HomeTanaman Obat11 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daun sirsak yang terkenal dikalangan masyarakat yaitu kemampuannya dalam mengobati penyakit kanker, manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang satu ini sering kali dimanfaatkan karena kamampuannya tersebut. Tak hanya mengobati penyakit kanker, kandungan yang ada pada daun sirsak menjadi alasan mengapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan sering digunakan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan berarti daun sirsak memiliki kandungan-kandungan yang baik bagi tubuh. Selain terkenal dengan berbagai manfaat daun untuk kesehatan ternyata buah sirsak juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, salah satunya saja daging buah yang kaya akan serat, setiap 100gr daging sirsak mengandung 3,3gr serat yang memenuhi 13 persenĀ  kebutuhan serat perhari, mengandung banyak karbohidrat terutama yaitu vitamin c, B1, B2, dan fruktosa.

Cek juga info tentang : 5 manfaat tanaman keladi tikus untuk kesehatan

Sirsak atau yang sering disebut durian belanda berasal dari Karibia, Amerika Selatan merupakan tumbuhan berbunga yang didatangkan oleh pemerintah kolonia Hindia Belanda ke Nusantara. Sirsak termasuk tanaman yang mampu tumbuh dan berbuah sepanjang tahun ketika air tanah mampu mencukupi pertumbanhannya. Tanaman sirsak menyebar dan tumbuh dengan baik mulai dari daratan rendah hinga daerah basah dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sirsak merupakan tanaman perdu atau pohon kecil yang memiliki tinggi 3-10 meter dengan diameter 10-30 cm. Tanaman sirsak memiliki daun berbentuk bulat panjang yang memiliki ujung lancip pendek dngan panjang 8-16 cm, lebar 3-7 cm, dengan tekstur kasar, dan bagian atas mengkilap hijau. Daun sirsak merupakan bagian dari tanaman sirsak yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang memiliki kualitas tinggi adalah daun sirsak yang kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi. Buah sirsak memiliki kullit yang berduri, daging buah memiliki warna putih susu, memiliki rasa yang manis asam dan memiliki biji kecil berwarna hitam.

Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan :

Mengatasi penyakit kanker

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu mampu mengatasi penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan acetogenin yang ada pada daun sirsak, kandungan ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat perkembangan sel tumor yang mengalami resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Daun sirsak mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah

Daun sirsak memiliki kaya akan kandungan antioksidan. Senyawa yang terkandung seperti saponin, polifenol, dan bioflavonois membuktikan bahwa daun sirsak mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah menjadi normal pada tubuh manusia.

Daun sirsak mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas

Antioksidan yang ada pada kandungan daun sirsak juga mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Untuk dapat merasakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan satu ini, cara mengolahnya dengan hanya merebus daun sirsak lalu tambahkan sedikit madu.

Kandungan daun sirsak yang mampu mengobati sel kanker dan asam urat

Kandungan daun sirsak yang mampu mengobati sel kanker juga mampu dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Kandungan acetogenin, asam gentisic, caclourin, annocatalin, annomuricin, dan asam linoleat merupakan kandungan yang mampu untuk mengobati asam urat. 

Daun sirsak mampu menghambat perkembangan virus

Selain mampu mengobati kanker dan asam urat, kandungan acetogenin juga mampu bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Pennyakit paru-paru basah ataupun kering mampu diatasi oleh daun sirsak ini. Untuk dapat merasakan manfaatnya, cara mengolah daun sirsak yaitu cuci dan keringkan 10-15 lembar daun sirsak dibawah sinar matahari. Kemudian, rebus daun sirsak yang sudah kering dengan 3 gelas air mineral, tunggu hingga mendidih dan air berubah warna. Setelah selesai tunggu dingin dan minum air rebusan secara rutin 3 kali sehari.

Daun sirsak mampu mengobati penyakit kista ovarium

Kista yang terjadi pada wanita merupakan penyakit yang tergolong penyakit tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker. Sehingga manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya yaitu daun sirsak mampu mengobati penyakit kista ovarium. Untuk dapat merasakan efek dari kandungannya, bisa dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Daun sirsak mampu melancarkan menstruasi bagi wanita

Sehingga siklus menstruasi seorang wanita yang mengonsumsi rebusan daun sirsak siklud menstruasinya akan lancar sehingga dengan memiliki siklus yang lancar seorang wanita akan memiliki kesuburan tubuh yang baik, dan kehamilan semakin mudah terjadi.

Daun sirsak mampu melancarkan proses pencernaan pada tubuh manusia

 Manfaat daun sirsak untuk kesehatan satu ini disebabkan karena daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, kalsium yang tinggi, mineral, dan memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Antimikroba yang dimiliki oleh daun sirsak mampu menyeimbangkan mikroflora pada usus. 

mampu mengatasi nyeri punggung

Rebusan daun sirsak juga memberikan khasiat yang mampu mengatasi nyeri punggung. Nyeri punggung dapat terjadi karena lelah bekerja atau masalah persendian yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya nyeri sendi terjadi pada seseorang yang terlalu banyak bekerja atau pada para lansia. Jika memilih obat kimia sebagai alternatif maka jika terlalu sering mengonsumsinya pasti akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, pengonsumsian rebusan daun sirsak lebih disarankan.

Daun sirsak mampu mengobati anemia

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya yaitu, daun sirsak mampu mengobati anemia. Kandungan zat besi yang dimiliki daun sirsak sangat tinggi. Dengan meminum teh daun sirsak atau air rebusan daun sirsak diharapkan mampu meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh.

mampu meningkatkan rasa kantuk bagi penderita insomnia

Kandungan Trytophan merupakan kandungan yang menyebabkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjunya ini. Jika seorang manusia mengalami insomnia atau biasa disebut dengan kesulitan tidur yang berkelanjutan, dengan mengonsumsi daun sirsak, maka dengan efektif kandungan trytophan mampu meningkatkan rasa kantuk sehingga merangsang seseorang untuk tidur lebih awal.

Kandungan yang dimiliki daun sirsak memberikan efek yang baik jika dikonsumsi tubuh. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan pastinya salah satu alternatif yang dapat diambil oleh seseorang yang mengidap suatu penyakit, dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia yang akan memberikan efek samping pada tubuh. Namun, sebelum mengonsumsi atau mengolah daun sirsak pastikan daun sirsak yang diambil segar dan setelah itu disterilkan hingga benar-benar bersih, karena jika masih ada bakteri atau mikroba lain yang masih menempel, takutnya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. 

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here