7 Manfaat Cabe Jawa untuk Kesehatan Reproduksi hingga Program Diet

by | May 24, 2021 | Tips Sehat, Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Cabe jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk dalam golongan empon-empon. Pada umumnya, tanaman ini digunakan sebagai tambahan bumbu masak serta bahan pembuatan obat herbal. Perlu diketahui, bahwa tanaman cabe jawa ini adalah salah satu tanaman yang merupakan endemic atau asli dari Indonesia. Selain itu tidak hanya untuk bumbu masak manfaat cabe jawa sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Mungkin diantara kita mengira cabe jawa ini sama dengan golongan cabai-cabai lainnya, yakni memiliki aroma khas dan rasa pedas jika dikonsumsi. Namun ternyata justru cabe jawa ini karakteristiknya lebih mirip dengan lada hitam. Selain di Indonesia, tanaman cabe jawa saat ini sudah menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan, seperti misalnya India. Dan bahkan sudah dibudidayakan di China dan Afrika lho. 

Ciri-ciri yang dimiliki oleh cabe jawa yaitu memiliki ukuran yang relative kecil, yakni panjangnya hanya sekitar 3-5 cm saja. Di sepanjang tubuh tanaman cabe jawa ini dipenuhi oleh butiran atau semacam biji yang berkelompok. Selain sebagai tanaman yang digunakan untuk campuran rempah-rempah, cabe jawa juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias lho, hal ini tentunya tidak lepas dari karakteristiknya yang unik. 

Karakteristik cabe jawa selanjutnya adalah warna, warna cabe jawa memiliki beberapa variasi, yaitu hijau dan merah. Perlu diketahui pula bahwa untuk jenis cabe jawa yang berwarna hijau, pada akhirnya akan berubah warna menjadi hitam saat dikeringan, begitu pula untuk cabai jawa yang berwana merah juga akan berubah warna menjadi merah tua. 

Manfaat cabe jawa cukup beragam, terutama di dunia Kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak kandungan zat atau senyawa yang bagus untuk tubuh. Berikut adalah 7 manfaat cabe jawa yang belum banyak diketahui .

1. Tanaman cabe jawa efektif untuk mengobati disfungsi ereksi

Manfaat cabe jawa yang pertama ini berkaitan dengan sistem reproduksi bagi laki-laki. Menurut penelitian dari Fakultas kedokteran Universitas lampung, salah satu manfaat yang terkandung dalam cabe jawa ini adalah mampu meningkatkan hormone testosterone pada laki-laki. Senyawa yang ditemukan di dalam cabe jawa adalah berupa piperidin, minyak atsiri, dan piperin yang ketiganya adalah kandungan testosterone alami. Sehingga secara singkat dapat dikatakan yaitu semakin tinggi kadar dari ekstrak cabe jawa, maka akan semakin tinggi pula peningkatan hormone testosterone pada laki-laki, yang mana selanjutnya dikaitkan dengan Kesehatan reproduksi kaum adam.

2. Cabe jawa dapat meredakan nyeri akibat menstruasi

Manfaat cabe jawa kedua adalah dapat meredakan nyeri datang bulan. Problem Kesehatan yang satu ini sangat umum dirasakan oleh Sebagian kaum hawa. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya sampai membuat aktivitas terganggu. Diantara ciri-ciri pramenstruation syndrome (PMS) yang banyak dirasakan adalah nyeri pada otot maupun sendi, lalu payudara yang mengeras, perubahan mood, dan lain-lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini yaitu menggunakan ramuan berbahan dasar cabe jawa. Menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa cabe jawa efektif dalam meredakan sensasi kram perut, nyeri, serta volume menstruasi yang deras.

3. Cabe jawa efektif dalam membantu program diet

Urutan ketiga Manfaat cabe jawa yaitu berkaitan dengan program diet, tanaman ini ternyata mampu membantu seseorang untuk menurunkan berat badan lho. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemampuannya untuk mengeluarkan lemak jahat yang merupakan penyebab peningkatan berat badan. Cara penggunaan cabe jawa untuk program diet cukup mudah, yaitu dengan tambahan rempah dalam makanan, maupun dijadikan sebagai campuran ramuan minuman herbal. Namun untuk mendapatkan hasil optimal, juga harus dibarengi dengan olahraga yang teratur dan makanan sehat lainnya.

4. Tanaman cabe jawa memiliki kandungan yang bersifat antibakteri

Mayoritas penyakit disebabkan oleh infeksi dari virus maupun bakteri, yang mana Sebagian besar bakteri yang ada adalah bersifat jahat atau sering disebut pathogen. Biasanya seseorang yang terkena infeksi bakteri ini akan merasakan beberapa gejala, diantaranya adalah sakit pada tenggorokan, sakit perut, reaksi inflamasi hingga pembengkakan, dan lainnya. Manfaat cabe jawa yang keempat ini adalah dapat mencegah seseorang terinfeksi bakteri. Di dalam cabe jawa terdapat kandungan yang memiliki sifat anti amoeba dan anti bakteri yang tinggi. Cara pengolahannya cukup mudah, yaitu dengan diolah menjadi makanan atau ramuan herbal.

5. Cabe jawa efektif dalam menjaga Kesehatan individu

Manfaat cabe jawa yang terkandung dalam tanaman cabe jawa selanjutnya adalah berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan gejala infeksi. Contoh keluhan gangguan Kesehatan yang bisa disembuhkan adalah berupa nyeri kepala, flu seperti batuk dan pilek, diare, higga sakit gigi. Dan beberapa masyarakat juga banyak yang memanfaatkan tanaman ini untuk ramuan dengan tujuan pengobatan penyakit epilepsy dan kolera. 

6. Tanaman cabe jawa ampuh untuk mencegah tubuh terkena penyakit malaria dan demam berdarah

Poin ke 6 masih berkaitan dengan Manfaat cabe jawa yaitu dapat digunakan untuk media pencegahan infeksi lho. Hal ini disebabkan karena di dalam cabe jawa terkandung senyawa alkaloid yang memiliki fungsi untuk mencegah penyakit tersebut. Penjelasan lebih lanjut adalah bahwa senyawa alkaloid memiliki sifat racun, sehingga apabila senyawa ini dimakan oleh nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah, maka secara otomatis yang terjadi adalah nyamuk akan mati.

7. Cabe jawa efektif dalam mengatasi sakit beri-beri

Manfaat cabe jawa terakhir adalah dapat menyembuhkan penyakit beri-beri. Beri-beri adalah salah satu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B. nah berkaitan dengan hal tersebut, cabe jawa memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mengobati peyakit beri-beri, anda bisa mengolah cabe jawa menjadi minuman ramuan.

Bagikan: