Anda Terkena Anemia?. Yuk, konsumsi 4 ramuan alami ini untuk penambah darah

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Pusing adalah suatu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini termasuk penyakit yang ringan karena ada kasus dimana Anda tinggal istirahat sebentar saja maka pusing bisa hilang. Namun jika Anda terus menerus merasakan pusing, bisa jadi itu merupakan suatu gejala akan penyakit lain yang lebih serius. Memang ada beberapa penyakit yang mempunyai gejala pusing. Penyakit-penyakit tersebut adalah hipertensi (tekanan darah tinggi) serta anemia (kekurangan darah). Jika gejala pusing ini semakin parah, maka sebaiknya Anda mulai banyak mengonsumsi makanan penambah darah, obat penambah darah, buah penambah darah, dan sayuran penambah darah. Jika Anda sering merasa mudah lelah, lemas, dan merasa lesu, itu bisa menjadi pertanda bahwa kita memiliki penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah kita. Karena itulah cara untuk mengatasi penyakit yang terkait dengan pusing akibat kekurangan darah adalah dengan cara mengonsumsi makanan penambah darah atau obat penambah darah sehingga hemoglobin dalam tubuh Anda akan naik.

Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dan protein ini terdapat pada sel darah merah. sel darah merah mempunyai peranan yang penting untuk mengangkut oksigen dalam tubuh kita. Jika kita kekurangan sel darah merah maka akan terjadi kekurangan darah atau anemia, perdarahan, dan infeksi. Anemia juga dapat terjadi apabila tubuh Anda kekurangan vitamin B1, vitamin C, serta asam folat. Anemia dapat diobati dengan cara mengonsumsi makanan penambah darah seperti daging, ikan laut dan kacang-kacangan, tak lupa pula mengonsumsi obat penambah darah, buah penambah darah, dan sayuran penambah darah.

Nah, kali ini saya akan membahas ramuan herbal apa saja yang dapat menambah darah Anda. Ramuan tersebut adalah sebagai berikut:

Bayam merah

 Bayam merah kaya akan zat besi yang diketahui mampu menambah darah. Kuning telur, meski dianggap menakutkan karena dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang tinggi kaya akan gizi yang mampu menaikkan kadar hemoglobin. Sedangkan penyedap makanan seperti kencur dan kunyit, diketahui berkhasiat menambah nafsu makan dan menyembuhkan gejala sembelit. Dengan bahan-bahan tersebut, Anda dapat meraciknya menjadi jamu tradisional anti anemia,  sebagai berikut:

Bahan:

1 jari rimpang kencur
1 jari rimpang kunyit
7 helai bayam merah
1 butir telur ayam kampung

Cara membuat:

Kupas kencur dan kunyit. Cuci keduanya ditambah bayam, lalu tumbuk hingga halus sambil diberi air matang sedikit demi sedikit. Kira-kira satu gelas. Setelah itu peras dan saring. Saat akan diminum, beri 1 kuning telur dan sedikit madu. Minum ramuan ini satu kali sehari, pada sore hari. Ramuan ini jangan diminum tiap hari, tapi cukup 2 hari sekali.

Teh jelatang

 Tanaman obat bernama jelatang in memiliki banyak khasiat. Tanaman bernama lain stinging nettle ini mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Ada pula kandungan zat besi yang baik untuk mengobati anemia. Tanaman ini juga mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk mengatasi keletihan dan mengobati sendi. Jelatang memiliki batang dan daunnya berbulu halus. Cuci bersih tanaman ini sebelum digunakan. Lalu rebus selama 15 menit hingga warna air hijau muda. Minumlah teh jelatang ini dua gelas sehari untuk mengatasi anemia yang menyerang Anda. Selain membuat sendiri, Anda bisa juga membeli yang praktis dan tinggal seduh. Teh jelatang praktis ini bisa dibeli di toko online dengan harga sekitar Rp. 120.399 per kilogram.

Jus apel

Apel tak kalah bermanfaat dari stroberi untuk mengatasi anemia. Seperti yang diketahui, buah apel kaya akan beta karoten, vitamin, serta zat besi yang baik untuk mengobati anemia. Zat besi mampu meningkatkan kadar hemoglobin sehingga tubuh bisa lebih cepat pulih dari anemia. Kini Anda bisa membeli bubuk jus apel di Bukalapak dalam kemasan 400 gram. Bubuk jus apel ini dibanderol Rp. 155.678. Campurkan 3 sendok makan bubuk jus apel dengan air dingin, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Anda bisa juga membuat sendiri jus buah apel. Caranya mudah saja. Cukup memblender satu buah apel dengan satu sendok makan gula dan air. Sajikan selagi dingin agar jus terasa lebih segar.

Jus alpukat

 Buah Alpukat digemari oleh semua usia. Selain rasanya yang lembut dan enak, buah ini mengandung banyak lemak nabati yang baik untuk tubuh. Buah ini ternyata juga baik untuk mencegah anemia karena mengandung zat besi, fosfor, serta kalium. Di samping vitamin A, C, serta B1. Untuk membuat jus alpukat tidak perlu ribet. Siapkan alpukat berukuran sedang untuk diblender bersama susu kental manis dan air matang secukupnya. Tambahkan gula jika suka. Jika tak mau ribet bisa saja mengunjungi online shop. Di sana ada jus alpukat siap saji berukuran 300 gram. Harganya hanya Rp. 20.320.

Itulah beberapa ramuan penambah darah yang mudah Anda dapatkan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

 

Bagikan: