HomeBudidayaIngin usaha vanili? Berikut cara budidaya vanili modern

Ingin usaha vanili? Berikut cara budidaya vanili modern

Untuk kalian yang ingin usaha vanili namun belum tau cara budidaya vanili modern. Nah pas sekali disini akan dijelaskan mengenai cara-cara budidaya vanili modern. Sebelum lanjut ke pembahasannya mari kita kenali terlebih dahulu vanili itu apa. Tanaman vanili yaitu tanaman yang memperoleh bubuk vanili yang memiliki aroma harum, pada umumnya vanili ini digunakan untuk bahan pembuatan kue. Vanili sendiri pun sering dijadikan sebagai essential oil. 

Vanili memiliki bentuk yang menyerupai kacang polong dan memiliki kandungan seperti mineral, serta, vitamin A, vitamin B dan juga vitamin E. Tanaman vanili juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mempunyai sifat yang mampu mencegah kanker. Vanili ini juga dikenal dengan tanaman emas hijau, karena tanaman vanili ini memiliki harga yang dikenal mahal. Semakin bagus kualitas dari tanaman vanili maka semakin mahal juga harga jualnya.

Cek juga : manfaat vanili bagi kesehatan

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang ingin budidaya vanili modern ini namun tidak sedikit pula orang yang gagal dalam budidaya vanili modern ini, hal tersebut biasanya orang-orang yang tidak melakukan budidaya vanili dengan trik menanam vanili modern yang baik dan benar. Nah pada ulasan kali ini akan mejabarkan mengenai cara budidaya vanili modern, berikut ulasannya:

Cara budidaya vanili modern

Berikut adalah langkah-langkah budidaya:

Persiapan lahan

Tanaman vanili merupakan tanaman empirit yang tumbuh merambat dan tanaman ini juga tidak bisa berdiri dengan tegak. Oleh karena itu dalam budidaya tanaman vanili ini yang pertama kali di persiapkan yaitu persiapan lahan serta wajib memiliki atau menanam tanaman pelindung terlebih dahulu dengan tujuan supaya tanaman vanili yang ditanam tersebut dapat merambat pada tanaman pelindung tadi.  Apabila merasa repot dalam menanam tanaman pelindung, maka kalian pun dapat menggunakan bamboo ataupun kawat yang dibentuk oleh kalian supaya tanaman valini bisa menjalar pada bamboo ataupun kawat yang kalian buat.

Sebelum menanam tanaman vanili ada baiknya membersihkan lahan terlebih dahulu yang akan digunakan untuk budidaya vanili modern ini, sebab bila ada tanaman seperti rumput liar ataupun gulma bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman vanili tersebut. Bila lahan yang akan dijadikan tempat budidaya vanili modern ini sudah siap, maka selanjutnya yaitu pemilihan bibit.

Pemilihan bibit

Setelah menyiapkan lahan, maka tahap kedua yaitu pemilihan bibit vanili. Bibit vanili ini dapat diperoleh dari beberapa hal berikut:

  1. Bibit generatif

Bibit generative yaitu bibit yang berasal dari biji buah vanili itu sendiri. Bibit ini dapat dipilih sesuai dengan nilai ekonominya yaitu seperti vanilla planifolia Andrews, vanilla tahitensis JW.Moore serta vanilla pompana. Bibit yang mesti diperhatikan dalam memilih bibit generative yaitu tulen, memiliki sifat yang sama dengan induknya, bibit dalam keadaan sehat, segar dan juga bagus.

  1. Bibit vegetatif

Bibit vegetatif merupakan hasil dari stek tanaman induk yang sehat dan sudah memasuki cukup umur serta sudah mengeluarkan sulur dahan yang kuat dan tanaman induk belum atau tidak boleh sampai berbuah.

  1. Bibit dengan kultur jaringan

Kultur jaringan merupakan pembuatan bibit dengan sistem pembelahan sel yang bisa dilakukan oleh tenaga ahli yang terlatih di dalam laboratorium.

Bibit vanili ini juga bisa kalian beli pada toko-toko bibit yang menyediakan bibit vanili tersebut. Dalam membeli bibit pun perhatikan hal-hal seperti diatas tadi.

Penanaman bibit 

Setelah lahan serta bibit sudah siap dan lengkap maka langkah berikutnya yaitu penanaman bibit.  Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam penanaman bibit vanili ini yaitu sebagai berikut:

  • Membuat lubang yang berukuran 25 cm x 15 cm x 10 cm dan usahakan lubang tersebut berdekatan dengan tanaman pelindung atau bamboo yang sudah disiapkan
  • Tanam bibit pada lubang dengan posisi datar
  • Dan usahakan cahaya sinar matahari mengenai bibit yang ditanam.

Perawatan dan pemeliharaan

Setelah menanam vanili dengan baik dan benar, maka tahapan selanjutnya yaitu perawatan dan juga pemeliharaan dalam budidaya vanili modern ini supaya mendapatkan hasil yang berkualitas serta melimpah. Berikut merupakan yang harus dilakukan dalam perawatan dan pemeliharaan budidaya vanili modern:

  • Penyiraman 

Penyiraman merupakan langkah penting dalam perawatan tanaman vanili. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah serta menjaga agar tanah tersebut tetap basah. Penyiraman ini juga perlu disiram secara teratur agar menghasilkan buah yang berkualitas.

  • Pemupukan 

Pemupukan ini berfungsi supaya tanaman vanili yang ditanam tersebut menjadi subur serta sehat. Pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk kandang dan pupuk urea.

  • Penyiangan 

Penyiangan disini yaitu dimaksudkan untuk menjaga lingkungan dari tanah untuk budidaya vanili modern ini agar terhindar dari rumput liar serta tanaman yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya tanaman vanili tersebut.

  • Pemangkasan

Pemangkasan pada budidaya vanili modern ini dilakukan pada tanaman vanili dan juga tanaman pelindung. Pemangkasan tersebut berfungsi agar dapat memaksimalkan tingkat panen yang akan diperoleh.

Pemanenan

Pemanenan merupakan hari yang di tunggu-tunggu dimana tanaman  vanili ini siap untuk dipanen. Biasanya waktu panen vanili ini dilakukan sekitar 8 hingga 9 bulan atau vanili yang memiliki tanda-tanda yang siap untuk dipanen yaitu memiliki warna kehijauan gelap dan juga memiliki garis-garis yang berwarna kekuning-kuningan. Pada umumnya panen ini dilakukan dengan cara mengambil buah vanilla yang sudah tua, karena buah vanilla yang sudah tua mempunyai kualitas yang lebih baik dari vanilla yang masih muda.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here