sansiviera alias lidah mertua :

Tanaman sansiviera memiliki kegunaan untuk menjaga agar udara tetap bersih

Pentingnya menjaga kebersihan udara merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan karena akan berkaitan dengan kesehatan system pernafasan kita. Salah satu cara untuk menciptakan agar udara tetap bersih dan tidak mengandung polusi adalah dengan menggunakan tanaman sansiviera. Tanaman ini dipercaya dapat menyerap CO2 di udara. CO2 tersebut akan diolah untuk mencari oksigen melalui proses fotosintesis. Selain itu tanaman ini juga mampu untuk menyerap gas atau zat udara yang beracun. Contoh nyatanya yaitu penempatan tanaman lidah mertua di ruangan produksi. Hal ini bertujuan agar zat udara yang dikeluarkan ketika proses produksi dan supaya tidak terhirup oleh pekerja.

Tanaman lidah mertua atau sansiviera dapat digunakan untuk menjaga agar kulkas tidak mengeluarkan bau yang menyengat

Ternyata kemampuan tanaman lidah mertua untuk membersihkan udara tidak hanya untuk menyerap CO2 lho. Manfaat tanaman ini selanjutnya yaitu untuk mengatasi permasalahan aroma lembap pada kulkas. Tentunya hal tersebut sudah menjadi rahasia umum bukan bahwa kulkas sering mengeluarkan aroma yang kurang bersahabat.  Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menempatkan beberapa potong dari daun lidah mertua di dalam kulkas.

Tanaman sansiviera dapat mengatasi potensi radiasi

Hamper seluruh dari barang elektronik memancarkan energy radiasi yang sebetulnya cukup berbahaya bagi tubuh jika dibiarkan terlalu lama dalam paparannya. Barang elektronik tersebut misalnya TV, computer, handphone, maupun laptop. Untuk mengurangi potensi tubuh kita terkena paparan energy radiasi, anda dapat mencobanya dengan menempatkan tanaman lidah mertua di sekitar barang elektronik yang anda miliki. Suatu studi menyebutkan kemampuan lidah mertua dalam proses mereduksi suatu gelombang radiasi, yang mana akan menjaga tubuh kita agar selalu sehat.

Tanaman sansiviera memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit kepala

Sejak zaman dahulu, nenek moyang banyak memanfaatkan tanaman maupun obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan hingga saat ini ramuan tersebut masih banyak dimanfaatkan untuk mengurangi ketergantungan obat kimiawi serta bebas dari efek samping. Salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit kepala yaitu tanaman sansiviera atau lidah mertua. Cara pengobatannya pun cukup mudah, yaitu dengan menghirup aroma hasil pembakaran bagian daun tanaman lidah mertua.

Tanaman sansiviera dapat menjaga kesehatan rambut

Bagi anda yang menginginkan rambut sehat, kuat, dan berkilau, caranya tidak harus menggunakan aneka macam shampoo atau vitamin rambut lho. Salah satu cara alami dan mudah untuk menjaga kesehatan rambut yaitu salah satunya dengan menggunakan ramuan alami berbahan dasar tanaman lidah mertua. Cara untuk mengaplikasikan tanaman ini pada rambut yaitu dengan cara membuat sari yang berasal dari akar dan usapkan pada kulit kepala dan rambut.

Tanaman sansiviera memiliki efek menenangkan

Selain untuk mengobati secara fisik, tanaman sansiviera juga mampu mengobati suatu hal yang berkaitan dengan kesehatan mental. Misalkan seseorang sedang mengalami kecemasan atau perasaan stress, maka banyak studi menyebutkan bahwa aroma khas yang dimiliki oleh tanaman lidah mertua ketika mekar mampu memberikan efek anti depresan. Sehingga banyak masyarakat yang menyebut bahwa tanaman sansiviera memiliki kemampuan sebagai aroma terapi.

Tanaman sansiviera memiliki efek anti inflamasi

Jika anda memiliki suatu luka maka akan timbul resiko peradangan, baik berupa memar atau yang lainnya. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya peradangan yaitu dengan menggunakan tanaman sansiviera yang diaplikasikan di bagian tubuh yang terluka. Efek anti inflamasi yang dimiliki tanaman lidah mertua juga dipercaya ampuh untuk mengobati luka yang terbentuk karena gigitan serangga atau ular yang beracun. Namun perlu diperhatikan bahwa gel dari lidah mertua hanya merupakan pertolongan pertama sebelum anda mendapatkan penanganan dari tim kesehatan atau tim medis.

Bagikan: