7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

by | Jun 2, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

imunitas atau sering kita kenal sebagai kekebalan tubuh adalah suatu respon daya tahan tubuh kita ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Secara sederhana, kita bisa menyebut imunitas sebagai daya tahan tubuh ketika melawan suatu bakteri atau virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu untuk mencegah datang nya penyakit kita harus banyak mengkonsumsi tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh contohnya dengan mengkonsumsi kunyit, jahe, daun kelor dan tanaman lainnya.

Pada dasarnya, setiap individu memiliki system daya tahan tubuh yang mampu bekerja secara optimal dalam menghalau segala macam benda asing yang berupaya masuk ke dalam tubuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah, tidak selamanya system daya tahan tubuh seseorang berada pada level atau tahap yang optimal, contohnya ketika seseorang mengalami kelelahan, maka bisa dipastikan kondisi imunitasnya sedang rendah dan rentan terkena serangan bakteri atau virus.

Saat ini, banyak dikenal bermacam-macam suplemen atau vitamin yang ‘memamerkan’ kemampuannya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun tahukah anda, bahwa ada obat alami yang berasal dari tumbuhan dan ampuh serta efektif digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Diantara tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas tersebut yaitu :

1. Kunyit

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yang pertama adalah kunyit. Tanaman yang berasal dari golongan empon-empon ini memang sudah dikenal dari zaman dahulu sebagai tanaman herbal seribu manfaat. Dalam kehidupan sehari-hari, kunyit sering digunakan sebagai bahan masakan. Namun ternyata di sisi lain, kunyit juga mampu menyembuhkan berbagai keluhan penyakit bahkan hingga peningkatan imunitas tubuh. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, tanaman kunyit memiliki kandungan berupa curcumin. Curcumin di dalam kunyit memiliki kemampuan sebagai imunomodulator, kemampuan tersebut berkaitan dengan system atau mekanisme pertahanan tubuh manusia. Manfaat lain dari kunyit adalah mampu mencegah reaksi inflamasi atau peradangan.

2. Jahe

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yang kedua yaitu jahe,. Jahe itu sendiri sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena sering digunakan sebagai media pengobatan mulai dari penyakit ringan, bahkan hingga berat. Sama dengan kunyit, jahe juga sering digunakan sebagai bahan masakan. Namun di sisi lain, jahe juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan suhu tubuh, jadi tidak heran jika jahe menjadi bahan baku pembuatan minuman penghangat tubuh. Kandungan berupa gingerol dan shogaol yang terdapat dalam komponen minyak atsiri di dalam jahe memiliki kegunaan untuk antioksidan serta anti peradangan. Sehingga karena kandungan tersebut, jahe dapat mengurangi resiko tubuh terkena infeksi dan serangan bakteri maupun virus.

3. Daun kelor

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

Jenis tanaman ketiga yang masuk dalam tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas adalah daun kelor. Tanaman ini di Indonesia sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Namun tahukah anda ternyata daun kelor merupakan salah satu tanaman yang memiliki kegunaan khususnya dalam hal kesehatan. Di dalam daun kelor terdapat kandungan yaitu berupa asam amino serta anti oksidan yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam peningkatan daya tahan tubuh dan mengembalikan kondisi tubuh pasca sakit.

4. Cabai merah

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

Masih berkaitan dengan tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas, siapa sangka cabai merah memiliki khasiat dalam hal peningkatan kekebalan tubuh lho. Alasan yang membuat cabai merah masuk dalam deretan tanaman herbal untuk peningkatan imunitas yaitu karena kandungan vitamin c dan zat besi. Kedua kandungan tersebut bereaksi menghasilkan kolagen dan pada akhirnya meningkatkan system kekebalan tubuh. Zat antioksidan yang dikandung cabai merah juga ampuh dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

5. Meniran

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yang kelima yaitu tumbuhan meniran. Secara sekilas, tanaman ini memang tampak seperti rerumputan atau tanaman liar yang sering tumbuh di pinggir jalan. Namun tahukah anda, ternyata meniran memiliki kegunaan dalam menambah daya tahan tubuh lho. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementrian Kesehatan RI. Hasil penelitian itu menjelaskan bahwa ekstrak dari tanaman meniran memiliki efek penciptaan daya tahan tubuh pada mencit. Lalu ketika diuji cobakan lebih lanjut, tanaman meniran dapat mengobati sakit TBC, vulvovaginitis, dan hepatitis.

6. Lengkuas

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

Jenis tumbuhan keenam yang masuk kategori tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yaitu lengkuas. Lengkuas merupakan salah satu bahan masakan yang sering kita jumpai di gulai, dan lain-lain. Di dalam lengkuas terdapat kandungan glikosida kuersetin, yang mana kandungan tersebut bermanfaat dalam peningkatan antibody dalam tubuh. Selain itu, aktifitas dari makrofag yang dilakukan oleh lengkuas ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui peningkatan proliferasi sel limposit T.

7. Mengkudu

7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas yang Mudah Didapatkan

tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas yang terakhir adalah buah mengkudu. Buah ini banyak tumbuh di lingkungan sekitar masyarakat. namun siapa sangka ternyata buah yang memiliki aroma kurang sedap ini efektif untuk meningkatkan imun tubuh lho. Diantara kelebihan yang dimiliki buah mengkudu diantaranya adalah, mampu mendorong peningkatan produksi sel limfosit yang ada di dalam tubuh sel limfosit ini selanjutnya berperan dalam menjaga tubuh dari infeksi virus maupun bakteri yang akan masuk. Kehebatan lain dari buah mengkudu adalah mampu mengurangi produksi sitokin interleukin-4 di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa sitokin interleukin-4 ini yang bertanggung jawab apabila ada reaksi berupa alergi serta gangguan yang terjadi pada saluran pernafasan. Saking banyaknya kegunaan mengkudu, ternyata ia juga ampuh untuk melancarkan peredaran darah juga lho.

Demikian adalah 7 tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas dan relative mudah ditemui di sekitar kita. Namun jangan lupa untuk selalu rajin berolahraga di samping rutin mengkonsumsi salah satu tanaman herbal tersebut agar hasil yang didapatkan lebih optimal. 

Bagikan: