6 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Pengolahannya

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Lidah buaya atau yang memiliki nama ilmiah aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Awal mula munculnya tanaman ini yaitu berasal dari jazirah arab, lalu seiring perkembangan waktu tanaman lidah buaya mulai menyebar hingga ke negara tropis, subtropics, maupun negara kering. Karakteristik tumbuhan lidah buaya yaitu memiliki daging daun yang tebal serta di dalamnya terdapat semacam gel yang kental. Selain itu bentuk daun tumbuhan lidah buaya memiliki pinggiran bergerigi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh, baik dalam rangka menjaga kesehatan, maupun untuk pengobatan jenis penyakit tertentu. Beberapa kegunaan tanaman lidah buaya yang sering kita dengar adalah mampu menyembuhkan peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh luka bakar. Selain itu peradangan pada kulit yang dapat disembuhkan oleh tanaman lidah buaya yaitu akibat terbakar cahaya matahari, frostbite, maupun iritasi. Penyakit lain yang dapat diatasi oleh tanaman lidah buaya yaitu radang usus besar, diabetes, penyakit yang menyerang organ pernapasan, hingga demam. Bagi kaum hawa, untuk memperlancar jadwal menstruasi anda juga dapat memanfaatkan ramuan yang berbahan dasar lidah buaya lho. Lalu bagi lansia misalnya, banyak keluhan yang berkaitan dengan persendian maupun tulang. Permasalahan tersebut dapat diobati pula dengan menggunakan ramuan herbal berbahan dasar aloe vera.

Banyaknya kegunaan yang dimiliki oleh lidah buaya diakibatkan oleh tingginya zat atau senyawa yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan zat tersebut diantaranya adalah berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B21, vitamin C, dan vitamin E. kandungan lain yang dapat ditemukan dalam tanaman ini yaitu kolin, inositol, asam folat, serta berbagai mineral. Karena banyaknya zat dan senyawa tersebut tidak mengherankan jika tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh yaa…

Untuk mengobati berbagai penyakit, ternyata menimbulkan cara pengolahan ramuan herbal tanaman lidah buaya yang juga berbeda lho. Sehingga untuk mengulas lebih lanjut, kita akan mulai memperinci cara mengolah lidah buaya untuk masing-masing kegunaannya :

Ramuan lidah buaya untuk mengobati penyakit ambeien

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian dubur manusia. Biasanya senasi yang ditimbulkan apabila seseorang menderita penyakit ambeien yaitu rasa panas dan sakit di sekitar dubur. Untuk mengobati penyakit ini anda dapat mencoba ramuan berbahan dasar aloe vera. Cara mengolah ramuan ini untuk mengobati ambeien yaitu dengan menyediakan kurang lebih setengah dari batang daun tumbuhan aloe vera. Pastikan gerigi atau duri yang berada di pinggiran daun dihilangkan terlebih dahulu. Lalu selanjutnya adalah bersihkan dan parutlah hingga halus. Tambahkan kurang lebih setengah gelas air dan peras hingga tersisa airnya saja. Jangan lupa menambahakn madu serta dikonsumsi secara rutin 3 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit

Ramuan herbal dari tanaman aloe vera ampuh untuk melancarkan buang air besar. Cara pegolahannya adalah dengan menyediakan setengah batang dari daun lidah buaya lalu cuci hingga bersih dan kupaslah hingga tersisa daging daunnya. Potonglah hingga berbentuk bagian yang kecil-kecil. Cara mengkonsumsinya dengan menyeduh menggunakan air setengah gelas dan tambahkan madu.

Merawat rambut

Cara mengolah ramuan lidah buaya untuk menyuburkan rambut yaitu terbilang cukup sederhana. Anda hanya tinggal menyediakan daun lidah buaya secukupnya dan cuci hingga bersih. Selanjutnya gosokkan atau usapkan pada kulit kepala. Usahakan sebelum menggunakan ramuan ini, kulit kepala telah dalam keadaan bersih atau sesudah keramas. Selain itu disarankan untuk menggunakan ramuan ini pada waktu sore hari. Sehingga kulit kepala dibungkus dengan kain dan didiamkan hingga keesokan harinya.

Mengatasi peradangan

Kandungan anti inflamasi yang dimiliki oleh lidah buaya mampu mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh luka bakar maupun sejenisnya. Cara mengobati penyakit ini menggunakan ramuan herbal ini yaitu dengan menyediakan bagian daun lidah buaya lalu pastikan sudah dicuci bersih serta dikupas. Daging daun lidah buaya tersebut lalu tempelkan pada daerah yang terdapat luka peradangan tersebut.

Mampu mengobati penyakit bisul

Bisul merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang kulit. Penyakit ini cukup mengganggu karena menimbulkan rasa nyeri jika ditekan atau disentuh. Sehingga banyak dari penderitanya yang mencari cara untuk mengobati penyakit bisul. Selain menggunakan obat kimiawi atau pakai salep, bisul juga dapat diobati dengan menggunakan ramuan alami dari lidah buaya lho. Caranya yaitu dengan menyediakan bagian daun lidah buaya secukupnya. Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci bagian daun tersebut dan kupas hingga tersisa daging daunnya saja. Daging daun yang dihasilkan tersebut lalu dihancurkan. Cara menghancurkannya bisa dengan proses pelumatan hingga halus. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam pada daging lidah buaya yang telah dihaluskan tersebut. Tahap akhir yaitu dengan mengaplikasikan ramuan herbal pada daerah yang menjadi tempat tumbuhnya bisul

Menyembuhkan diabetes

Diabetes atau penyakit gula darah saat ini menjadi salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti dan mematikan. Karena akibat penyakit ini biasanya akan muncul penyakit komplikasi lainnya serta mampu bertahan hingga dalam waktu yang lama. Untuk mengobatinya anda dapat menggunakan ramuan lidah buaya yaitu dengan menyediakan kurang lebih 2 buah daun lidah buaya. Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih dan kupas bagian pinggiran yang terdapat gerigi atau duri. Selanjutnya adalah dipotong hingga menjadi beberapa bagian. Potongan-potongan tersebut direbus menggunakan tambahan 3 gelas air dan pisahkan ampas serta air melalui proses penyaringan. Ramuan alami penyembuh diabetes siap diminum.

Bagikan: