Jangan geli dulu, ketahui 5 manfaat belut bagi kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Siapa sih yang tidak kenal binatang yang satu ini ?. Hidup bebas di alam, khususnya di perairan sawah membuat belut lebih terkenal di daerah pedesaan. Bentuk tubuh yang menyerupai ular karena tidak berkaki dan memiliki panjang tubuh relatif membuat binatang ini sulit dibedakan dengan reptil berbisa tersebut. Tapi jangan langsung geli dulu karena ada banyak manfaat belut untuk kesehatan. Menurut uji di laboratorium, belut memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat tinggi sehingga banyak manfaat belut bagi kesehatan. Maka dari itu tidak heran jika saat ini banyak yang memburu kuliner super gurih ini. Namun, akhir-akhir ini populasi belut mulai berkurang drastis di alam karena penggunaan pestisida di hampir semua areal persawahan juga ikut mematikan binatang yang satu ini.

Beberapa manfaat belut antara lain :

  1. Kesehatan mata

Ternyata untuk menjaga mata agar tetap bersinar dan sehat tidak hanya melalui wortel dan sayuran lain lho. Siapa sangka jika salah satu manfaat belut juga dapat menjaga kesehatan mata karena belut juga memiliki kandungan gizi besar. Menurut hasil penelitian, belut memiliki kandungan gizi berupa vitamin A yang langsung dapat diserap oleh tubuh kita lho. Berbeda dengan sayuran lain yang harus melewati beberapa tahap metabolisme karena vitamin A yang terkandung masih berupa beta karoten.

  1. Pembentukan protein

Salah satu manfaat belut yaitu sebagai sumber protein bagi tubuh. Kandungan gizi berupa protein yang dimiliki oleh belut sudah tidak diragukan lagi oleh mayoritas masyarakat Indonesia khususnya. Protein itu sendiri bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga proses pembaharuan sel dapat berjalan lebih cepat dan membuat tubuh lebih bugar.

  1. Mencegah anemia

Penyakit yang bisa disebut dengan kurang darah memang tidak bisa diremehkan lagi. Hal ini karena anemia juga merupakan salah satu bagian penyakit yang jika tidak ditangani secara cepat akan menimbulkan akibat yang fatal. Gejala yang ditimbulkan seperti pucat, lemas, dan cepat lelah sangat menganggu kegiatan di setiap harinya. Mengkonsumsi belut adalah salah satu pilihan yang tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa belut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Zat besi merupakan zat kompleks yang menyusun hemoglobin dan langsung berhubungan dengan pembentukan sel darah merah. Maka dari itu untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia bisa juga tuh dianjurkan untuk mengkonsumsi belut secara rutin.

  1. Sumber energi

Tidak kalah dengan zat makanan pembentuk energi paling besar, karbohidrat, bahwa belut juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggii. Sehingga pantas jika disajikan sebagai lauk dalam berbagai hidangan makanan. Dengan mengkonsumsi belut sebagai salah satu campuran makanan akan menambah energi apalagi dianjurkan untuk anda yang sering beraktifitas berat dan berhubungan dengan kegiatan berpikir.

  1. Meningkatkan fungsi reproduksi

Salah satu alasan ini pasti ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan atau anak nih. Nah bagi anda yang merasa sulit dalam memiliki momongan, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi daging belut secara rutin. Karena menurut beberapa sumber terpercaya bahwa belut memiliki peran dalam menyuburkan kesehatan rahim dan membuat sperma menjadi lebih sehat. Maka dari itu proses pembuahan akan lebih mudah terjadi.

  1. Mengurangi resiko kanker

Penyakit mematikan ini sangat ditakuti dan menjadi momok bagi hampir sebagian besar orang. Sebenarnya di dalam tubuh kita memiliki bakal sel kanker, tetapi dalam jumlah yang wajar. Nah bagaimana jika sel kanker ini membelah tak terkendali ? yaitu timbullah penyakit kanker yang biasa kita sebut tumor ganas itu. Nah ternyata belut memiliki kandungan zat arginin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lho, khususnya di bagian payudara. Karena saat ini banyak kasus kematian kaum hawa dikarenakan terkena penyakit kanker payudara. So, buat kalian kaum hawa rajin-rajin mengkonsumsi daging belut ya supaya dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.

            Nah itulah beberapa manfaat belut bagi kesehatan. Bagi kalian yang ingin meningkatkan kesehatan tubuh jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini yaa.

Bagikan: