5 Manfaat Daun Beluntas sebagai obat herbal

by | May 19, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman beluntas merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan rumah. Karena mampu tumbuh dengan rimbun dan tidak terlalu tinggi sehingga sering digunakan sebagai pagar alami bagi masyarakat Indonesia. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu jika dibiarkan mampu tumbuh hingga 3 meter, serta batangnya memiliki banyak cabang. Ciri lain yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu memiliki tangkai yang pendek. Selain itu banyak sekali manfaat daun beluntas yang sangat baik untuk kesehatan .

Daun beluntas ini memiliki keunikan yaitu jika diremas akan mengeluarkan rasa atau aroma yang getir.  Daun dari tanaman ini banyak diolah menjadi bahan pangan, entah sebagai lalapan atau sebagai campuran pepes sebagai lauk. Namun tahukah anda bahwa manfaat daun beluntas cukup beragam lho khususnya di dunia kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti asam chlorogenik, kalium, flavonoid, kalsium, dan masih banyak lagi zat / senyawa aktif di dalamnya yang bermanfaat untuk pengobatan suatu penyakit.

Beberapa diantara manfaat daun beluntas sebagai obat yaitu :

  1. Daun beluntas mampu menyembuhkan gangguan system pencernaan

manfaat daun beluntas yang pertama adalah berkaitan dengan kinerja system pencernaan. System pencernaan yang dimulai dari rongga mulut hingga usus besar akan kerap terkena problem kesehatan jika tidak dijaga dengan baik. Banyak jenis bakteri maupun virus yang mampu menginfeksi organ pencernaan. Gangguan system pencernaan yang sering dialami oleh seseorang yaitu maag, diare, bahkan hingga infeksi usus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada menyatakan bahwa di dalam daun beluntas terkandung minyak atsiri. Yang mana minyak atsiri tersebut memiliki kemampuan dalam menekan pertumbuhan escherechia coli. Perlu diketahui bahwa dari kadar 20 persen minyak daun beluntas diklaim mampu menghambat perkembangan bakteri escherechia coli yang sering menyebabkan gangguan pada system pencernaan.

  1. Daun beluntas dapat mengobati demam

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan keluhan penyakit demam, mulai dari menggunakan obat kimiawi hingga menggunakan obat-obatan herbal. Seperti yang kita tahu bahwa obat kimiawi biasanya memberikan efek samping dan disarankan untuk tidak dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Alternative pilihan untuk mengobati demam yaitu dengan menggunakan obat herbal, salah satunya pakai ramuan daun beluntas. manfaat daun beluntas yaitu berupa Kandungan di dalamnya yang memiliki sifat antipiretik. Zat tersebut mampu meredakan demam. Cara pengolahan ramuan untuk penyembuhan demam yaitu dengan merebus daun beluntas, selanjutnya air hasil rebusan tersebut dikonsumsi secara rutin.

  1. Daun beluntas memiliki manfaat untuk mengurangi bau badan

Poin ketiga berkaitan dengan manfaat daun beluntas yaitu mampu meredakan problem berupa bau badan. Bau badan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang penampilan. Bau badan yang tidak sedap akan menurunkan kepercayaan diri ketika berada di lingkungan orang banyak. Menurut salah satu buku dengan judul Buku Pintar Tanaman Obat, dijelaskan bahwa daun beluntas ini memiliki manfaat untuk mengatasi problem yang berkaitan dengan bau badan. Jenis bau badan yang dapat diatasi menggunakan daun beluntas adalah bau mulut serta bau keringat. Cara untuk mengolah daun beluntas untuk mendapatkan manfaat tersebut yaitu dengan menumbuk daun beluntas yang masih mentah dan selanjutnya lakukan pengukusan. Konsumsilah secara rutin sebagai lalapan untuk mendapatkan hasil optimal.

  1. Manfaat daun beluntas untuk meredakan nyeri datang bulan

Bagi para kaum wanita, sensasi rasa nyeri yang dirasakan ketika memasuki periode datang bulan merupakan suatu hal yang wajar dan biasa. Namun, rasa nyeri ini biasanya akan mengganggu aktivitas bagi sebagian kaum hawa. Ada banyak obat kimiawi yang menyuguhkan kemampuan mengurangi rasa nyeri datang bulan, namun kembali lagi, karena sifatnya kimiawi, maka disarankan untuk tidak dikonsumsi secara terus menerus. Konsumsi obat herbal menjadi opsi alternative terbaik dalam menyembuhkan nyeri haid. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan adalah yang berbahan dasar daun beluntas. Banyak sumber yang telah membuktikan, bahwa dengan mengkonsumsi ramuan daun beluntas bisa menurunkan potensi seseorang merasakan nyeri haid. Cara pengolahannya juga cukup mudah, yaitu langkah pertama adalah siapkan kurang lebih 20 lembar daun beluntas yang masih segar. Setelah itu rebuslah daun tersebut dengan tambahan garam dan asam jawa. Lalu air hasil rebusan tersebut diamkan agar suhunya turun menjadi hangat. Ramuan ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin ketika memasuki periode datang bulan.

  1. Manfaat daun beluntas dapat mengatasi problem keputihan 

manfaat daun beluntas yang satu ini berhubungan dengan organ kewanitaan. Keputihan yang berlebihan merupakan problem yang menyerang organ reproduksi wanita. Ciri dari keputihan ini yaitu ditandai keluarnya cairan dari sebuah kelenjar kecil yang berada di vagina dan serviks. Perlu diketahui bahwa cairan tersebut sebenarnya dikeluarkan setiap hari, dengan tujuan untuk mengangkat sel mati serta kotoran. Kegunaan lain dari keluarnya cairan tersebut yaitu untuk menjaga vagina serta saluran reproduksi agar selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.  Nah yang perlu diketahui adalah ada beberapa jenis keputihan yang berbahaya bagi organ reproduksi. Biasanya berwarna putih kental seperti susu, serta berwarna kuning kehijauan dan mengeluarkan bau tidak sedap, dan tidak jarang menyebabkan sensasi rasa gatal di sekitar vagina. Nah jika problem ini tidak segera diatasi, maka kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah muncul penyakit turunan yang menyerang organ reproduksi, hingga kemandulan. Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit ini yaitu dengan menggunakan ramuan daun beluntas. Kandungan yang dimiliki oleh daun beluntas memiliki karakteristik berupa sifat anti bakteri, sehingga bisa menurunkan potensi infeksi bakteri di organ reproduksi yang menyebabkan penyakit keputihan yang tidak normal.

Demikian manfaat daun beluntas yang bisa anda rasakan jika mengkonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Bagikan: