Anda mengalami rambut rontok!!??. Berikut 9 Tanaman Penumbuh Rambut Alami

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

 

Rambut memang sangat sering bermasalah maka tidak heran jika banyak varian shampoo yang menyuguhkan berbagai keunggulannya dalam menangani problem tersebut. Ada shampoo untuk mengatasi rambut rontok, ketombe, bahkan hingga rambut kering. Sebelum adanya shampo, nenek moyang kita sudah memanfaatkan berbagai macam tanaman penumbuh rambut alami untuk mengatasi rambut rontok. Salah satu problem pada rambut yang akan kita bahas kali ini adalah berkaitan dengan kerontokan rambut. Secara umum, rambut setiap harinya memang akan mengalami fenomena kerontokan, namun berada pada jumlah yang normal. Jumlah rambut rontok yang bisa dikatakan dalam jumlah normal yaitu berada pada kisaran 50 hingga 100 helai per hari. Namun jika jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai, maka anda patut khawatir karena terdapat indikasi masalah kerontokan rambut yang serius. Apabila kondisi kerontokan rambut dibiarkan bahkan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang cukup fatal yaitu masalah kebotakan baik sementara maupun permanen.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah kerontokan pada rambut yaitu diantaranya :

  1. Masalah psikologis

Ternyata gangguan psikologis baik berupa kecemasan, gelisah, maupun stress juga menyumbang potensi rambut mengalami kerontokan lho. Sehingga alangkah baiknya jika kita bisa memanage atau mengatur kondisi emosional sehingga masalah tersebut dapat dihindari.

  1. Kesalahan atau tidak cocok dalam menggunakan produk shampoo

Shampoo memang berguna untuk merawat rambut, namun jika anda asal-asalan dalam menggunakan shampoo maka tidak menutup kemungkinan kulit kepala akan bermasalah dan membuat rambut makin mudah rontok, alih alih mendapatkan rambut yang sehat.

  1. Usia

Faktor umur juga menyumbang potensi seseorang untuk beresiko terkena kerontokan rambut. Semakin lanjut usia seseorang, maka akan semakin besar potensinya terkena gangguan rambut rontok.

  1. Autoimun

Autoimun juga menyebabkan resiko munculnya kerontokan rambut. Dengan munculnya autoiumun, maka justru imun di dalam tubuh menyerang folikel rambut itu sendiri, sehingga kerontokan tidak bisa dihindari.

  1. Kesalahan dalam mengikat rambut

Ternyata hal sepele seperti kebiasaan mengikat rambut juga bisa menyebabkan rambut rontok lho. Misalnya saja mengikat rambut dengan terlalu kencang atau terlalu kuat dan dibiarkan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan rambut rontok dan menyebabkan penipisan pada rambut

Cek juga : Jenis dan penyebab kerontokan rambut

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang rontok salah satunya dengan menggunakan ramual atau obat alami. Keunggulan yang dimiliki oleh obat alami yang berasal dari tanaman penumbuh rambut alami yaitu diantaranya mudah didapat, murah, sederhana, serta tentunya minim efek samping.

Berikut beberapa tanaman penumbuh rambut alami :

Lidah buaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman lidah buaya merupakan tanaman penumbuh rambut alami yang sangat ampuh digunakan untuk menyuburkan rambut. Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya yaitu diantaranya adalah tonik. Tonik inilah yang memiliki kemampuan untuk menyuburkan dan memberikan nutrisi pada rambut. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu tinggal mengoleskan pada kulit kepala saja.

Kemiri

Selain digunakan untuk campuran bumbu masakan, kemiri juga diklaim sebagai tanaman penumbuh rambut alami yang dapat mengatasi rambut yang rontok lho. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh kemiri yaitu diantaranya berupa lemak, vitamin B, serta zat asam. Kandungan tersebut dipercaya dapat memberikan nutrisi pada rambut sehingga akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Biasanya untuk memanfaatkannya, kemiri harus diubah menjadi bentuk minyak terlebih dahulu, lalu kemudian digunakan untuk masker rambut.

Zaitun

Selain bagus untuk wajah, minyak zaitun juga sudah terkenal sejak zaman dahulu untuk membantu menyuburkan rambut dan sebagai tanaman penumbuh rambut alami. Kandungan dalam minyak zaitun yang bisa memperkuat rambut yaitu diantaranya yaitu berupa niacin, vitamin D, vitamin e, serta biotin.

Kelapa

Ekstrak dari daging kelapa atau yang bisa disebut santan kelapa juga dapat anda manfaatkan sebagai tanaman penumbuh rambut alami pasca kerontokan lho. Kandungan protein tinggi yang dimiliki santan dipercaya dapat membuat rambut lebih cepat tumbuh serta rambut menjadi berkilau.

Seledri

Sayuran yang sering kita temui di masakan soto ini dipercaya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut dan tanaman penumbuh rambut alami lho. Pada seledri ditemukan kandungan berupa zat besi, vitamin A, vitamin B, kalsium, serta natrium. Kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan rambut, sehingga rambut juga akan tumbuh lebih kuat dan berkilau.

Bawang merah

Tanaman penumbuh rambut alami pasca kerontokan selanjutnya yaitu bawang merah. Sudah sejak zaman dahulu bawang merah dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sari dari bawang merah ke kulit kepala.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang diperkaya dengan kandungan vitamin serta mineral. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, bayam juga banyak dimanfaatkan untuk ramuan penumbuh rambut alami. Cara memanfaatkannya cukup dengan mengkonsumsi campuran bayam yang telah dihaluskan dengan air matang.

Gooseberry india

Tanaman ini memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Selain itu tanaman ini juga mengandung vitamin C yang mana sangat baik untuk mendukung pertumbuhan rambut. Kehebatan lain yang dimiliki oleh gooseberry india yaitu mampu menangkal radikal bebas yang ada di bagian kulit kepala.

Apel

Di dalam buah apel terdapat zat dan senyawa yaitu diantaranya procyanin B-2. Senyawa tersebut diklaim dapat merangsang pertumbuhan yaitu baik pada rambut maupun jenggot. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan menghaluskan potongan apel hingga menjadi bubur lalu dioleskan di bagian kulit kepala. Tunggulah hingga kurang lebih 2 jam lalu jangan lupa untuk melakukan pemijatan sehingga ekstrak apel dapat meresap pada kulit kepala.

 

Bagikan: