7 Manfaat Daun Kenikir, Sebagai Obat Diabetes Hingga Meningkatkan Imunitas Tubuh

by | May 25, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman kenikir merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai lalapan bagi masyarakat Indonesia khususnya. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Cosmos Caudatus. Menurut sejarah, tanaman kenikir berasal dari wilayah Amerika, namun menyebar ke berbagai negara di dunia, terutama ke Indonesia. Tidak hanya untuk lalapan saja manfaat daun kenikir ternyata dapat menyembuhkan penyakit diabetes,hipertesi, hingga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu memiliki bagian bunga yang berwarna ungu. Pada bagian batang tanaman kenikir, bentuknya cenderung seperti pipa dan terdapat semacam garis membujur. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 1 meter. Aroma khas yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu mirip dengan damar. Aroma ini akan tercium ketika daun kenikir diremas. Tempat yang sangat cocok untuk tumbuh bagi tanaman kenikir adalah dengan iklim yang panas, biasanya berada di dataran rendah. 

Selain berguna untuk menjadi lalapan, ternyata Manfaat daun kenikir beragam lho, khususnya di bidang kesehatan lho. Beberapa kandungan zat dan senyawa baik di dalam tumbuhan kenikir yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu protein, karbohidrat, serat, vitamin B, vitamn C, air, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi lainnya. Tanaman kenikir dikenal dengan sifat antioksidannya yang tinggi, sehingga mampu menjaga tubuh dari penyakit seperti hipertensi, inflamasi, diabetes, dan lain-lain. Penjelasan lebih detail mengenai manfaat tumbuhan kenikir bagi kesehatan akan diulas pada artikel ini. Yuk simak baik-baik manfaat daun kenikir yang jarang orang ketahui. 

1. Daun kenikir efektif dalam mengurangi potensi seseorang terkena diabetes, serta dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Manfaat daun kenikir yang pertama adalah dapat dapat mengobati penyakit gula darah. Diabetes atau yang lebih sering kita kenal dengan penyakit gula ini ada dua macam golongan. Golongan yang pertama adalah diabetes tipe 1 dan golongan kedua adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ini terjadi apabila pada tubuh seseorang kadar gulanya terlalu tinggi. Akibat dari hal tersebut adalah hormone insulin tidak bisa melakukan tugasnya secara efektif. Cara untuk mengobati hal tersebut yaitu salah satunya dengan memanfaatkan ramuan tanaman kenikir. Menurut beberapa studi, tanaman kenikir memiliki kemampuan dalam mengoptimalkan kinerja hormone insulin dalam tubuh. Selain itu, kegunaan lain dari tanaman ini yaitu mampu menghambat penyerapan zat gula atau glukosa di dalam pencernaan. Pada akhirnya adalah kadar gula di dalam tubuh seseorang bisa terkontrol dan stabil.

2. Tanaman kenikir dapat mengobati penyakit hipertensi

Manfaat daun kenikir yang kedua adalah dapat menurunkan tensi darah atau hipertensi. Hipertensi adalah suatu penyakit yang terjadi akibat tekanan darah yang melebihi level normal. Penyakit hipertensi jika tidak segera ditangani maka akan berpotensi melahirkan penyakit kronis lainnya, seperti misalnya stroke yang terjadi karena pembuluh darah pecah di bagian otak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan memanfaatkan daun kenikir. Menurut beberapa studi, daun kenikir mampu memberikan efek yaitu berupa diuretic. Yang mana efek tersebut bertanggung jawab atas penurunan tekanan darah. Bahkan ada satu penelitian yang menyebutkan bahwa kinerja zat di dalam daun kenikir ini hamper sama dengan obat anti hipertensi, yakni golongan ACE inhibitor. 

3. Tumbuhan kenikir dapat membantu menjaga kesehatan tulang. 

Poin ketiga Manfaat daun kenikir yaitu berkaitan dengan kesehatan tulang. Salah satu problem kesehatan yang menyerang kesehatan tulang adalah osteoporosis. Osteoporosis atau yang familiar dikenal dengan sebutan pengeroposan tulang ini dapat disembuhkan dengan menggunakan daun kenikir. Diketahui pada daun kenikir terdapat kandungan berupa antioksidan dan kalsium. Sehingga dengan mengkonsumsi daun tersebut, maka efeknya adalah mampu merangsang pembentukan tulang, serta dapat mengoptimalkan kekuatan tulang. 

4. Tanaman kenikir efektif dalam mencegah perkembangan kanker dalam tubuh

Manfaat daun kenikir selanjutnya mampu menyembuhkan kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit yang ditandai dengan aktivitas pembelahan sel secara abnormal ini dapat dilawan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Salah satu dari jenis bahan pangan yang memiliki antioksidan tinggi adalah tanaman kenikir. Dengan mengkonsumsi daun kenikir, maka secara langsung dapat mecegah radikal-radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh, yang mana biasanya radikal bebas itulah penyebab timbulnya kanker. 

5. Daun kenikir ampuh dalam menyembuhkan penyakit maag

Masih berkaitan dengan Manfaat daun kenikir, poin selanjutnya adalah mampu menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh asam lambung, yap yaitu penyakit maag. Gejala penyakit maag yang sering dirasakan yaitu berupa nyeri di ulu hati, mual, kembung, serta dada terasa sesak akibat naiknya asam lambung. Saat ini maag masuk dalam deretan penyakit mematikan di dunia. Untuk terhindar dari penyakit ini, anda bisa memulainya dengan rutin mengkonsumsi ramuan daun kenikir. Kandungan di dalam daun kenikir yaitu berupa tokoferol dipercaya mampu meyembuhkan penyakit maag. Hal ini disebabkan karena senyawa tersebut memiliki kemampuan dalam mengontrol asam lambung.

6. Tanaman kenikir dapat digunakan untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh

Baik melangkah menuju Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Berbagai macam jenis racun yang terkandung di dalam tubuh harus segera dikeluarkan, yaitu melalui system ekskresi. Apabila racun didiamkan di dalam tubuh, maka bukan tidak mungkin seseorang akan menderita berbagai macam penyakit. nah salah satu cara untuk meluruhkan racun tersebut yaitu dengan memanfaatkan daun kenikir. Di dalam tumbuhan ini terdapat berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin E, vitamin C, bahkan hingga flavonoid. Yang mana ketiga kandungan tersebut memiliki kegunaan untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

7. Tanaman kenikir berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kenikir yang terakhir adalah meningkatkan imunitas tubuh. System kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga karena mampu mencegah berbagai infeksi virus maupun bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Berbagai macam suplemen menawarkan kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Namun ada acara alami yang bisa anda coba untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho, yaitu dengan memanfaatkan tanaman kenikir. Senyawa dan zat yang ada di tanaman kenikir dan bertanggung jawab dalam mengoptimalkan system daya tahan tubuh yaitu berupa vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Bagikan: