6 Cara Mengkonsumsi Daun Kelor dan Pengolahannya

by | May 20, 2021 | Tanaman Obat, Cara Konsumsi | 0 comments

Bagikan:

Tanaman daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui tumbuh subur di wilayah Indonesia. Tanaman ini masuk ke dalam deretan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai komponen pembuatan obat herbal. Selain Indonesia, negara-negara belahan dunia lainnya yang juga banyak ditemukan tanaman daun kelor yaitu India, negara-negara di benua Afrika, serta wilayah lain yang memiliki iklim tropis. cara mengkonsumsi daun kelor untuk pengobatan tradisional ternyata sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu.

Menurut beberapa sumber, tanaman yang memiliki nama latin yaitu Moringa Oleifera ini memiliki kemampuan dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti misalnya yaitu diabetes, inflamasi, rasa nyeri pada persendian, kanker, hingga sakit jantung. Banyaknya kegunaan yang disuguhkan oleh tanaman daun kelor tidak lepas dari tingginya kandungan senyawa dan zat baik di dalamnya. Diantara kandungan senyawa tersebut yaitu berupa vitamin C, yang mana kandungan ini lebih tinggi 7x lipat dibandingkan vitamin C yang ada di dalam jeruk.

Selain itu, di dalam daun kelor juga ditemukan kandungan berupa kalium, menurut suatu sumber, kandungan kalium yang ada di daun kelor ini lebih tinggi 15 kali dibandingkan dengan buah pisang. Lebih lanjut, di dalam daun kelor juga terkandung zat dan senyawa lain yaitu berupa protein, kalsium, asam amino, dan masih banyak lagi lainnya. cara mengkonsumsi daun kelor juga beragam lho. Diantara cara mengkonsumsi daun kelor yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu dalam bentuk suplemen, teh / jenis minuman, hingga makanan. Anda juga bisa lho mengolah daun kelor secara mandiri.

Beberapa cara mengkonsumsi daun kelor yang bisa anda lakukan :

  1. Konsumsi daun kelor dalam bentuk olahan teh

Cara mengkonsumsi daun kelor yang pertama yaitu dengan pengolahan menjadi sebagai teh. Sebagai langkah awal, siapkan daun kelor yang masih segar secukupnya saja. Jangan lupa untuk menyiapkan pula madu sebagai bahan campuran agar teh terasa lebih nikmat. Lalu bahan terakhir adalah siapkan air secukupnya. Perlu diperhatikan bahwa untuk daun yang digunakan adalah yang masih muda, biasanya daun kelor muda berada di dekat pucuk, serta memiliki warna cerah, yaitu hijau muda. Jangan lupa untuk menghilangkan kotoran pada daun kelor dengan cara melakukan perendaman dan pencucian. Selanjutnya lakukan pengeringan dengan menempatkan daun kelor di wadah yang luas, misalnya pada nampan. Serta tempatkan di udara terbuka, namun jangan diletakkan dibawah cahaya matahari secara langsung. Pastikan bahwa daun kelor sudah kering, lalu dilanjutkan dengan dihaluskan. Bubuk daun kelor ini bisa digunakan untuk beberapa kali penyeduhan menggunakan madu.

  1. Konsumsi daun kelor dengan melakukan perebusan

Cara mengkonsumsi daun kelor yang kedua yaitu secara sekilas memang lebih sederhana dibandingkan dengan sebelumnya. Anda cukup menyiapkan daun kelor yang muda dan segar serta selanjutnya cuci bersih agar tidak ada kotoran yang menempel. Jika sudah dicuci, tiriskan dan jemur hingga daun kelor kering. Nah selanjutnya simpan daun kelor yang sudah kering tersebut di suatu wadah. Setiap kali anda ingin mengkonsumsi, tinggal rebus beberapa sendok daun kelor tersebut dalam air mendidih selama 5 menit, dan saring untuk mendapatkan sari-sarinya.

  1. Konsumsi daun kelor dengan dijadikan jus

Cara mengkonsumsi daun kelor yang ketiga yaitu juga cukup mudah. Tentu saja jika berkaitan dengan kata ‘jus’, maka hal ini identic dengan blender. Untuk mengolah daun kelor menjadi jus, cukup siapkan daun kelor yang masih segar secukupnya, jangan lupa cuci bersih ya. Selanjutnya lakukan penghalusan dengan menggunakan blender, campurkan juga ke dalamnya yaitu madu murni serta air. Lalu saringlah agar terpisah antara ampas dengan sari-sarinya.

  1. Konsumsi daun kelor dalam bentuk sayuran

Cara mengkonsumsi daun kelor yang selanjutnya adalah dimasak layaknya sayuran. Bagi anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi tanaman herbal atau semacam olahan ramuan, anda bisa menggunakan alternative lain lho, yaitu dengan mengolah daun kelor menjadi sayuran. Sama dengan cara mengolah sayuran sop, pertama kali yang harus dilakukan adalah siapkan daun kelor yang akan dimasak, usahakan yang masih segar ya agar nutrisi yang terkandung masih bagus. Sebagai campuran, anda bisa menambahkan jagung manis yang sudah disisir. Untuk bumbu yang akan digunakan dalam memasak sayuran tersebut gunakan rempah-rempah seperti kencur, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan gula pasir. Keseluruhan bumbu tersebut lalu dihaluskan dengan takaran sesuai selera. Langkah selanjutnya adalah masukkan bumbu tadi dengan jagung muda. Jika tekstur jagung sudah empuk, barulah anda masukkan daun kelor yang telah disiapkan. Jangan lupa tambahkan garam ataupun gula. Dan akhirnyaa, Sayuran daun kelor siap untuk disajikan.

  1. Konsumsi daun kelor dalam bentuk tumis 

Cara mengkonsumsi daun kelor yang kelima yaitu cukup dengan menumisnya. Ternyata tidak hanya diolah sebagai sayuran sop, daun kelor juga bisa diolah menjadi tumis lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah, yaitu diantaranya daun kelor, cabai rawit, bawang putih, saus tiram, serta garam dan gula. Langkah-langkah untuk mengolah yaitu tumislah terlebih dahulu mentega, cabai, serta bawang putih secukupnya, lalu jika sudah mengeluarkan aroma wangi, masukkan daun kelor. Masaklah hingga matang dan tambahkan saus tiram supaya lebih nikmat.

  1. Konsumsi daun kelor untuk lalapan

Cara mengkonsumsi daun kelor yang ke 6 adalah dengan menjadikkannya lalapan, artinya tumbuhan ini bisa dimakan dalam keadaan mentah. Namun hal yang harus diperhatikan adalah setelah dipetik, anda harus segera mengkonsumsinya, jangan biarkan hingga 4 jam pasca pemetikan karena nutrisi di dalamnya akan berkurang jika melebihi batas waktu tersebut. 

Bagikan: