HomeBudidaya10 TIPS CARA MENGEMBANGBIAKAN TANAMAN STRAWBERRY

10 TIPS CARA MENGEMBANGBIAKAN TANAMAN STRAWBERRY

Strawberry adalah salah satu buah-buahan yang banyak disukai orang-orang, rasanya yang enak dan segar ditambah lagi dengan bentuknya yang cantik, menambah daya tarik tersendiri. Cara mengembangbiakan tanaman strawberry tidak terlalu sulit asalkan kita sabar dan menjelankan dengan baik tahapan demi tahapannya. Sampai saat ini, makin banyak orang-orang yang mengembangbiakan tanaman strawberry baik dalam pot, pekarangan, atau polybag. Tanaman strawberry berasal dari Amerika Latin, strawberry sering dijjadikan baik makanan, minuman olahan, hingga campuran kue. Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat diantaranya seperti menjaga kesehatan jantung, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan risiko terkena penyakitn kanker, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, banyak orang-orang yang senang dan ikut dalam mengembangiakan tanaman strawberry ini. 

Berikut cara mengembangbiakan tanaman strawberry:

Mengenal syarat tumbuh

Cara mengembangbiakan tanaman strawberry yang pertama adalah mengenal syarat tumbuh buah strawberry tersebut, syarat-syarat mengembangbiakan strawberry agar mendapat hasil yang maksimal, antara lain:

  1. Cara mengembangbiakan tanaman strawberry agar lebih maksimal, disarankan agar menanam tanaman strawberry berada di ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter dari permukaan laut
  2. Tanaman strawberry akan tumbuh dengannormal jika berada di tempat yang curah hujannya 600 sampai 700 mm per tahun, karena tanaman strawberry tidak bisa tumbuh dengan sempurna jika curah hujan dating setiap hari.
  3. Meskipun tanaman strawberry termasuk tanaman subtropics, akan tetapi lebih mudah beradaptasi di dataran tinggi dengan suhu 17 sampai 20 derajat celsisus
  4. Agar tanaman strawberry tumbuh dengan baik, disarankan asupan sinar mataharinya selama kurang lebih 8-10 jam setiap harinya
  5. Kelembapannya antara 70 hingga 80% dapat membantu menstimulut tanaman ini
  6. Media tanam diusahakan bersifat poros, mudah menyerap air, dan selalu mengandung unsur hara.

Cara menanam

  1. Cara menanam strawberry yang pertama yaitu pastikan kita sudah mempunya bibit strawberry tersebut, pembibitan juga bisa dilakukan melalui pembibitan vegetatif dengan mengambil bagian batang sebagai bibit untuk ditanam
  2. Siapkan polybag atau pot dan media untuk mengisinya, media yang digunakan biasanya tersusun dari tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandangan dengan perbandingan 1:1, kemudian masukan campuran tersebut pada media yang sudah di siapkan
  3. Buatlah lubang, kemudian tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  4. Siram bibit strawberry tersebutsetiap pagi dan sore hari, dan pastikan menjaga kelembapan tanahnya. Karena bibit strawberry akan lebih cepat tumbuhnya jika kebutuhan airnya tercukupi.

Penyiraman

Cara mengembangbiakan tanaman strawberry yang selanjutnya yaitu proses penyiraman, tanaman strawberry harus disiram menggunakan embrat (cerek khusus untuk tanaman) secara rutin dari mulai masa tanam sampai memasuki fase generative. Pastikan penyiraman harus dilakukan dengan intensif dan terjadwal. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kelembapan media tanam, jangan sampai tanahnya kering.

Penyulaman

Langkah penyulaman termasuk dalam cara mengembangbiakan tanaman strawberry, hal ini dilakukan jika tanaman strawberry mengalami gangguan pertumbuhan, rusak, tidak tumbuh dengan sempurna, atau mati. Tukar tanaman yang mati tersebut dengan bibit baru pada media tanam yang sama, proses penyulaman sangat penting dilakukan karena dapat membantu mengidentifikasi masalah dalam menanam strawberry agar mengurangi risiko gagal panen.

Pengendalilan hama dan penyakit

Adanya hama pada tanaman tentunya sangat mengganggu dan dapat menghambat pertumbuhan tanaman dengan maksimal, maka dari itu hal ini sangat penting diperhatikan. Pastikan tidak ada hama yang menggangu yang menempel pada tanaman strawberry tersebut. Untuk mencegah adanya hama, kita bisa menyemprotkan pestisida yang direkomendasikan untuk tanaman strawberry. Disamping itu juga, pastikan strawberry yang kita tanam tidak diserang oleh hewan lainnya.

Pemupukan

Tahapan cara mengembangbiakan tanaman strawberry yang satu ini tidak kalah pentingnya, karena bertujuan untuk menghasilkan tanaman strawberry yang baik dan berkualitas tentunya. Pada saat usia tanaman strawberry sudah mulai memasuki sekitar 2 bulan pertumbuhan, strawberry sudah bisa diberi pupuk dan harus menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kemampuan tumbuhnya. Kita bisa menggunakan pupuk organic atau anorganik sesuai dosis yang dibutuhkan, dan jangan lupa pastikan tidak ada pupuk yang mengenai bagian tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.

Perampelan

Cara mengembangbiakan tanaman strawberry yang selanjutnya adalah proses perampelan. Perampelan dilakukan apabila batang atau tunas tanaman strawberry yang tumbuh secara berlebihan. Untuk mengambil bagian vegetatif dari tanaman strawberrynya, kita harus bisa memotong 1 hingga 2 tunas disamping tanaman strawberry (yang merunduk) pada masing-masing tanaman strawberry. Tunas tersebut bisa kita buang atau gunakan sebagai bibit vegetatif jika diperlukan.

Pemberian Fitohormon

Hormon fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organic yang terbentuk secara alami ataupun dibuat oleh manusia sendiri, kandungan dari hormone fitohormon tersebut dapat mendorong, menghambat, bahkan mengubah pertumbuhan, perkembangan, juga pergerakan tumbuhan. Kita bisa dapatkan hormone tersebut dari took tanaman terdekat, dan pastikan kita sudah berkonsultasi dahulu sebelum menggunakan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Pemeliharaan

Cara mengembangbiakan tanaman strawberry agar cepat berbuah dibutuhkan beberapa proses diantaranya pendangiran dan penyiangan, hal ini dilakukan agar tanaman strawberry bisa cepat berbuah. Pendangiran merupakan proses untuk menggemburkan lahan dengan cara mencangkulnya kecil-kecil dan secara hati-hati tentunya. Selain itu, ada yang disebut dengan penyiangan, penyiangan itu sendiri adalah sebuah kegiatan untuk membersihkan rumput liar di sekitar tanaman dengan cara mencabut sampai ke akarnya, untuk mencegah bertumbuhnya jamur, penyakit, serta hama.

Proses panen

Tahapan yang terakhir dalam cara mengembangbiakan tanaman strawberry adalah proses panen, proses yang sangat ditunggu-tunggu oleh penanamnya setelah beberapa tahapan dilewati. Strawberry biasanya dipanen setelah berusia 2 bulan atau bisa kurang dari itu tergantung proses perawatannya. Strawberry dapat dipanen dengan ciri-ciri diantaranya daging buahnya yang kenyal, rasanya sedikit asam, dan kulit buahnya berwarna merah.

Cek juga : cara budidaya alpukat mentega

Berikut informasi mengenai cara mengembangbiakan tanaman strawberry, semoga membantu!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here