Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat, Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Penyakit vertigo merupakan jenis penyakit yang menyerang kepala. Sensasi rasa sakit yang berputar-putar ditimbulkan ketika penyakit ini kambuh. Tidak ada batasan umur bagi penderita vertigo. Sehingga semua kalangan umur memiliki potensi dan resiko yang sama untuk terserang jenis penyakit yang satu ini.

Berikut merupakan gejala-gejala yang dirasakan ketika terserang penyakit vertigo :

Merasa dunia sedang berputar

Sensasi rasa pusing yang disertai dengan kondisi lingkungan sekitar seolah-olah sedang berputar padahal kondisi sekeliling sedang diam merupakan indikasi awal seseorang mengidap vertigo. Sehingga hal ini sering menimbulkan penderitanya tidak dapat menjaga keseimbangan dan lebih fatal lagi hingga jatuh pingsan.

Penglihatan yang mendadak gelap pasca bangun dari posisi tidur

Kondisi ini disebabkan oleh peristiwa nystagmus. Nystagmus merupakan suatu kondisi dimana organ mata mengalami pergerakan tidak terkendali.

Gangguan pada indera pendengaran

Pada penyakit vertigo tahap awal, akan wajar jika muncul sedikit gangguan pada indera pendengaran. Namun jika gangguan ini terus berlanjut dan intensitasnya makin parah, maka ada kemungkinan terjadi Meniere yaitu perbedaan tekanan di dalam telinga, atau tinnitus yaitu telinga yang berdenging, atau bahkan labirinitis yaitu suatu infeksi yang memiliki hubungan dengan keseimbangan.

Mual

Karena kondisi kepala yang pusing dan merasakan sensasi berputar, maka tidak heran jika timbul rasa mual atau ingin muntah yang cukup hebat.

Hilangnya kesadaran

Sakit pada kepala juga diindikasikan terjadi karena suplai oksigen yang rendah pada otak. Selain itu zat makanan yang disuplai ke otak juga terganggu. Hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang berkurang sementara.

Lalu apakah yang menyebabkan penyakit vertigo bisa muncul ? terdapat banyak kemungkinan dan factor penyebab mengapa penyakit vertigo ini bisa diderita oleh seseorang. Diantaranya adalah :

Tumor otak

Penyakit jenis ini timbul karena munculnya atau tumbuhnya jaringan tidak normal di bagian otak. Jenis tumor ada dua, yaitu tumor yang jinak dan jenis tumor yang ganas. Akibat pertumbuhan jaringan yang abnormal inilah memunculkan sensasi rasa sakit di kepala yang diiringi dengan vertigo. Sehingga tidak heran jika vertigo yang dirasakan merupakan akibat dari adanya tumor otak

Labirinitis

Sesuai dengan namanya, jenis penyakit ini menyerang labirin yang terletak di telinga bagian dalam. Adanya infeksi menyebabkan kondisi peradangan di bagian tersebut. Perlu diketahui pula bahwa labirin telinga bagian dalam tersebut tedapat saraf yang bernama vestibulocochlear.

Neuritis vestibular

Penyebab vertigo ini memiliki ciri yang hamper sama dengan keadaan labirinitis. Namun untuk penyakit neuritis vestibular ini tidak menyebabkan gangguan pada indera pendengaran. Selain itu penyakit neuritis vestibular juga menyebabkan gejala seperti penglihatan yang agak kabur, rasa mual yang hebat, serta sulit menjaga keseimbangan.

Meniere

Mungkin diantara kita masih asing dengan sebutan Meniere. Meniere merupakan suatu penyakit atau kondisi karena terdapat kerusakan pada organ telinga yang ada di bagian dalam. Penyebab dari kondisi meneire yaitu karena cairan di bagian dalam telinga yang tidak normal. Jumlah cairan yang tidak normal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai macam, bisa karena imunitas abnormal, respon alergi, infeksi, sakit kepala sebelah, cidera, dan lain-lain.

Untuk mengobati vertigo, anda bisa memanfaatkan tanaman herbal yang bisa dijadikan obat alami. Kelebihan tanaman herbal untuk mengobati penyakit yaitu menimbulkan efek samping yang minim, bahkan nyaris aman untuk pengobatan. Selain itu dengan menggunakan tanaman herbal, maka biaya yang dikeluarkan juga rendah serta mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Berikut jenis tanaman obat alami yang dapat digunakan untuk penderita vertigo:

Lada

Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

Jenis lada yang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan vertigo adalah lada merah. Untuk mengolahnya tidak diperlukan resep dan cara khusus, cukup diolah dengan menjadikan lada merah sebagai bahan masakan saja. Capsaicin yang terkandung pada lada merah memiliki kegunaan dalam memperlancar intensitas dan laju aliran darah yang menuju ke telinga dalam maupun ke otak. Selain itu lada merah juga memiliki kemampuan dalam mengurangi sensasi rasa sakit di kepala yang dirasakan oleh penderita.

Ginkgo biloba

Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

Memiliki kemampuan yang hamper sama dengan lada merah, tanaman ginkgo biloba didapuk menjadi salah satu tanaman obat yang ampuh mengobati vertigo. Kemampuannya dalam mengurangi rasa sakit di kepala dan pusing menjadikan tanaman ini dicari-cari sebagai sarana penyembuhan vertigo. Selain itu ginkgo biloba juga mampu meredakan sensasi keadaan lingkungan yang berputar lho.

Air putih

Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

Pasti banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa air putih yang setiap hari selalu menemani aktivitas kita ternyata mampu menyembuhkan penyakit vertigo lho. Dengan meminum air putih yang cukup dipercaya dapat mengurangi rasa sakit di kepala. Pada dasarnya perasaan pusing dan rasa sakit tersebut terjadi karena otak yang kurang asupan air dan dehidrasi, sehingga diperlukan kebiasaan minum air yang cukup yaitu 8 hingga 12 gelas per hari untuk menjaga tubuh anda terhindar dari sakit vertigo

Jahe

Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

Jahe patut dijuluki sebagai tanaman seribu obat ya. Hal ini karena hamper semua penyakit dapat disembuhkan oleh jahe, tidak luput penyakit vertigo. Kemampuan jahe berupa anti inflamasi berguna untuk memperlancar aliran darah, sehingga oksigen dapat disuplai ke seluruh bagian tubuh terutama otak dengan lancer.

Ketumbar

Kenali penyakit vertigo (gejala dan penyababnya) dan 5 tanaman obat alami untuk penderita vertigo

Siapa sangka jenis bahan masakan yang satu ini ternyata punya kemampuan untuk menyembuhkan sakit vertigo lho. Menurut beberapa penelitian ketumbar memiliki zat anti radang dan antiinfeksi sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh dan memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Bagikan: