Cara Menanam Sayuran di Dalam Polybag

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Cara Menanam Sayuran di Dalam Polybag

Seiring berkembangnya zaman , persediaan lahan untuk pertanian semakin menipis, hal ini di buktikan dengan banyaknya pabrik atau sentra – sentra industri di berbagai daerah di Indonesia, selain itu banyak juga dari lahan pertanian beralih fungsi menjadi rumah atau perumahan. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa semakin berkembangnya zaman maka akan diikuti oleh pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Begitu juga dengan masyarakat yang hidup di area perkotaan. Di perkotaan lahan untuk bercocok tanam bahkan hampir tidak ada pun dengan area hijau untuk ditanami berbagai tumbuhan sehingga banyak masyarakat yang mengeluh karena suhu di perkotaan terlalu panas dan pengap.  Namun sekarang di daerah perkotaan para pemerintah daerah sudah mulai memikirkan tata letak tanaman di kota mereka , selain untuk memperindah juga bermanfaat bagi seluruh masyarakat daerah tersebut. Dan masyarakat perkotaan juga sudah mulai berinovasi tentang bagaimana cara agar mereka tetap bisa bercocok tanam atau menanam sayur, buah dan bunga walaupun minim lahan, contohnya adalah menanam dengan sistem hidroponik dan aeroponik. Tapi dari kedua sistem tanam tersebut memiliki kelemahan yaitu diperlukan adanya modal yang lumayan besar, nah bagi Anda ada solusi untuk tetap bisa menanam dengan biaya yang lebih murah, caranya adalah menanam dengan menggunakan polybag. Cara menanam sayuran ini bisa dilakukan dengan mudah , bahkan ibu – ibu rumah tangga pun bisa mencoba melakukannya.

Seperti yang kita ketahui jika setiap jenis tanaman dan sayuran memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda – beda, ada yang memang cocok di tanam dengan menggunakan sistem hidroponik dan ada juga tanaman yang memang membutuhkan media tanam yang gembur dan mudah di tembus oleh akar. Oleh karena itu menanam dengan media polybag di sarankan , selain murah , media tanam dengan polybag ini bisa di pindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, selain itu perawatannya pun juga mudah. Ada dua cara menanam di polybag, yaitu dengan menanam sayuran di polybag dengan organic dan menanam sayuran di polybag dengan sederhana

Berikut ini merupakan cara menanam sayuran di dalam polybag secara sederhana :

  1. Campurkan tanah yang memiliki kadar humus yang bagus atau bisa mengambil tanah perkebunan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang , lalu tambahkan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu masukkan ke dalam polybag.
  2. Sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda melubangi polybag di bagian bawah untuk sirkulasi air. Lalu Ataur posisi polybag agar bisa berdiri dengan tegak saat di isi dengan campuran tanah.
  3. Isilah polybag dengan tanah hingga ke permukaan polybag, lalu masukkan bibit sayuran dengan kualitas unggul dan baik dengan kedalaman 5 cm.
  4. Berilah pupuk kompos, pupuk kandang , atau bisa menggunakan pupuk kimia dalam waktu 30 hari. Yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan pupuk kimia harus diatur seminimal mungkin agar produksi sayuran tidak terlalu banyak pupuk kimia.
  5. Jangan lupa untuk menyiram dengan teratur.
  6. Taruh polybag yang sudah ditanami ke tempat yang sudah di sediakan.

Cara menanam sayuran di dalam polybag secara organik :

  1. Siapkan tanah yang gembur dan memiliki kadar kesuburan yang cukup tinggi lalu ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran kecil yang rata. Dan usahakan tanah dalam keadaan kering karena akan mempermudah proses pencampuran tanah dengan pupuk.
  2. Siapkan pupuk kompos atau pupuk kandang , lalu ayak hingga tersisa butiran halus yang rata.
  3. Siapkan arang sekam.
  4. Campurkan tanah , pupuk kompos atau pupuk kandang dan juga arang sekam dalam satu wadah di dalam polybag dengan perbandingan 2 : 1 : 1.
  5. Siapkan polybag yang sebelumnya sudah di lubangi bawahnya, lalu masukkan campuran tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang, dana rang sekam ke dalam polybag.
  6. Tanam bibit sayuran ke dalamnya dengan kedalaman 5 cm.
  7. Jangan lupa untuk menyiram tanaman tersebut pada pagi dan sore hari.

Itulah beberapa cara menanam sayuran di dalam polybag.

Bagikan: