HomeCara KonsumsiTIPS DAN CARA MASAK PARE AGAR TIDAK PAHIT

TIPS DAN CARA MASAK PARE AGAR TIDAK PAHIT

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara masak pare agar tidak pahit, mengingat bahwa pare sendiri merupakan salah satu jenis labu-labuan yang memiliki rasa yang pahit. Tumbuhan yang satu ini dikabarkan berasal dari wilayah Asia Tropis, rasa pahit yang berada dalam pare inilah yang membuat sebagian orang-orang kurang menyukai makanan yang satu ini. Meskipun memiliki rasa yang pahit, akan tetapi dibalik rasa pahitnya pare itu mengandung beragam nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. 

Cek juga : Manfaat sayur pare untuk kesehatan

Nutrisi yang terkandung dalam pare diantaranya fosfor, kalsium, serat, karbohidrat, kalori, protein, zinc, natrium, retinol, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi yang beragam dalam pare bermanfaat untuk mengontrol gula darah, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kesehatan tulang, hingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Meskipun pada umumnya pare memiliki rasa yang pahit, akan tetapi rasa pahit dalam pare bisa hilang asalkan dengan cara pengolahan yang baik. 

Cek juga : Cara menanam pare

Berikut beberapa cara masak pare agar tidak pahit.

Pemilihan Pare

Cara masak pare agar tidak pahit yang pertama hal yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan pare yang akn diolah. Meskipun pada umumnya semua jenis pare memiliki rasa pahit, akan tetapi intensitas kepahitannya berbeda-beda tergantung kematangan, warna, dan juga ukuran pare tersebut. Baiknya dalam kematangan memilih pare yang masih muda dibandingan yang sudah tua, hal ini disebabkan karena ras pahit akan semakin bertambah seiring bertambahnya usia pare tersebut, ciri pare yang sudah tua yaitu kulitnya yang lebih keras. Dalam menentukkan warna, warna pare yang masih muda biasanya berwarna hijau gelap, dan jika pare yang sudah tua akan cenderung memudar warnanya. Untuk pemilihan ukuran pare, dianjurkan untuk memilih pare dengan ukuran lebih kecil karena pare yang berukuran besar memiliki tingkat ras apahit yang melebihi ras pahit pare yang masih kecil.

Cara Membersihkan Pare

Cara masak pare agar tidak pahit yang selanjutnya yaitu perlu diperhatikan cara mebersihkannya, berdasarkan beberapa informasi menyatakan bahwa cara masak pare agar tidak pahit yaitu dengan mengikis bagian permukaan pare tersebut. Kita bisa menggunakan pisau untuk membuang kulit luarnya sampai permukaan halus. Kemudian belah pare tersebut menjadi dua bgaian dan buang biji dan bagian tengahnya yang berwarna putih dengan sendok.

Potong Tipis-Tipis

Memotong pare tipis-tipis adalah salah satu cara masak pare agar tidak pahit. Semakin tipis potongan pare yang akan di olah, ras apahitnya akan lebih sedikit. Apalgi jika kita memasak pare tersebut dengan cara di tumis maka akan membantu meminimalisir rasa pahitnya tersebut karena sari-sari pare akan keluar dan membaur dengan bumbu masakan.

Rendam Menggunakan Garam

Yang selanjutnya yaitu merendam dengan air garam, garam dapat membantu meminimalisir rasa pahit yang ada dalam pare karena garam tersebut akan mengeluarkan sari pahit yang terdapat dalam pare. Kita tinggal mengiris pare tersebut dengan tipis-tipis, kemudian masukan ke wadah dan beri air secukupnya hingga pare tersebut terendam, kemudian beri garam dan diamkan selam kurang lebih 20 hingga 30 menit. Pastikan kita menggunakan garam yang cukup banyak agar rasa pahit dalm pare dapat berkurang. Setelah di diamkan selama 20 hingga 30 menit, siram sare tersebut menggunakan air panas lalu bilas hingga bersih, lakukan penyiraman tersebut 3 kali untuk memastikan berkurangnya ras apahit yang terdapat dalam pare.

Rebus dengan Daun Jambu Biji

Cara yang selanjutnya agar mengurangi rasapahit dalam pare yaitu dengan merebus bersama dengan daun jambu biji. Rasa sepat yang ada dalam daun jambu biji dipercaya dapat menetralkan rasa pahit dalam pare. Dengan merebus pare bersamaan beberapa daun jambu biji hingga mendidih selama kurang lebih 5 menit, tiriskan dankemudian bilas lagi menggunakan air bersih sebelum akhirnya di olah.

Rendam dengan Yoghurt

Cara masak pare agar tidak pahit yang selanjutnya yaitu dengan merendam dengan yoghurt. Disamping keberagaman manfaat yoghurt, ternyata produk fermentasi yang satu ini juga dikabarkan bisa membantu meminimalisir rasa pahit dalam pare. Banyak orang-orang yang yakin jika dengan merebus pare menggunakan yoghurt selama 1 jam dapat mengurangi rasa pahit pare tersebut.

Rendam dengan Gula, Garam, Cuka

Merendam pare dengan gula, garam, atau cuka merupakan salah satu metode cara masak pare agar tidak pahit. Dengan merebus pare yang sudah diiris sebelumnya dengan mencampurkan cuka putih, gula, dan garam, kemudian merebusnya sampai mendidih, tiriskan, kemudian bilas dengan air bersih dipercaya dapat mengurangi rasa pahit pare tersebut.

Rendam dengan Air Asam

Pada umumnya asam jawa biasa digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Ternyata tidak hanya itu, asam jawa juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa pahit dalam pare. HKita hanya perlu merendam pare yang sudah diiris bersamaan dengan air asam selama kurang lebih 30 menit, merupakan salah satu cara memasak pare supaya tidak pahit, akan tetapi dampaknya pare akan lebih layu dan kurang renyah ketika di makan.

Olah dengan Bumbu Pedas/Gurih

Cara masak pare agar tidak pahit yang terakhir yaitu dengan mengolahnya dengan bumbu pedas atau gurih. DEngan cara diolah seperti berikut akan mengurangi rasa pahit yang ada dalam pare karena tercampur dengan rasa pedas atau gurih tersebut. 

Inilah cara masak pare agar tidak pahit, rasa pahit yang ada dalam pare bisa diminimalisir dengan beberapa cara asalkan kita mengolahnya dengan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here