5 tanaman yang berkhasiat mengobati sakit gigi

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

5 tanaman yang berkhasiat mengobati sakit gigi

Pernahkah kalian merasakan sakit gigi?. Sakit gigi merupakan hal yang sangat menjengkelkan , kita menjadi sensitive terhadap banyak hal secara tiba-tiba. Sakit gigi terjadi di daerah sekitar gigi dan rahang di area mulut. Penyebab sakit gigi pun bermacam – macam, mulai dari terlalu banyak memakan makanan manis, memakan makanan panas setelah itu minum air dingin, dan menyikat gigi dengan tidak teratur, hal ini akan berdampak kepada kerusakan gigi bahkan akan menyebabkan gigi berlubang. Menurut ahli ,sakit gigi merupakan salah satu gejala ringan penyakit stroke dan jantung. Oleh karena itu ,kita harus waspada terhadap penyakit yang terbilang spele ini.

Mungkin dengan kemajuan teknologi, obat untuk sakit gigi pun sudah ditemukan, begitu juga dengan dokter spesialis gigi yang akan siap membantu Anda saat mengalami masalah pada gigi Anda. Tapi saat sakit gigi tiba – tiba menyerang dan saat itu tidak ada satupun dokter yang buka, apakah Anda akan menahan sakit itu sampai ada dokter yang buka? Tentu tidak bukan. Lantas , Anda lebih memilih mengkonsumsi obat kimiawi? Dalam jangka panjang tentu akan berdampak buruk terhadap tubuh Anda. Obat tradisional atau pengobatan secara alami mungkin menjadi satu-satunya solusi untuk Anda. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan untuk mengobati sakit gigi Anda.

  1. Bawang Putih

Selain sebagai bahan dasar dalam membuat olahan makanan, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Bawang putih mengandung anti bakteri dan analgesic yang cocok digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya dengan siapkan satu butir bawang putih, bersihkan dan tumbuk sampai halus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Atau dengan merendam bawang putih ke dalam air hangat, lalu kunyah bawang putih beberapa menit, setelah itu buang. Penggunaan bawang putih haruslah seimbang dan sesuai dosis karena kandungan lain di dalam bawang putih akan menyebabkan gigi rusak.

  1. Air Teh

Untuk Anda yang mengalami peradangan pada gigi , air teh sangat di sarankan. Teh mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk pembengkakan. Caranya adalah ambil teh lalu seduh dengan air panas. Jangan menggunakan gula atau pemanis apapun , karena yang dibutuhkan hanya air tehnya saja. Gunakan untuk berkumur beberapa kali , diamkan 15 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh pada gusi yang bengkak untuk meringankan peradangan.

  1. Biji Asam Jawa

Untuk ada yang mengalami masalah karang pada gigi, biji asam jawa sangat  pas untuk Anda. Walaupun banyak masyarakat mengenal asam jawa sebagai bumbu masakan khas Indonesia, namun biji asam jawa juga bermanfaat untuk untuk mengobati penyakit pada gigi. Caranya dengan sangria biji asam jawa, lalu tumbuk sampai halus. Bungkus biji asam jawa yang sudah halus ke dalam kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang. Atau bisa dengan mencelup biji asam jawa ke dalam air hangat setelah itu ambil biji asam jawa kemudian tempel pada gigi yang sakit dengan cara menggigitnya.

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan zat anti mikroba, anti jamur, dan anti virus, sehingga saat bermanfaat untuk menghilangkan kuman penyebab sakit gigi. Pengobatannya dengan cara meneteskan beberapa tetes pada gigi yang sakit atau bisa di tempel-tempel pada gigi yang sakit dengan kapas. Setelah itu diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan berkumur – kumur. Atau berkumur dengan minyak cengkeh yang di campur dengan air hangat. Penggunaannya harus hati – hati karena minyak cengkeh memiliki sifat keras dan bisa menyebabkan luka bakar di dalam mulut jika penggunaannya tidak tepat.

  1. Akar Meniran

Tanaman meniran merupakan tanaman yang di kenal di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat, Jepang dan negara lainnya menggunakan tanaman ini sebagai obat kanker hati. Namun, disamping itu meniran juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Kandungan zat anti bakteri yang kuat mampu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Caranya adalah merebus akan meniran, gunakan air rebusan akar meniran untuk berkumur. Lakukan beberapa kali sehari sampai rasa sakit pada gigi hilang.

Namun , saat sakit pada gigi Anda tidak tertolong maka pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang baik.

 

Bagikan: