HomeSeputar Pertanian10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Jenis burung pemakan biji-bijian memiliki paruh pendek, tebal, runcing dan tajam yang dapat membantu burung mengambil serta memecahkan biji-bijian dari pepohonan. Jenis burung pemakan biji-bijian yang hampir punah yaitu burung grlatik jawa. Burung ini sudah mulai sulit ditemui yang disebabkan oleh perburuan manusia yang berlebih dan juga kerusakan lingkungan yang sudah terlalu parah. Jenis burung ini biasanya dipelihara sebagai burung hias. 

Cek juga : 7 jenis burung merpati

Berikut jenis burung pemakan biji-bijian :

Burung Tekukur

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung tekukur merupakan jenis burung pemakan biji-bijian yang banyak dijumpai di lading, perkebunan dan di sawah. Burung tekukur mempunyai tubuh yang berukuran tidak kecil dan tidak besar melainkan ia bertubuh sedang dengan dibaluti bulu yang berwarna cokelat kemerahmudaan. Jenis burung pemakan biji-bijian ini mempunyai ekor yang panjang dan sayapnya berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bulu tubuh burung tersebut. Burung tekukur memiliki bercak putih hitam yang menjadi ciri khas. Burung tekukur mencari makan dengan cara mencari biji-bijian pada permukaan tanah.

Burung Merpati

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Jenis burung pemakan biji-bijian selanjutnya yaitu burung merpati. Jenis burung merpati ini mempunyai tubuh yang gempal serta berleher pendek. Burung merpati mempunyai paruh berukuran pendek serta ramping. Burung merpati biasanya hidup bebas dengan membuat sangkar di atas pepohonan ataupun tanah. Burung ini memakan makanan seperti jagung, beras merah dan biji-bijian lainnya.

Burung Kenari

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung kenari sangat populer serta sering dikembangbiakkan oleh para peternak burung berkicau. Jenis burung pemakan biji-bijian ini banyak dipelihara oleh manusia, karen burung ini berkicau dengan merdu. Burung kenari memiliki bulu tebal dan memiliki bentuk serba bulat. Burung ini mempunyai warna hijau dengan mata burung kenari jantan sejajar dengan paruh dan mata kenari betina di atas paruhnya. Burung kenari ini dapat dibudidayakan menjadi jalan alternatif untuk menambah penghasilan. 

Burung Perkutut

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung perkutut mempunyai ukuran kecil dengan bulunya yang berwarna abu-abu serta dijadikan sebagai burung peliharaan, dikarenakan suara burung perkutut ini indah dan begitu merdu. Burung ini biasanya hidup dengan cara melacak makan secara berpasangan atau dalam suatu grup kecil. Burung ini memiliki wujud sarang yang datar dan biasanya terdapat di pohon atau semak yang tidak terlalu tinggi dari permukaan tanah.

Burung Pipit Peking

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung pipit peking merupakan jenis burung pemakan biji-bijian yang sering dijumpai didaerah persawahan pada saat menjelang panen padi. Burung pipit hidup secara berkelompok, akan tetapi di saat musim kawin burung pipit ini akan bersama pasangannya untuk membuat sarang hingga menetaskan telurnya yang berjumlah sekitar 4 hingga 6 butir di tiap sarang.

Burung Pipit Dada Putih

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Selain burung pipit peking, burung pipit lainnya yaitu burung pipit dada putih. Burung ini sama seperti pipit peking biasa di jumpai di daerah persawahan untuk makan, apabila tidak sedang makan burung pipit dada putih ini biasanya berdiam di sarang yang berada di pohon rimbun seperti pohon cemara, pohon manga. Burung pipit satu ini mempunyai keunikan dimana sarang bagian luarnya terbuat dari rumput kering sedangkan bagian dalamnya tersusun dengan ijuk. Burung pipit dada putih ini setiap sarang bertelur 3 hingga 5 butir.

Burung pipit Bondol

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung pipit selanjutnya yaitu dengan nama burung pipit bondol yang memiliki ciri khas yakni bulu kepal putih yang membuat burung ini terlihat begitu cantik. Sama dengan burung pipit sebelumnya, burung pipit jenis ini pun biasa ditemui di persawahan dan ladang. Buung pipit bondol mempunyai bentuk sarang yang sama dengan burung pipit peking. Pada daerah-daerah tertentu, burung ini mengalami penurunan populasi yang disebabkan oleh kerusakan habitat.

Burung Gereja

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung gereja biasanya ditemukan di pinggir-pinggir jalan berkeliaran dengan bebas di jalanan. Burung gereja jantan memiliki ciri khas yaitu berwarna cerah berkepala abu-abu, pipi putih, bulu pada dada burung jantan berwarna hitam dan lehernya berwarna karat. Sedangkan pada burung gereja betina memiliki warna coklat kekuningan polos disertai bagian bawah warna coklat keabu-abuan yang suram. Makanan burung ini yaitu pakan biji-bijian diantaranya yaitu jagung, gandum dan sorgum. Sarang burung gereja ini terbuat dari tumbuhan kasar yang dikeringkan.

Burung Parkit

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung parkit merupakan burung kecil dari sekolompok keluarga burung nuri (parrot). Burung ini begitu cerdas serta burung ini disebut dengan burng sosial. Burung parkit liar mempunyai bulu hijau yang diselingi dengan campuran warna kuning dan hitam. Burung ini memakan makanan yang bervariasi antara biji-bijian, buah serta sayuran. Burung parpit memiliki perpaduan warna bulu yang begitu serasi nan indah yang menjadikan pemandangan disekitar menjadi lebih berwarna, selain itu burung parpit ini pun lucu dan menggemaskan. Burung parpit yang bagus memiliki ciri-ciri berikut :

  • Dilihat dari kelincahannya. Apabila burung memiliki kelincahan, maka burung tersebut merupakan burung yang bagus serta memiliki kondisi yang sehat.
  • Jari anda masukan ke dalam kandang, apabila burung tersebut berani mendekat, maka burung memiliki mental yang bagus.
  • Burung parpit dikatakan memilki mental yang bagus lainnya yaitu apabila digenggam dengan tangan kita, maka burung parpit akan meronta dan menggigit.
  • Pilihlah burung parpit yang suka makan, mempunyai mata bulat dan jernih serta tubuh tidak cacat.

Burung Bondol Hijau Binglis

10 Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian

Burung bondol ini memiliki panjang sekitar 15 cm dengan bulu yang berwarna warni. Dimana tubuh pada bagian atas berwarna hijau dan muka berwarna biru terang dan tubuh bagian bawahnya berwarna kuning tua disertai perut berwarna merah cerah. Burung bondol ini mencari makanan di sekitar persawahan serta sering tinggal di dalam rumpun bambu sekitar dataran rendah dan perbukitan.

Itulah jenis burung pemakan biji-bijian yang dapat kita temukan di sekitar kita. 

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here