Cara Membuat Jamu Beras Kencur Yang Kaya Dengan Manfaat

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Indonesia sejak zaman dahulu sering diperebutkan oleh para penjajah karena keinginan untuk menguasai kekayaan alamnya, salah satunya adalah rempah-rempah. Melimpahnya hasil alam ini sudah menjadi rahasia umum negara Indonesia di mata dunia. Rempah-rempah memiliki banyak kegunaan, diantaranya digunakan untuk bahan membuat aneka masakan, bahkan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Banyak penelitian menyebutkan bahwa olahan rempah-rempah yang sering disebut jamu ini memiliki banyak khasiat yang bagus bagi tubuh dan minim efek samping. Sehingga hal ini membuat jamu menjadi salah satu alternative pengobatan disamping obat kimiawi.

Salah satu jamu olahan rempah-rempah di Indonesia yang terkenal adalah jamu beras kencur atau yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga. Sesuai dengan namanya, jamu ini merupakan perpaduan antara 2 bahan, yaitu bahan pertama adalah berupa beras, dan bahan yang kedua adalah empon-empon berupa kencur. Kegunaan dasar yang sudah umum diketahui oleh masyarakat adalah bahwa jamu beras kencur mampu menyembuhkan penyakit batuk, melegakan pernapasan, serta menyembuhkan peradangan yang menyerang tubuh. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, aroma khas yang dimiliki kencur memang lebih lembut dibandingkan dengan jenis empon-empon lainnya yang cenderung memiliki aroma kuat/strong.

Selain untuk obat, kencur juga sering digunakan untuk campuran bumbu masakan rumah.  Bahkan banyak diantara penyanyi yang rajin mengkonsumsi jamu jenis ini lho. Alasan dibalik rajinnya penyanyi mengkonsumsi jamu beras kencur adalah jamu ini dipercaya mampu menjaga pita suara. Oleh karena itu banyak yang mengangap selepas meminum jamu beras kencur maka tenggorokannya akan terasa lebih lega. Selain mampu mengobati segala hal yang berkaitan dengan pernapasan, ternyata jamu beras kencur juga memiliki kemampuan dalam mengatasi keluhan seperti mual, atau penyakit lain seperti diare, dan bahkan mampu menyembuhkan inflamasi. Bagi anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh atau imunitas, maka sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi jenis jamu ini.

Satu hal pertama yang dirasakan sesaat setelah mengkonsumsi jamu beras kencur adalah sensasi yang agak pedas. Hal ini karena rasa pedas ditimbulkan dari bahan kencur. Jenis jamu ini banyak dan mudah ditemukan di lingkungan masyarakat lho, bahkan memiliki harga jual yang terjangkau. Anda bisa menemukan olahan jamu beras kencur baik di took kecil hingga supermarket. Pilihan lain yang bisa anda lakukan adalah membuat secara mandiri, karena bahan dan cara pengolahan yang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut adalah cara membuat beras kencur :

Alat dan bahan pembuatan jamu beras kencur :             

  1. Persiapkan bahan berupa kencur. Usahakan pilih jenis kencur yang masih segar, hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa kencur yang lebih fresh. Siapkan kurang lebih 250 gram kencur segar.
  2. Siapkan beras sebagai campuran pembuatan beras kencur sekitar 150 gram. Cuci beras hingga bersih lalu rendam beras tersebut selama kurang lebih semalaman. Lalu hasil rendaman beras ditiriskan
  3. Jangan lupa untuk menyiapkan 1,5 liter air
  4. Bahan yang keempat adalah 250 gram gula jawa atau gula merah

Step atau langkah pengolahan jamu beras kencur :

  1. Beras yang telah ditiriskan kemudian disangrai. Proses ini memakan waktu beberapa menit, pastikan beras disangrai hingga berubah warna menjadi cokelat. Selepas proses sangrai, beras yang telah berwarna cokelat tersebut diangkat dan diamkan beberapa saat hingga dingin
  2. Proses pengolahan kedua adalah dengan mencampurkan seluruh bahan berupa beras yang telah melalui proses sangrai, lalu kencur segar sebesar 250 gram, air sejumlah 1,5 liter, dan yang terakhir adalah gula jawa sejumlah 250 gram.
  3. Sejumlah bahan yang telah dicampurkan lalu dihaluskan dengan cara diblender hingga halus dan tercampur.
  4. Hasil blender tersebut kemudian dilakukan penyaringan, hal ini bertujuan untuk memisahkan ampas bahan dengan airnya.
  5. Air hasil saringan tersebut kemudian direbus. Proses perebusan dilakukan beberapa saat hingga mendidih.
  6. Apabila telah mendidih, maka air hasil rebusan tersebut dapat diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan dan boleh juga ditunggu hingga dingin
  7. Jamu beras kencur dapat disajikan. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan es batu maupun ketika masih hangat juga lho.

Selain bahan-bahan diatas, anda juga bisa lho berkreasi dengan menambahkan beberapa bahan sesuai selera. Misalnya ingin menambahkan jahe untuk menimbulkan sensai hangat di badan. Atau ingin menambahkan rasa manis, anda dapat memasukkan beberapa gram gula pasir. Jamu beras kencur yang kita tahu secara umum memang memiliki tampilan warna yang putih pucat. Apabila anda ingin mengubah tampilan agar lebih menarik, dapat menggunakan opsi penambahan kunyit lho. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan-bahan dasar pembuatan beras kencur lalu ditambah dengan 3 hingga 4 rimpang kunyit. Janglan lupa untuk menyiapkan sejumput garam dan asam jawa.
  2. Lakukan pengolahan beras kencur seperti sebelumnya. Lalu masukkan dan campurkan bahan kunyit dengan bahan-bahan lain ketika akan di blender.
  3. Untuk step selanjutnya adalah sama dengan pengolahan beras kencur pada umumnya

Tujuan penambahan kunyit adalah untuk menambahkan warna pada beras kencur menjadi agak kuning. Sehingga hal ini akan menambah menarik ketika disajikan. Dengan menambahkan kunyit, maka secara pasti akan menambah kegunaan jamu beras kencur dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti kegunaan kunyit yaitu peningkatan imunitas tubuh atau meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak yang sulit makan teratur.

Bagikan: