Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat, Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Pernah dengar slogan “ di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat “ ?. Dalam dunia kesehatan, dikenal dengan adanya system imunitas tubuh. Secara sederhana, system imunitas tubuh membantu melindungi tubuh dari pengaruh-pengaruh yang datang dari luar, baik berupa virus maupun bakteri, sehingga menjaga imun tubuh dan meningkatkan imun tubuh sangat penting bagi kita. Infeksi yang sering disebabkan oleh virus maupun bakteri dapat dengan mudah menyerang tubuh manusia jika system kekebalan tubuh lemah. Beberapa factor yang dapat menyebabkan tubuh memiliki imun yang lemah yaitu aktivitas yang terlalu padat dan menyebabkan kelelahan, memiliki intensitas yang tinggi di tempat umum serta sering melakukan kegiata bepergian, perubahan musim, hingga aktivitas olahraga yang tidak teratur. Kebiasaan lain yang mendorong tubuh mudah terserang penyakit adalah seperti minum minuman beralkohol hingga merokok. Kekebalan tubuh yang lemah akan meningkatkan potensi tubuh terserang bakteri atau virus. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya melalui olahraga yang teratur, menghindari kebiasaan kurang sehat, serta rajin mengkonsumsi obat yang mampu meningkatkan kerja system kekebalan tubuh. Jenis obat yang dapat dikonsumsi dapat berupa obat kimiawi maupun obat herbal. Trend yang sedang naik daun pada akhir-akhir ini adalah penggunaan ramuan tanaman herbal untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, begitu juga untuk penguatan kekebalan tubuh. Tanaman herbal ini pada umumnya dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan memberikan efek samping yang kecil, sehingga tergolong aman.

Berikut beberapa jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh :

Buah sitrus

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Buah sitrus memiliki jenis yang cukup banyak, salah satu diantaranya adalah jenis buah jeruk bali. Buah dengan nama ilmiah Citrus Maxima Fructus ini memiliki ciri berukuran jauh lebih besar dibandingkan jenis jeruk lainnya. Kandungan yang dimiliki buah ini yaitu diantaranya berupa vitamin C. seperti yang kita ketahui bahwa jenis jeruk-jerukan memang kaya akan vitamin C yang berguna untuk peningkatan produksi sel darah putih. Sel darah putih merupakan alat yang mampu melawan berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus di dalam tubuh. Sehingga pengkonsumsian vitamin C dari buah jeruk ini merupakan langkah yang tepat untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh.

Pepaya

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah dengan warna daging oranye ini tidak berbeda jauh dengan buah jeruk yang kaya akan vitamin C. pepaya atau dalam nama ilmiah Carica Papaya Fructus bahkan memiliki kandungan Vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk, yakni sebesar 224 persen. Selain vitamin C, kandungan lain yang dimiliki oleh buah papaya adalah folat, vitamin B, serta kalium. Ketiga zat tersebut memiliki peran sebagai antiperadangan dan baik untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh.

Bawang putih

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh agar kuat dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Kemampuan bawang putih seperti dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi, mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, serta dapat mengurangi resiko terjadinya pengerasan dalam pembuluh darah. Bagi anda yang mudah terkena flu dan menginginkan kekebalan tubuh yang baik, disarankan untuk rajin mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini.

Kiwi

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Buah khas selandia baru ini ternyata tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. Buah yang dalam Bahasa ilmiah nya Actinida Deliciosa Fructus ini memiliki kandungan folat, kalium, Vitamin C, serta vitamin K. kegunaan dari berbagai macam zat tersebut diantaranya adalah mampu membantu tubuh apabila terjadi infeksi baik dari bakteri maupun virus, serta dapat mengontrol kinerja tubuh agar dapat berfungsi secara baik. Bahkan terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan jika rutin mengkonsumsi kiwi setiap minggu dengan olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat serta bergizi, diketahui dapat meningkatkan lemak baik di dalam tubuh.

Jahe merah

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Salah satu tanaman rempah-rempah ini sudah dikenal banyak orang mampu menjaga kesehatan pernapasan bahkan sering dikonsumsi untuk sekedar melegakan tenggorokan. Jahe merah merupakan tanaman herbal yang bagus untuk individu yang sering terkena flu maupun individu yang memiliki aktivitas padat, sehingga jahe sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh. Kandungan di dalam jahe merah yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah senyawa aktif gingerol.

Temulawak

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Tanaman herbal selanjutnya yang dapat digunakan untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh, masih berhubungan dengan tanaman rempah-rempah dan toga. Temulawak memiliki tampilan yang sulit dibedakan dengan jenis tanaman toga lainnya yaitu kunyit. Baik temulawak maupun kunyit memiliki manfaat yang hamper mirip, terutama ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, melalui penangkal radikal bebas. Dalam temulawak, ditemukan terdapat antioksidan yang tinggi, sehingga bagus untuk menghambat virus maupun bakteri.

Bayam

Tetap sehat dengan mengkonsumsi 7 tanaman herbal yang menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Sayuran yang mudah ditemukan di pekarangan ini ternyata memiliki kandungan zat yang luar biasa dan berguna untuk menjaga imun tubuh / meningkatkan imun tubuh lho. Antioksidan dan beta karoten yang dimiliki bayam sangat bagus untuk peningkatan daya tahan tubuh, sehingga potensi terkena infeksi menjadi sangat kecil. Namun terdapat beberapa aturan dalam mengkonsumsi bayam, apalagi jika dimasak terlebih dahulu. Proses memasak dengan suhu tinggi dan berulang berpotensi untuk mengurangi kandungan zat di dalam bayam, bahkan beberapa penelitian menyebutkan jika terlalu sering dipanaskan akan menyebabkan zat baik dalam bayam akan berubah menjadi racun.

Tanaman herbal yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil yang memiliki kemampuan dalam menjaga daya tahan tubuh. Masih banyak jenis tanaman herbal lain yang memiliki kemampuan yang sama, namun tetap harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur agar imun tubuh tetap terjaga.

Bagikan: