HomeSeputar PertanianINGIN TERNAK KAMBING? BERIKUT 3 TRIK DAN CARA KAMBING BIAR CEPAT BERANAK

INGIN TERNAK KAMBING? BERIKUT 3 TRIK DAN CARA KAMBING BIAR CEPAT BERANAK

Kambing merupakan salah satu hewan yang banyak diternakan oleh masyarakat, selain untuk diambil dagingnya, ternyata ternak kambing juga cukup menguntungkan, maka dari itu tidak sedikit masyarakat yang peternak kambing. Mengingat cukup banyak orang-orang yang beternak kambing, maka dari itu banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara kambing biar cepat beranak agar jumlah kambingnya bisa terus meningkat dan mendapat untung yang lumayan. Jika dilihat di situs pencarian google, sangat banyak sekali yang mencoba mencari cara beternak kambing yang menguntungkan, cara mengawinkan kambing agar cepat hamil, hingga cara agar kambing beranak kembar

Untuk mengetahui bagaimana cara kambing biar cepat beranak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, meskipun kita ingin hewan ternak kita dapat berkembangbiak banyak, akan tetapi kita juga perlu memperhatikan kesehatan dan kebersihan kambing-kambing tersebut agar kambing bisa berkembangbiak dengan baik.

Cek juga : 5 Cara Beternak Kambing Agar Sukses dan Menguntungkan

Berikut cara kambing biar cepat beranak:

Kenali Ciri Indukan Unggul 

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mengenali ciri-ciri induk kambing yang unggul. Dengan memilih indukan yang unggul, tidak hanya bagus untuk di kembangbiakkan akan tetapi juga bisa mempengaruhi kualitas anak dan jumlah dari indukan tersebut. Berikut ciri-ciri induk pejantan kambing / kambing jantan yang unggul:

  • Memiliki tubuh yang gagah, tegak, dan punggungnya lurus
  • Bagian kakinya lurus dan tegap
  • Tubuhnya besar dan juga tinggi, akan tetapi tidak terlalu gemuk
  • Memiliki tumit yang cukup tinggi
  • Mmemiliki libido yang tinggi
  • Buah zakar yang normal
  • Diutamakan dari keturunan kembar
  • Tidak terkena penyakit dan juga tidak cacat
  • Berumur sekitar 1,5 tahun yang bercirikan gigi seri tetap

Setelah mengetahui ciri-ciri induk kambing jantan yang unggul, berikut ciri-ciri induk kambing betina yang unggul:

  • Memiliki tubuh yang tegap dan kompak
  • Garis punggungnya dan garis pinggang lurus
  • Bagian dadanya dalam dan lebar
  • Memiliki tubuh yang besar akan tetapi tidak gemuk
  • Memiliki kaki yang lurus dan tegap
  • Jinak
  • Bagian rahang atas dan bawahnya rata
  • Ambing simetris dan memiliki putting berjumlah 2
  • Diutamakan dari keturunan kembar
  • Tidak terkena penyakit dan tidak cacat
  • Berumur kurang lebih 1 tahun

Cara Mengawinkan Kambing

Poin yang selanjutnya cara kambing biar cepat beranak yaitu cara mengawinkan kambing dengan benar. Setelah memastikan memilih indukan kambing yang baik dan berkualitas, yang selanjutnya adalah menerapkan konsep breeding. Konsep breeding ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengawinkan kambing. Dalam konsep breeding ini yaitu menyediakan pejantan yang berkualitas dan juga unggul dan indukan unggul di kandang yang berada dalam satu lokasi dan berpasangan dalam kandung bisa 1 pejantang 1 betina, dan bisa juga 1 jantan dan 2 betina. 

Dengan dilakukannya seperti itu, maka indukan kambing pejantan dan indukan betina akan terjadi perkawinan secara alami. Salah satu masalah bagi para peternak kambing adalah menentukan waktu untuk mengawinkan kambing agar memperoleh hasil yang maksimal. Konsep breeding merupakan cara mengawinkan kambing dengan alami yang dinilai paling efektif dalam mengatasi masalah para peternak yang kesulitan dalam mengetahui masa birahi / siklus birahi kambing-kambing tersebut. Dengan dilakukannya konsep breeding ini dipercaya dapat meningkatkan produktivitas kambing ternak. Tidak hanya itu, dengan dilakukannya konsep ini juga dapat mengontrol hewan ternak dengan ketat, sehingga kesehatan dan kondisi hewan-hewan ternak tersebut dapat lebih terjamin. 

Dengan memilih indukan yang berkualitas, dan juga pengontrolan indukan yang ketat, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas anakan kambing tersebut. Selain itu, kita harus tetap melakukan perawatan kambing-kambing tersebut agar cepat beranak guna mendukung produktivitas indukan yang tentunya berkualitas. Berikut cara flushing pakan kambing agar cepat beranak:

  • Berikan pakan dengan konsentrasi tinggi dan juga gizi yang tinggi
  • Pemberian pakan dan konsentrasi tinggi menyebabkan esterogen dalam darah yang d produksi oleh luteolisis meningkat, serta membantu meningkatkan glucose darah dan juga insulin dan meningkatkan getaran sekresi. 
  • Berikan pakan hijau seperti biasanya dan tambahkan konsentrat, tambahan konsentrat tersebut dapat meningkatkan kemampuan ternak untuk memakan bahan yang kering
  • Dengan memberikan pakan yang berkualitas ditambah dengan pakan hijau dapat memebantu memenuhi energi ternak dan meningkatkan penggunaan nitrogen pada pakan untuk aktifitas sintesis dan juga penempatan protein tubuh
  • Peningkatan sintesis protein dapat mendorong pertumbuhan hewan-hewan ternak
  • Kemudian injeksi PG-600 pada kambing atau domba betina dengan tujuan untuk membantu meningkatkan persentasi birahi pada kambing betina.

Pemberian Pakan Berkualitas

Tidak hanya memilih indukan yang unggul dan kambing dikawinkan dengan baik dalam kondisi terbaik saja, pemberian pakan yang berkualitas juga menjadi salah satu cara kambing biar cepat beranak. Pemberian pakan yang berkualitas menjadi salah satu poin penting dalam merawat kambing, dengan diberikannya pakan yang berkualitas dapat membantu kesehatan dan produksi kambing dengan lebih maksimal. 

Pemberian pakan yang berkualitas juga harus tepat waktu dan dengan dosis yang sesuai juga supaya penyerapannya dapat berjalan dengan sempurna dan efektif. Berikut yang dapat dilakukan dalam pemberian pakan cara kambing biar cepat beranak.

Manajemen pakan kambing

metode manajemen pemberian pakan atau yang bisa disebut metode flushing merupakan suatu metoda yang bertujuan meningkatkan konsentrasi energi yang lebih tinggi. Metode yang satu ini dilakukan dalam waktu 1 bulan, sebelum nantinya indukan tersebut di kawinkan hingga selesai menyusui. Dengan metode flushing ini dipercaya merupakan salah satu metode yang efektif dalam program perkawinan dan mencegah kematian, serta membantu meningkatkan kemungkinan kelahiran anak kembar.

Pemberian suplemen

Suplemen yang dianjurkan yaitu suplemen organik cair GDM, suplemen tersebut dianjurkan karena mengandung mineral essensial dan non essensial, bakteri baik, dan juga multivitamin. Tidak hanya itu, suplemen tersebut juga digunakan untuk fermentator pakan. Dan juga pengaplikasian yang tergolong mudah hanya dengan mencampurkan 10 ml seplemen tersebut pada air minum kambing saat pagi dan sore hari. 

Berikut cara kambing biar cepat beranak, semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here