HomeBudidaya8 Cara Menanam Anggur dari Biji

8 Cara Menanam Anggur dari Biji

Cara menanam anggur dari biji belakangan menjadi tren. Tak heran jika kini buah anggur banyak di temukan di pekarangan rumah, selain manfaatnya untuk kesehatan juga sebagai memperindah taman di rumah. 

Mengenal buah anggur

Anggur merupakan tanaman yang memiliki buah perdu, tumbuh dengan cara merambat. Tanaman anggur masuk dalam golongan keluarga Vitaceae. Pengonsumsian buah anggur biasanya dibuat sebagai kismis, minyak biji anggur, minuman anggur, jelly, ataupun jus anggur. Buah anggur dikenal mengandung banyak senyawa resveratol dan polifenol, dua senyawa ini berperan aktif dalam metabolisme tubuh dan mampu mencegah terbentuknya berbagai penyakit termasuk sel kanker. 

Senyawa metabolit yang juga terdapat pada anggur berperan penting sebagai antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Varietas yang di miliki anggur begitu banyak. Anggur hidup ideal pada dataran rendah. Yang membutuh kan musim kemarau yang panjang, yang mana sekitar 4-7 bulan agar bisa bertumbuh dengan baik dan mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman anggur yaitu hanya 800 mm per tahunnya. Karena itulah penyiraman yang dilakukan dengan berlebihan mampu mengganggu proses pembuahan pada tanaman anggur. Suhu maksimal yang dibutuhkan anggur dalam tumbuh yaitu 31oC dengan suhu minimum 23oC, dan dengan kelembaban udara 75-80%.

Anggur merupakan tanaman buah yang berasal dari Timur tengah. Kini anggur lokal memiliki harga yang jauh di bawah anggur impor. Padahal kualitas anggur yang dihasilkan daerah lokal tidaklah lebih buruk dari anggur luar. Beberapa daerah Indonesia juga menghasilkan anggur yang memiliki kualitas yang bagus. Orang yang menyukai anggur memiliki peluang yang besar untuk menanam anggur dari biji. Biji anggur yang sudah didiamkan beberapa saat  merupakan biji yang siap uuntuk ditanam. Sebelum biji ini memasuki proses tanam maka, perlu untuk disemai terlebih dahulu. 

Setelah tumbuh kecambah barulah kemudian dipindahkan ke media tumbuh yang diinginkan. Anggur yang memiliki bentuk bulat  dengan rasa yang unik dan sangat enak. Rasa anggur yang memiliki campuran rasa asam, manis, dan memiliki banyak air. Tak hanya itu anggur juga memiliki aroma yang khas. Namun, harga anggur yang tinggi di pasaran menjadikan masyarakat menengah kebawah kembali memikir kembali jika ingin membeli dan mengonsumsi buah ini. Maka dari itu, mengetahui cara menanam anggur dari biji bisa menjadi alternatifnya. 

Cek juga info tentang : 6 Cara Menanam Melon dari Biji

Berikut langkah-langkah cara menanam anggur dari biji :

Pra tanam

Sebelum mengetahui cara menanam anggur dari biji, perlu diketahui bagaimana syarat tumbuh tanaman anggur. Pohon anggur tumbuh dengan baik pada ketinggian 300-800 dpl, dan waktu yang paling disarankan untuk menanam anggur yaitu pada musim kemarau dengan curah hujan maksimal 800 mm/tahun. Budidaya anggur ini sangat cocok untuk daerah yang memiliki tanah liat, berpasir, dan kaya akan nutrisi. pH tanah yang baik untuk tanaman anggur yaitu 6,5-7. Anggur membutuhkan sinar matahari hingga 80% yang mana mendapatkan cahaya matahari 10-12 per hari, dengan kelembaban tanah 80%. Suhu yang cocok untuk tanaman anggur yaitu antara 25-30 derajat celcius.

Memilih jenis anggur yang akan ditanam

Langkah pertama cara menanam anggur dari biji yaitu memilih jenis anggur yang akan ditanam. Sebelum melakukan penanaman pilih varietas yang ingin ditanam terlebih dahulu, pilihlah jenis anggur yang sesuai dengan iklim lingkungan tempat penanaman. Ketika biji anggur telah  dipanen, rendam benih yang didapatkan dalam wadah yang telah berisikan air. Buanng benih yang mengapung dan simpan benih yang tenggelam selama satu hari satu malam. 

Menyiapkan media semai

Langkah kedua cara menanam anggur dari biji yaitu persiapan media semai. 

  • Menyiapkan wadah persemaian yaitu toples transparan.
  • Media semai yang bisa digunakan seperti kompos tipis atau kapas.
  • Basahi kapas yang akan digunakan agar lembab namun keadaan kapas tidak mengeluarkan air. 
  • Kemudian masukkan kapas tersebut ke dalam wadah toples transparan.

Pemilihan biji anggur

Langkah ketiga cara menanam anggur dari biji yaitu pemilihan biji anggur. 

  • Beli anggur di toko buah maupun di supermarket.
  • Kemudian pilihlah anggur yang bulat, sehat, dan memiliki warna cerah dan tidak terserang oleh penyakit.
  • Kemudian rendam biji anggur yang tenggelam
  • Biji tersebut direndam selama sehari semalam
  • Kemudian jika sudah direndam, keringkan bibit dibawah sinar matahari
  • Masukkan biji pada wadah namun pastikan bahwa bijji tidak saling bersentuhan.

Penyemaian biji anggur

Langkah keempat cara menanam anggur dari biji yaitu penyemaian biji anggur. Pindahkan bibit kedalam tempat pot penyemaian. Media semai diisi campuran pupuk kandang dan tanah. Penyemaian bibit anggur akan berkecambah ketika sudah berusia 3 sampai 7 minggu setelah disemaikan.

Pemindahan bibit anggur

Langkah kelima cara menanam anggur dari biji yaitu pemindahan bibit anggur. Bibit anggur yang sudah mencapai ketinggian 10 cm sudah bisa dipindahkan dan menanamnya pada pot yang berukuran besar. Jangan lupa untuk memberikan penopang  ajir yang terbuat dari kayu atau bambu. Penanaman jug abisa dilakukan penanamannya pada lahan, pemindahan pada lahan dilakukan ketika ketinggian mencapai 32 cm. Jika sudah dipindahkan berikan pupuk dan lakukan penyiraman rutin agar kelembaban tanah tetap terjaga. 

Perawatan

Langkah keenam cara menanam anggur dari biji yaitu perawatan anggur.

  • Pemupukan dilakukan agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Pemupukan dapat dilakukan dengan memberikan pupuk anorganik ataupun pupuk organik. Pemupukan ini dilakukan secukupnya.
  • Penyiraman rutin dilakukan untuk menjaga keadaan  media tanam agar selalu lembab. Penyiraman yang dilakukan tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabka kebusukan pada tanaman.
  • Pergantian pot, hal ini dilakukan jika tanaman sudah tumbuh makin besar. Pemindahan pot bertujuan agar akar bisa bergerak lebih bebas untuk mencari kebutuhan nutrisi.
  • Pemangkasan dan pemasangan ajir. Pemangkasan daun bertujuan agar pucuk tanaman tidak menjalar kemana-mana. Sedangkan ajir bertujuan untuk menopang batang dari tanaman anggur.

Pemanenan

Hasil panen buah anggur bisa dilakukan ketika buah anggur yang diinginkan sudah bisa dipetik sesuai selera. Pasalnya tidak ada ketentuan untuk mengonsumsi buah anggur.

Penjabaran diatas merupakan hal-hal yang perlu dilakukan dalam cara menanam anggur dari biji.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here