7 Tanaman liar yang kaya manfaat untuk kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman liar sering kali hanya dianggap sebagai tanaman penganggu dan tanaman yang tidak memiliki kegunaan. Selain itu, keberadaan tanaman liar juga selalu diabaikan dan kerap kali diupayakan untuk dibasmi. Kita sering melupakan bahwa Tuhan selalu menciptakan makhluknya tanpa sia-sia dan pasti memiliki kegunaan, sekalipun itu adalah tanaman liar. Tanpa kita sadari, banyak sekali jenis-jenis tumbuhan liar yang sebenarnya memiliki seribu manfaat untuk tubuh kita. Beberapa diantara tanaman liar tersebut yaitu :

Tumbuhan andong

Nama andong sendiri adalah sebutan tanaman ini di wilayah Jawa, sedangkan untuk wilayah lain, tanaman andong juga ternyata memiliki sebutan lain lagi lho. Seperti misalnya di daerah sunda, tanaman ini dikenal dengan nama tanaman hanjuang, berbeda lagi jika di daerah Bali yang banyak mengenal dengan nama tanaman ending. Jika ditinjau dari segi rasa, tanaman andong memiliki sensasi rasa yang cukup manis, segar, namun agak sedikit memiliki cita rasa hambar. Ternyata hampir dari keseluruhan bagian tanaman andong ini memiliki manfaat untuk pengobatan lho.

Beberapa kegunaannya untuk kesehatan yaitu mampu menghentikan pendarahan, memiliki reaksi anti inflamasi sehingga dapat menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak dan memar. Kegunaan lain dari tanaman andong adalah mampu menguatkan janin, sehingga bisa mengurangi potensi seseorang mengalami keguguran. Bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung dan TBC juga sangat disarankan untuk mencoba pengobatan herbal yang berbahan dasar tanaman andong.

Bandotan

Walaupun sering dianggap sebagai gulma dan penganggu tanaman, bandotan ternyata memiliki berbagai khasiat untuk tubuh. Kandungan yang dimiliki oleh bandotan diantaranya berupa potassium klorida, asam amino, firedelin, organacid, beta sitosterol, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan berbagai kandungan zat dan senyawa yang dimiliki bandotan tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti diantaranya adalah menyembuhkan reaksi peradangan atau inflamasi yang menyebabkan bengkak, lalu bisa mengobati bisul, penyakit kulit lain seperti bisul, tenggorokan yang sakit, bahkan hingga radang yang menyerang selaput lender.

Tanaman bakung

Sama seperti jenis tanaman liar lainnya, tanaman bakung memiliki sebutan-sebutan lain di berbagaid daerah. Misalnya di daerah Madura tanaman ini disebut dengan tanaman bakong, lalu di wilayah makassar dikenal dengan nama bakung bug, lebih ke timur yaitu di wilayah ambon disebut dengan dausa, dan masih banyak sebutan lainnya lagi. Hamper keseluruhan dari bagian tanaman ini memiliki kegunaan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Diantara kandungan yang ditemukan di dalam tanaman bakung yaitu tannin, flavonoid, saponindan, krinin, alkaloid, likorin, dan asetilkorin. Sederet kandungan tersebut membuat tanaman bakung dapat digunakan untuk menyembuhkan kondisi bengkak pada tubuh, lalu dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit, menyembuhkan rematik, serta bisa bertindak sebagai peluruh urine.

Cakar ayam

Tanaman cakar ayam banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak. Biasanya peternak kambing akan menggunakan cakar ayam sebagai campuran pakan di samping daun-daunan lain. Cakar ayam memiliki habitat di daerah yang cukup lembab dan sejuk. Beberapa kegunaan tanaman cakar ayam untuk kesehatan dan pengobatan yaitu diantaranya :

  1. Menyembuhkan penyakit kanker paru-paru
  2. Menyembuhkan penyakit pernafasan seperti bronchitis, radang paru-paru, dan batuk
  3. Menyembuhkan penyakit kulit
  4. Dapat menyembuhkan penyakit rematik
  5. Serta dapat menyembuhkan peradangan pada saluran kencing
  6. Tumbuhan antanan

Tumbuhan ini juga sering disebut pegagan. Menurut beberapa sumber sejarah, tumbuhan antanan memang sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat herbal dan banyak digunakan untuk terapi di dataran India maupun dataran di Tiongkok. Menurut beberapa penelitian tanaman antanan berfungsi untuk menyembuhkan masalah kesehatan berupa autism. Kegunaan lain yang dimiliki oleh antanan yaitu dapat menyembuhkan stetchmark yang sering menganggung penampilan. Bagi anda yang memiliki problem berupa warna kulit yang belang-belang akibat ada satu bagian kulit yang lebih banyak terkena sinar matahari, maka sangat disarankan untuk menggunakan tanaman ini dalam menghilangkan problem kulit tersebut. Kehebatan lain yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu dapat bertindak sebagai anti aging, sehingga kulit akan lebih awet muda. Manfaat tanaman antanan juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati sehingga dapat bekerja secara lebih optimal.

Kitolod

Tanaman ini memiliki habitat di tempat yang sejuk dan lembap. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman kitolod yaitu pada bagian batangnya memiliki struktur berkayu, pada bagian kayu tersebut juga terdapat cairan getah. Daun tanaman kitolod memiliki warna hijau dan ukurannya cukup panjang. Pada bagian ujung daun ini memiliki bentuk yang runcing. Keunikan yang dimiliki tanaman ini yaitu bunganya berbentuk hamper seperti lonceng. Kandungan zat dan senyawa pada tanaman ini diantaranya yaitu polifenol, saponin, lobelin, flavonoid, dan masih banyak lagi lainnya. Perlu diwaspadai bahwa tanaman ini bagian getahnya memiliki efek racun. Namun bagian tubuh tumbuhan lain berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya adalah mampu menyembuhkan sakit mata, sakit yang menyerang system pernafasan, memberikan efek anti inflamasi, serta menyembuhkan sakit gigi.

Rumput bamboo

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang bisa ditemukan tumbuh secara liar. Biasanya di daerah Jawa tanaman rumput bamboo dikenal dengan nama rumput rayung. Kandungan yang dimiliki tanaman ini diantaranya adalah asam amino, cylindrin, asam lemak, dan masih banyak zat dan senyawa lainnya. Banyaknya kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang pada tenggorokan, meminimalkan potensi tubuh terkena kanker, serta mampu mengatasi mimisan.

Cek juga tanaman hias gantung yang bermanfaat untuk kesehatan dan tanaman bunga yang berkhasiat untuk kesehatan

Bagikan: