HomeSeputar PertanianCara membuat tepung ikan untuk pakan ternak anda

Cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak anda

Cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak anda ,Apakah kalian tahu bagaimana cara membuat tepung ikan? Bagi kalian yang memiliki peternakan dan ingin membuat pakan yang murah dan berkualitas, maka pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak kalian. Akan tetapi sebelum itu, kita ketahui terlebih dahulu tentang tepung ikan itu sendiri. Tepung ikan merupakan salah sayu bahan yang digunakan sebagai pakan ternak dengan nilai kandungan yang begitu tinggi, pada umumnya tepung ikan ini yaitu salah satu produk sampingan yang diambil dari sisa pembuangan atau  sisa produk utama yang diambil. 

Cek Juga : Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

Cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak anda ini memilki kandungan seperti protein dan juga mineral yang sangat tinggi serta bisa digunakan untuk pakan ternak ruminansia seperti kambang, domba, sapi, kerbau dan yang lainnya. Tidak hanya itu saja, tepung ikan ini banyak mengandung lemak tidak jenuh rantai panjang yang mempunyai penanan penting untuk memperbaiki penampilan reproduksi ternak, kualitas produk, meningkatkan produksi daging, susu serta lain sebagainya. Selain itu, tepung ikan yang memiliki kualitas bagus dan bermutu ini pada umumnya mempunyai ketentuan-ketentuan seperti berikut:

  • Terbebas dari kontaminasi seperti bakteri, jamur dan juga pathogen
  • Selalu berada dalam keadaan kering serta tidak lembab
  • Dan tidak adanya benda-benda yang sulit untuk dihaluskan di dalam ikan tersebut

Cek juga : Kebutuhan Pakan Ayam Petelur per Hari

Bahan dan alat untuk membuat tepung ikan

Bahan-bahan membuat tepung ikan

Hal yang pertama kali dilakukan untuk cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak anda tentunya harus memiliki bahan-bahan yang akan dijadikan tepung ikan. Bahan-bahan yang akan digunakan pada umumnya yaitu produk sampingan yang seperti pegolahan sisa ikan, ikan yang diambil yaitu seperti ikan bagian kepala, ekor ikan dan juga tulang ikannua serta ikan-ikan kecil yang tak dimanfaatkan oleh banyaknya masyarakat. Dapat kalian gunakan untuk pembuangan tepung ikan yang beguna untuk pakan ternak kalian.

Alat untuk membuat tepung ikan

Adapun alat yang akan digunakan pada cara membuat tepung ikan ini yaitu sebagai berikut:

  • Yang pertama yakni mesin penggilingan ikan yang bisa digunakan untuk menghaluskan, menghancurkan ikan hingga merata serta tercampur semuanya.
  • Kedua meson pengering yang pada umumnya bisa menggunakan mesin oven ataupun mengandalkan cahaya matahari untuk menghilangkan kadar air ikan sekitar 8%.
  • Dan ketiga atau terakhir yaitu mesin press atau alat press untuk mengepress ikan samapi kering sekali sehingga bisa membantu menghilangkan kadar lemak yang ada didalamnya.

Nah itu dia bahan-bahan beserta alat yang bisa digunakan untuk membuat tepung ikan. Setelah mengetahui bahan dan juga alatnya, mari kita memasuki bagaimana cara membuat teppung ikan itu sendiri. 

Berikut adalah cara membuat tepung ikan untuk pakan ternak:

Penggilingan ikan basah

Cara membuat tepung ikan langkah pertama pada cara membuat tepung ikan yaitu penggilingan ikan. Ikan yang akan dibuat tepung ikan ini dipilih serta dipilah terlebih dahulu. Pada penggilingan atau penghancuran pada ikan ini biasanya dilakukan pada ikan yang berukuran sedang hingga besar sekalipun. Sedangkan pada ikan-ikan kecil tidak harus dilakukan menggunakan mesin penggilingan. Sebelum dilakukannya penggilingan sebaiknya lakukan pembersihan terlebih dahulu pada bagian dalam ikan terutama untuk membuang jeroan ikan tersebut. Hal itu dilakukan pada ikan yang berukuran sedang ataupun besar saja. Lalu untuk ikan yang sudah dicuci tadi kemudian dimasukkan ke dalam penggilingan sehingga akan di peroleh bubut mentah yang berbahan ikan. 

Tahap pengukusan

Langkah kedu yang ada pada car membuat tepung ikan yaitu tahap pengukusan. Dimana setelah dilakukannya proses penggilingan dan juga memperoleh bubur mentah yang berbahan ikan tersebut mesti dilakukannya pengukusan pada bubur berbahan ikan tadi. Pengukusan ini dilakukan sekitar 1 jam lamanya dengan uap panas sehingga akan menghasilkan bubur ikan yang matang dengan sempurna. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan lemak ikan yang membuat tengik serta mematikan pathogen pembusuk.

Tahap pengeringan

Langkah berikutnya yaitu tahap pengeringan yang mana proses pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air didalam tepung ikan. Pada proses pengeringan ini sebaiknya menggunakan alat pengering seperti oven agar mendapatkan hasil adonan yang memiliki kadar sekitar 8%. Sebutan untuk hasil pengeringan tersebut yaitu cake kering ikan. Cake kering ikan ini memiliki kadar lemak yang tinggi yaitu berada diatas 30%. Namun apabila pengeringan ini dilakukan dengan menggunakan sinar matahari akan kurang efektif sebab membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga pada proses produksinya menjadi kurang efisien dan selian itu pun akan sulit untuk mengukur kadar air yang terkandung didalam cake kering ikan tersebut.

Tahap pemerasan kadar minyak

Kita memasuki tahap pemerasan kadar minyak. Dimana minyak atau lemak yang ada pada tepung ikan bisa membuat tepung ikan tersebut cepat tengik sehingga kandungan minyak tersebut mesti dikurangi. Apabila kandungan kadar minyak tersebut masih tinggi, maka diharuskan untuk dikurangi supaya mendapatkan hasil produk tepung ikan yang lebih awet. Dengan cara memerasnya akan menghasilkan cake ikan yang sempurna. Dan untuk hasil yang lebih aik lagi, maka cake kering ikan diperas dengan alat pres bertujuan agar sebagian dari minyak tersebut bisa keluar. 

Tahap penggilingan cake atau penepungan

Tahap selanjutnya yaitu tahap penggilingan cake atau penepungan. Tepung ikan yang telah dikeluarkan kadar minyaknya, maka selanjutnya yaitu penepungan cake dengan menggunakan mesin penggiling sehingga akan memperoleh tepung ikan yang cukup halus dengan ukuran yang diinginkan oleh kita.

Tahap pengemasan dan pemasaran

Dan tahap yang terakhir yaitu ada tahapan pengemasan dan juga pemasaran, dimana tahap ini ada karena telah mendapatkan prosuk tepung ikan yang halus. Tepung ikan ini harus disimpan di dalam karung plastik atau wadah yang bersifat kedap air. Sebelum dilakukannya pemasaran atau penjualan, maka pastikam terlebih dahulu bahwa kadari air yang terkandung di dalam produk tersebut berada di bawah 8% supaya dapat bertahan dalam jangka waktu yang begitu lama.

Nah itu dia cara membuat tepung ikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sekian terimakasih.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here