CARA MEMASAK EDAMAME

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Pernah mencoba atau memasak kacang yang satu ini?. Edamame di wilayah Indonesia familiar dengan sebutan kacang kedelai. Makanan yang kaya akan protein dan omega 3 ini memang patut anda coba cita rasanya. Selain memberikan protein, kacang ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga 9 asam amino yang berguna bagi tubuh. Rasa yang diberikan oleh si kacang kedelai jepang ini memang cenderung manis tapi jika diberi tambahan rasa asin seperti dari garam akan membuat cita rasanya  menjadi gurih dan sedap jika dimakan atau hanya dijadikan camilan. Dengan mengetahui manfaat kacang ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan jenis ini secara rutin. Memasak edamame sangat praktis dan tidak membutuhkan bumbu yang terlalu rumit.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memasaknya adalah edamame mentah atau  beku dan yang paling penting adalah garam. Jangan lupa untuk menyiapkan air sebagai sarana untuk merebus. Nah yang pertama yang harus dilakukan adalah memasak air tetapi air yang dimasak harus sudah dicampurkan dengan beberapa sendok garam. Takaran garam tergantung pada kuantitas air yang dimasak. Semakin banyak air atau kacang ini yang akan dimasak, maka otomatis semakin banyak juga kuantitas garam yang dicampurkan. Sebenarnya garam yang digunakan untuk merebus berguna untuk memberikan rasa gurih pada kacang ini setelah matang. Jangan terlalu banyak mencampurkan garam karena menghindari cita rasa terlalu asin setelah matang.

Langkah kedua yaitu tunggu air dengan campuran garam tersebut hingga mendidih. Jika air rebusan garam tersebut sudah mendidih, masukkan edamame ke dalamnya dengan seluruh bagian tercelup ke dalam air. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum direbus karena dikhawatirkan masih mengandung kotoran dan zat kimia. Waktu perebusan juga harus diperhatikan agar memberikan hasil yang baik. Jika edamame dimasak terlalu lama akan menyebabkan kacang ini lembek begitu juga jika dimasak terlalu cepat akan membuatnya masih dalam keadaan setengah matang atau cenderung mentah. Jika untuk edamame yang berusia muda, karena kulit masih agak muda, maka waktu perebusan hanya sekitar tiga menit saja. Lalu kedua untuk edamame yang segar dan berusia cukup tua, maka waktu yang dibutuhkan adalah berkisar antara lima sampai enam menit. Begitu juga dengan edamame yang sudah dibekukan terlebih dahulu dibutuhkan durasi perebusan sampai lima menit. Jika sudah melewati masa perebusan dan dianggap sudah lumayan empuk, maka angkat dan tiriskan. Tunggu hingga suhunya berkurang. Lalu jika dirasa kurang gurih bisa ditambahkan garam sedikit dan merata. Edamame untuk camilan sederhana siap dihidangkan. Dicampurkan dengan saos atau tambahan penyedap lainnya juga lebih sedap. Selain digunakan untuk camilan, kacang ini juga dapat digunkaan untuk teman makan anda, yaitu sebagai lauk dalam hidangan anda seperti sebagai campuran soup atau campuran masakan lainnya.

Bagikan: