HomeTanaman Obat14 MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

14 MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

Daun binahong atau daun gondola dikenal masyarakat umum sebagai tanaman hias yang dipajang di rumah. Tapi siapa sangka, ternyata terdapat banyak manfaat daun binahong untuk kesehatan. Tanaman rambat ini sangat mudah ditanam dan tumbuh lebat, asalkan berada di suhu yang teduh dan tak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Daun binahong memiliki nama ilmiah anredera cordifolia.

14 MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

Asalnya bukan dari Indonesia, melainkan dari Korea dan daratan Afrika yang dikenal dengan berbagai nama umum di berbagai negara seperti Malabar Spinach, vine spinach, red vine spinach, climbing spinach, creeping spinach, buffalo spinach dan Ceylon spinach. 

Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiatnya. Berbagai penyakit ringan hingga agak berat bisa diobati dengan memanfaatkan kandungan yang ada didalamnya.

Kandungan yang terdapat di dalam daun binahong yaitu:

  • Total fenol, yang bermanfaat sebagai antiseptik untuk membunuh kuman di dalam tubuh.
  • Protein, yang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh, baik untuk tulang, dan lain sebagainya.
  • Antioksidan, yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas.
  • Vitamin C, yang bermanfaat dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh, baik untuk tulang, serta meningkatkan stamina tubuh.

Beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan:

Asam urat

Manfaat daun binahong bisa menghambat protein xanthine oksidase yang merupakan pemicu asam urat. berikut cara menjadikan tanaman binahong menjadi obat asam urat:

  • Ambil umbi binahong sebanyak 3 potong, dicuci bersih
  • Rebus dengan 5 gelas air, dan airnya kemudian disaring
  • Minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari

Meningkatkan Imunitas dan Stamina Tubuh

manfaat daun binahong selanjutnya yaitu dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan stamina tubuh. Minum saja rebusan selembar daun ini dengan dua gelas air secara rutin.

Mengusir Jerawat

Manfaat daun binahong lainnya juga dapat menyembuhkan jerawat  karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengatasi komedo dan flek hitam. Tumbuk saja daun binahong  dan tempelkan pada jerawat.

Mengurangi Munculnya Mimisan

Tanaman ini bisa dijadikan obat untuk menghentikan serta mengurangi munculnya mimisan. Rebus 4 helai daun dengan 2 gelas air bersih, biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Lalu diminum sehari sekali secara rutin.

Mengobati Gusi Berdarah

Untuk gusi berdarah, rebus 3 helai daun dengan 2 gelas air bersih. Kemudian biarkan hingga tersisa 1 gelas air lalu diminum sehari sekali juga.

Menangkal penyakit kanker

Kanker cenderung menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifatnya yang berbeda. Ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stres oksidatif. Tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Manfaat daun binahong sebagai obat kanker dikarenakan daun binahong adalah sumber kaya anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalamnya memberi manfaat pencegahan kanker. Ditemukan bahwa konsumsi Vitamin A dan flavonoid memberikan perlindungan dari kanker paru-paru. Ada pula vitamin C yang ditemukan pada daun binahong. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang jauh lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

Menyembuhkan Luka Luar

Kandungan yang terdapat pada tanaman ini bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan luka gores pada kulit luar. Caranya dengan menumbuk daun binahong hingga halus.

Setelah itu, oleskan ke kulit yang terluka secara merata. Lakukan berulang kali untuk mengeringkan luka luar tersebut hingga sembuh.

Mencegah penuaan dini

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas dapat memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti Betakaroten, zeaxanthin, lutein, Vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

manfaat daun binahong sebagai anti aging dikarenakan tanaman ini merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah, herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Mengatasi Rheumatik dan Pegal Linu

Manfaat daun binahong juga ampuh untuk mengatasi sejumlah gangguan nyeri pada urat, pegal linu, maupun penyakit rematik. Zat aktif dalam daun ini cukup efektif untuk meredakan gangguan ini.

Untuk cara mengolah hingga mendapat manfaat daun binahong  yang maksimal, baiknya dengan cara menumbuk hingga lembut dan menempelkannya pada tubuh yang sakit. Agar lebih efektif, anda juga bisa merebus daun ini dan diminum dengan dicampur madu.

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Selain menjaga kesehatan organ dalam dan kulit, manfaat daun binahong juga dapat membantu tubuh rileks. Mineral, terutama magnesium dan seng yang terkandung didalamnya akan membantu merilekskan seluruh tubuh dan membuat tidur nyenyak. Magnesium dan seng juga dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

Mengobati Tuberculosis

Untuk penyakit Tuberculosis, rebus lah 7 helai daun dengan 3 gelas air bersih hingga hanya tersisa 1 gelas sarinya untuk diminum.

Mengatasi kolesterol

Manfaat daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Tanaman ini akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah.

Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat.

Kolesterol tinggi yang dibiarkan dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke. Manfaat daun binahong untuk kolesterol juga sangat mudah Anda dapatkan, hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin hingga kolesterol jahat hilang dari tubuh.

Memelihara mata

Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya. Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

Melancarkan pencernaan

Daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Serat sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan sembelit, kembung dan gangguan pencernaan. Nutrisi ini membantu menormalkan pergerakan usus dan mendukung kesehatan usus.

Ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga jantung berfungsi pada puncaknya. Plus, serat dapat menekan nafsu makan dan meneri rasa kenyang dengan cepat, membuatnya ideal untuk pelaku diet.

Mencegah diabetes

Meski bukan salah satu penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Mencegah penyakit jantung

Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan. Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung. manfaat daun binahong juga disebabkan karena kandungan kalium yang memainkan peran penting dengan mempertahankan kadar cairan darah. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, daun binahong memberikan manfaat lengkap untuk jantung dan sistem kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat daun binahong. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here