HomeTanaman ObatPENTING! INILAH 10 MANFAAT DAUN KATUK UNTUK IBU HAMIL YANG TIDAK BANYAK...

PENTING! INILAH 10 MANFAAT DAUN KATUK UNTUK IBU HAMIL YANG TIDAK BANYAK DIKETAHUI

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil sangat banyak diantaranya dapat membantu melancarkan ASI, menjaga kesehatan jantung, kesehatan mata, mengatasi anemia, dan lainnya.Manfaat daun katuk untuk ibu hamil sendiri merupakan jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat khususnya untuk ibu hamil. Daun katuk memiliki sebuah ciri khas pada daun nya yaitu berukuran kecil dan berwarna hijau tua, serta ada sedikit corak berwarna perak di bagian tengah daun nya. 

Cek juga: Makanan sehat untuk ibu hamil

Daun katuk sering dijadikan olahan masakan yang sangat enak, dijadikan teh herbal hingga suplemen. Kandungan nutrisi dalam daun katuk sudah tidak diragukan lagi karena daun yang satu ini dikenal memiliki manfaat yang beragam. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun katuk diantaranya yaitu zinc, folat, kalium, magnesium, kalsium, protein, serat, dan masih banyak lagi nutrisi yang baik untuk tubuh tidak terkecuali untuk ibu yang sedang mengandung. 

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil diantaranya sebagai berikut.

Melancarkan ASI

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat membantu melancarkan ASI. Produksi Air Susu Ibu (ASI) sangatlah penting untuk ibu hamil, karena ASI merupakan sumber nutrisi pertama untuk calon bayi yang baru lahir. Untuk melancarkan ASI itu sendiri bisa dengan mengkonsumsi daun katuk. Karena daun katuk mendiri memiliki kandungan kimia sterolinhayasiang yang bisa membantu memberikan efek hormonal yang merangsang produksi susu.. Tidak hanya itu, daun katuk juga mengandung asam amino, zat besi, fosfor, vitamin B, dan vitamin C yang bermanfaat untuk melembutkan tekstuk ASI. Maka dari itu, daun katuk sangat baik dikonsumsi khususnya untuk ibu hamil dan menyusui.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang selanjutnya dapat mencegah penyakit jantung, kandungan dalam daun katuk diyakini efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dan dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung. Daun katuk juga mengandung kalsium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti halnya sayuran wortel, daun katuk juga bisa membantu menjaga kesehatan mata khususnya untuk ibu hamil. Kandungan vitamin A pada daun katuk mempunyai peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu mencegah penyakit mata. Ibu hamil bisa mendapatkan semua manfaat itu hanya dengan mengkonsumsi sayur daun katuk secara rutin. 

Cek juga : Obat sakit mata belekan dan faktor penyebab

Mengatasi Anemia

Tidak hanya sampai disitu, manfaat daun katuk untuk ibu hamil juga salah satunya dapat membantu mengatasi anemia. Anemia merupakan situasi dimana jumlah sel darah merah lebih rendah dari batas normal yang ditentukan, yang menyebabkan seseorang tersebut sering merasa pusing, mudah lelah, dan juga sulit berkonsentrasi. Hal tersebut dapat terjadi juga pada ibu-ibu hamil, maka dari itu penting untuk kita selalu menjaga asupan nutrisi agar tidak kekurangan sel darah merah. 

Untuk memenuhi asupan nutrisi tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun katuk, karena dapat membantu meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, yang nantinya dapat meminimalisir timbulnya penyakit kronis pembuluh darah. Yang berarti mengkonsumsi daun katuk secara teratur dapat mengatasi timbulnya anemia. Akan tetapi tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, karena bagaimanapun juga sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik untuk tubuh.

Cek juga : Ramuan penambah darah bagi penderita anemia

Menurunkan Risiko Ostoeporosis

Berkurangnya kepadatan tulang dinamakan Osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan lama kelamaan bisa patah, dan hal ini banyak terjadi pada kalangan dewasa dan lanjut usia, tidak terkecuali pada ibu hamil. Untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis, dapat dibantu dengan daun katuk yang satu ini. Kandungan kandungan kalsium dan zat besi yang terdapat pada daun katuk dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, dan juga menjaga kesehatan gigi dan tulang. Jangan lupa konsumsi daun katuk ini secara teratur dan sudah dimasak.

Membantu Pertumbuhan Organ Tubuh Janin

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu bisa membantu dalam pertumbuhan organ tubuh janin, mengingat bahwa masa kehamilan adalah masa yang sangat krusial bagi janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.Kandungan nutrisi pada daun katuk dapat membantu pertumbuhan jaringan, otak janin, dan juga plasanta. 

Menstimulus Hormon Selama Kehamilan

Manfaat yang selanjutnya yaitu menstimulut hormon selama masa kehamilan. Daun katuk mengandung zat yang dinamakan phytochemical, zat tersebut dapat menstimulus pertumbuhan hormone steroid yang di dalamnya mengandung hormone progesterone, estrogen, estradiol, testosterone, dan juga hormon glucocortiroid 

Mencegah Influenza

Masa kehamilan adalah masa yang sangat sensitif dan perlu perhatian ekstra agar ibu dan janin dalam kandungan tetap dalam keadaan sehat. Mengingat daun katuk mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit seperti influenza. Dan mengandung efedrin yang berfungsi untuk menghadapi serangan influenza tidak terkecuali untuk ibu hamil.

Cek juga : Obat alami batuk pilek untuk dewasa

Mengontrol Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang dilakukan oleh Sias dan Srividy, menjelaskan bahwa daun katuk dapat berdampak terhadap kadar gula darah manusia. Seseorang yang mengkonsumsi daun katuk memiliki kadar glikemik darah lebih rendah dari pada yang tidak.

Cek juga : Mengenali penyakit diabetes dan 4 fakta tentangnya

Mendetoksifikasi

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang terakhir yaitu membantu mendetoksifikasi tubuh. Kandungan klorofil yang terdapat pada daun katuk efektif membantu membuang racun dalam tubuh, kandungan klorofil yang tinggi membantu membersihkan racun dari sel-sel jaringan di tubuh.

Berikut manfaat daun katuk untuk ibu hamil, daun katuk sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai manfaat khususnya untuk ibu hamil, akan tetapi tetap harus dikonsumsi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here