5 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat, Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tomat merupakan salah satu jenis buah dan juga sayuran yang sering dimanfaatkan oleh manusia menjadi lalapan, bahan campuran masakan, hingga dikonsumsi langsung sebagai buah. Selain enak dengan berbagai macam olahan, terdapat segudang manfaat buah tomat bagi kesehatan.  Buah tomat memiliki nama ilmiah Solanum Lycopersicum syn. Wilayah asli tumbuhnya tomat adalah di daratan amerika, lebih tepatnya di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, hingga wilayah Peru. Namun saat ini tumbuhan tomat telah menyebar hampir di seluruh bagian negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Tanaman tomat memiliki waktu tanam hingga panen yang tidak lama, yaitu hanya memakan waktu kurang lebih dua bulan saja. Bentuk fisik dari buah tomat ini memiliki banyak macamnya, khususnya di bagian warna buah. Buah tomat ketika matang memiliki berbagai macam jenis warna, yaitu ada yang memiliki warna merah (seperti yang umum kita temukan), hijau, kuning, belang-belang, hingga ungu.

Buah tomat dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, selain itu buah tomat juga dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Namun di samping itu, manfaat buah tomat  sangat besar bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan terdapat banyak kandungan zat atau senyawa yang baik bagi kesehatan, diantara kandungan tersebut yaitu senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan ini memiliki sebutan likopen. Perlu diketahui bahwa likopen memiliki kegunaan dalam anti radikal yang mana radikal bebas tersebut adalah penyebab kanker. Selain polifenol, kandungan di dalam senyawa antioksidan yaitu berupa naringenin serta chlorogenic acid. Vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan beberapa zat lain juga turut ditemukan dalam buah tomat.

Berikut  5 manfaat buah tomat  bagi kesehatan  :

Mampu menyembuhkan inflamasi dan menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat buah tomat yaitu berupa anti inflamasi. Kegunaan tersebut didasari oleh kandungan tomat berupa tomatine. Selanjutnya adanya asam sitrat juga dipercaya ampuh dalam menghilangkan lemak serta kotoran yang menempel pada wajah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu kandungan buah ini yang kaya akan anti oksidan didasari pada jumlah vitamin C dan senyawa beta-karoten yang cukup tinggi.

Kesehatan kulit adalah sesuatu hal yang harus dijaga karena paparan sinar matahari yang rentan menyebabkan kanker kulit apabila mengandung sinar ultraviolet. Salah satu manfaat buah tomat yaitu  meningkatkan kesehatan kulit . Buah tomat memiliki kandungan likopen dan vitamin C yang mana mampu melindungi kulit dan mencegah potensi kerusakan kulit.

Dapat menyembuhkan penyakit jantung

Tahukah kamu ternyata manfaat buah tomat salah satunya adalah meningkatkan kerja jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu macam penyakit yang paling mematikan di dunia. Bahan dasar berbagai makanan yang dijual di pasar saat ini mengandung banyak zat yang bersifat kimiawi dan merusak tubuh, terutama kerja jantung. Di dalam buah tomat terkandung berbagai senyawa yang berguna dalam peningkatan kesehatan jantung, diantaranya berupa kalium serta likopen. Kedua zat tersebut dipercaya mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang mana kolesterol jahat tersebut biasanya akan mendorong kerja jantung menjadi lebih berat. Selain itu kalium dan likopen juga ampuh dalam menjaga kesehatan irama jantung. Karena memiliki kandungan zat anti inflamasi, maka tidak heran jika buah ini juga mampu mencegah peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung bahkan hingga stroke.

Ampuh dalam menyembuhkan bisul dan jerawat

Bisul dan jerawat merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian tubuh kulit. Bisul merupakan penyakit dengan ciri-ciri berbentuk benjolan yang berwarna merah. Selain itu apabila disentuh akan terasa sakit serta di dalamnya terdapat cairan nanah. Sedangkan jerawat merupakan problem pada kulit yang dikarenakan jumlah minyak yang diproduksi pada wajah berlebih. Walaupun bukan penyakit yang kronis, namun bisul dan jerawat cukup menganggu penampilan dan aktivitas tubuh. Kandungan zat anti inflamasi yang dimiliki buah ini, memiliki kemampuan dalam menyembuhkan kedua penyakit kulit tersebut, sehingga salah satu manfaat buah tomat dapat menjaga kesehatan kulit . Anda dapat mengobati bisul dan jerawat tersebut dengan masker tomat. Kalau untuk bisul tomat harus dipanaskan dahulu, apabila untuk jerawat gunakan tomat yang segar dan tanpa dipanaskan.

Dapat meningkatkan kesehatan organ mata

Buah ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga salah satu manfaat buah tomat sangat erat kaitannya dengan kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang mengandung vitamin A memiliki manfaat yang sangat bagus untuk organ mata, salah satunya adalah buah tomat. Hal ini didasari karena vitamin A memiliki kemampuan dalam peningkatan produktivitas pada retina mata, sehingga membuat daya pengglihatan lebih tajam. Ketika terdapat di suatu tempat dengan cahaya yang rendah atau redup, apabila kondisi organ mata dalam keadaan baik, maka kita masih dapat dengan mudah mengenali objek di area tersebut dan mampu menginterpretasikan warna. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, buah tomat juga memiliki kandungan beta karoten yang memiliki kegunaan hamper sama yaitu untuk menjaga kesehatan mata.

Mampu mencegah penyakit kanker

Kanker adalah suatu kondisi adanya perkembangan sel abnormal di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan kinerja organ di sekitarnya menjadi terganggu. Saat ini penyakit kanker menjadi salah satu jenis penyakit mematikan dan ditakuti oleh manusia. Tomat memiliki kandungan zat anti oksidan yang tinggi. Kandungan inilah yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang sering menimbulkan penyakit kanker.

Sekian penjelasan beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat

Bagikan: