8 Manfaat Sidaguri untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

by | May 31, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman sidaguri merupakan salah satu jenis tanaman liar dan banyak tumbuh subur di Indonesia. Karena kemampuannya bertahan hidup di iklim yang tropis, maka tidak heran jika di wilayah Indonesia banyak ditemukan tanaman sidaguri. Walaupun tergolong tanaman liar, ternyata manfaat sidaguri untuk kesehatan mampu mengobati beberapa jenis penyakit . Hal ini dikarenakan banyak kandungan zat atau senyawa baik di dalamnya. Beberapa senyawa tersebut yaitu tannin, kalsium oksalat, asam amino, alkaloid, flavonoid, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman sidaguri yaitu diantaranya memiliki bentuk daun yang bulat dan merupakan daun tunggal. Selain itu, bentuk fisik daun sidaguri ini hamper menyerupai bentuk jantung, dengan keunikan terletak pada tepi daun yaitu memiliki tekstur seperti gerigi. Ukuran daun sidaguri juga  tergolong berukuran sedang, untuk panjangnya, maksimal bisa tumbuh hingga 4 cm, dan untuk lebarnya bisa samapi 1.5 cm. 

Karena bisa digolongkan sebagai tanaman liar, maka tidak heran jika tanaman sidaguri ini bisa tumbuh bebas di ladang, hutan, bahkan tepi jalan. Sifat yang khas yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu mampu memberikan efek dingin dan manis. Perlu diketahui bahwa untuk masing-masing bagian tubuh tanaman sidaguri memiliki kandungan yang berbeda-beda, sehingga hal ini membuat manfaat sidaguri yang bermacam-macam. Berikut adalah beberapa manfaat sidaguri untuk kesehatan yang anda rasakan jika mengkonsumsinya secara rutin:

1. Tanaman sidaguri mampu mengobati penyakit kanker perut

Manfaat sidaguri untuk kesehatan yang pertama adalah berkaitan dengan penyembuhan kanker. Biasanya penyakit ini sering diabaikan karena gejalanya hamper mirip dengan penyakit maag, yaitu diantaranya seperti nyeri yang dirasakan pada ulu hati, perut yang mudah kembung, hingga keluhan mual. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan memanfaatkan ramuan berbahan dasar tanaman sidaguri. Kandungan yang ada di dalam sidaguri yaitu ekstrak n-heksan dikatakan memiliki aktivitas sitotoksik. Aktivitas tersebut berkaitan dengan perusakan sel yang aktif terhadap sel kanker perut. Bahkan menurut penelitian kemampuan sitotoksiknya melebihi etanol dan methanol

2. Tanaman sidaguri dapat mengatasi penyakit alzeimer

Manfaat sidaguri untuk kesehatan yang kedua yaitu mampu menyembuhkan alzeimer. Alzeimer merupakan penyakit degenerative dan erat kaitannya dengan seseorang yang memasuki lanjut usia. Penyakit ini disebabkan oleh aktivitas hidrolisis oleh suatu enzim yang bernama acetylcholinesterase. Akibat dari aktivitas tersebut adalah kadar asetilkolin menjadi rendah. Sehingga cara agar penyakit ini bisa disembuhkan yaitu dengan melalui penghentian aktivitas dari  acetylcholinesterase, yang mana salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan tanaman sidaguri. Diketahui bahwa kandungan ekstrak n-heksan di dalam tanaman ini efektif dalam mengobati Alzheimer. Selanjutnya yang terjadi adalah neurotransmisi kolinergik akan meningkat. 

3. Tanaman sidaguri memiliki kemampuan dalam mengobati penyakit diabetes

Poin ketiga masih berkaitan dengan Manfaat sidaguri untuk kesehatan yaitu mampu menyembuhkan penyakit gula. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Untuk mengobati penyakit ini kunci utamanya adalah control kadar gula dalam darah. Salah satu cara yang ampuh dalam menurunkan kadar gula dalam darah adalah melalui tanaman sidaguri. Kandungan di dalam tanaman sidaguri yang bertanggung jawab dalam mengontrol kadar glukosa dalam darah adalah ekstrak methanol.

4. Tanaman sidaguri dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung

Sama seperti penyakit diabetes, penyakit jantung merupakan salah satu dari deretan penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Sehingga perlu bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan organ jantung. Salah satu Manfaat sidaguri untuk kesehatan yakni memiliki kandungan berupa ekstrak etanol memiliki kemampuan yang bersifat kardioprotektif, sehingga sangat efektif untuk menjaga kinerja jantung agar tetap optimal dan sehat. Biasanya penyakit yang menyerang jantung juga disebabkan oleh radikal bebas, nah anda bisa mencegah resiko tersebut dengan menggunakan tanaman ini lho.

5. Tanaman sidaguri mampu menjaga kesehatan hati

Selain organ jantung, ternyata Manfaat sidaguri untuk kesehatan juga ampuh digunakan untuk meningkatkan kesehatan organ hati. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan di dalam tanaman ini yakni berupa ekstrak methanol yang efektif untuk memberikan efek berupa peningkatan kinerja organ hati dan menjaga agar organ hati tetap sehat. Istilah lain dari kegunaan sidaguri tersebut adalah hepatoprotektif. 

6. Tanaman sidaguri bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ ginjal

Salah satu organ yang bertanggung jawab atas system ekskresi adalah ginjal. Karena memiliki kegunaan yang vital, maka kinerja dan kesehatan ginjal sangat penting untuk diperhatikan. Banyak penyakit yang menyerang ginjal seperti misalnya gagal ginjal yang mengharuskan penderitanya untuk melakukan aktivitas cuci darah setiap periode waktu tertentu. Hal ini tentunya akan sangat membebani dalam hal kesehatan tubuh dan finansial. Sehingga penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar terus dapat bekerja dengan optimal. Salah satu Manfaat sidaguri untuk kesehatan yaitu adalah mampu meningkatkan kesehatan ginjal. Kandungan yang ada di dalam tanaman ini memiliki efek yaitu neprhoprotective, yang mana efek tersebut dapat melindungi ginjal dari radikal bebas.

7. Tanaman sidaguri bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan system pencernaan

Manfaat sidaguri untuk kesehatan yang ke tujuh adalah dapat menyembuhkan salah satu problem yang sering menyerang system pencernaan yaitu diare. Apabila tidak segera ditangani, penderita diare akan kehilangan cairan dalam tubuh dan berpotensi untuk menyebabkan dehidrasi. Penyebab seseorang menderita diare yaitu karena konsumsi makanan maupun minuman yang di dalamnya terkandung bakteri atau tidak terjaga kebersihannya. Kandungan berupa ekstrak methanol yang dimiliki tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diare.  

8. Tanaman sidaguri mampu menyembuhkan rematik

Manfaat sidaguri untuk kesehatan yang ke delapan adalah rematik identic kaitannya dengan nyeri persendian. Penyakit ini akan sangat menganggu ruang gerak penderitanya karena akan timbul sensasi rasa nyeri bahkan

Bagikan: