HomeTips SehatINGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Pemilihan menu makan malam untuk diet merupakan salah satu hal yang penting untuk di perhatikan. Karena prinsip utama menurunkan berat badan adalah memastikan kalori yang terbakar dalam tubuh lebih besar dibandingkan dengan kalori yang masuk. Selain memilih makanan yang kaya akan nutrisi, penting juga untuk memastikan bahwa makanan tersebut tidak akan menimbun lemak atau meningkatkan berat badan yang tinggi, mengingat bahwa tidak semua jenis makanan dapat dijadikan menu makan malam untuk diet.

Cek juga : Makanan pendamping diet sehat

Berikut 10 menu makan malam untuk diet tetapi tetap sehat.

Alpukat

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Menu makan malam untuk diet yang pertama yaitu alpukat (tanpa tambahan gula). Meskipun kita tahu bahwa buah yang satu ini mengandung banyak lemak, akan tetapi lemak yang terdapat dalam alpukat ini lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Beberapa studi menyebutkan bahwa lemak tersebut dapat membantu menurunkan berat badan khususnya untuk orang yang sedang dalam program diet. Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam alpukat membantu menurunkan kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kolesterol baik.

Cek juga : Manfaat alpukat untuk kesehatan

Salmon dan Tuna

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Menu makan malam untuk diet yang selanjutnya adalah salmon dan juga tuna, meskipun terkenal akan kandungan lemaknya, salmon dan juga tuna justru tidak membuat berat badan menjadi naik. Ikan-ikan tersebut mengandung protein yang dapat membuat kita menjadi kenyang lebih lama.Tidak hanya itu, ikan tersebut juga mengandung yodium dan juga mineral yang sangat penting untuk tubuh untuk fungsi tiroid. 

Kentang Kukus

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Menu diet yang selanjutnya yaitu kentang kukus. Kentang biasa menjadi pengganti nasi selama diet, hal ini disebabkan karena dapat membuat perut menjadi lebih cepat kenyang dan juga mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat kita mengukus kentang, dianjurkan untuk membiarkan kentang tersebut hingga agak dingin, karena akan memicu pembentukan serat yang beguna untuk membuat kita kenyang lebih lama serta membantu mempercepat dalam penurunan berat badan. 

Sup Bening

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Sup bening adalah salah satu makanan yang rendah akan kalori, akan tetapi memiliki kandungan air dan zat gizi yang cukup tinggi. Khususnya untuk orang yang sedang diet dapat terpenuhi kebutuhan gizinya dan merasa cepat kenyang tanpa harus mendapatkan kalori yang berlebihan. Untuk protein dan sayurnya diperbolehkan apa saja, asalkan gunakaqn kuah bening berbahan kaldu, dan pastikan tidak mengandung banyak lemak seperti contohnya sup krim atau sup dengan tambahan santan.

Daging Panggang

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Perlu diingat bahwa daging sapi dan juga ayam tidak menjadi pantrangan untuk diet. Daging ini justru bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan protein yang tinggi yang terdapat dalam daging. Protein tersebut merupakan zat gizi yang palingmenyenangkan dan dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, berdasarkan penelitian yang terdapat dalam jurnal Obesity menjelaskan bahwa  asupan protein bisa membantu seseorang merasa lebih lama kenyang dan mengurangi rasa lapar. Dikarenakan asupan protein dapat menurunkan berat badan sampai dengan 0,45 kg dalam seminggu. 

Telur Rebus

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Makanan selanjutnya untuk menu diet makan malam yaitu telur rebus. Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk diet, hal ini dikarenakan kandungan protein dan juga lemak yang menyehatkan untuk membantu program diet. Selain memiliki manfaat yang beragam, dengan makan telur rebus dapat mengenyagkan, jadi akan merasa lebih lama kenyang. Selain itu, kuning telur mengandung hampir semua jenis zat gizi, mengingat bahwa banyaknya manfaat dari kuning telur tersebut hingga dapat membantu memenuhi kebutuhan harian diat seseorang atau orang yang sedang menjalankan program diet.

Cek juga : Manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan

Sayuran Berbonggol

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Selain jenis makan-makanan diatas, sayuran berbonggol juga dapat menjadi salah satu menu makan malam untuk diet. Sayuran berbonggol seperti kol, brokoli, atau kembang kol merupakan jenis-jenis sayuran yang sangat padat akan kandungan seratnya. Tidak hanya itu, sayuran berbonggol juga merupakan sayuran dengan protein tinggi meskipun tidak sebanyak dengan produk hewani. Kandungan serat dan juga protein yang terdapat dalam sayuran berbonggol dapat menjadikan kita tetap kenyang dan juga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Paprika

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Menu makan malam untuk diet yang selanjutnya adalah paprika. Buah-buahan yang memiliki warna yang berwarna-warni ini memmiliki kandungan nutrisi yang beragam dan juga memiliki manfaat salah satunya sebagai penurunan berat badan yang besar. Berdasarkan sebuah studi di BMJ pada tahun 2016, para peneliti itu melihat bagaimana paprika mempengaruhi penurunan berat badan. Selama periode empat tahun, dengan memakan buah-buahan dan juga sayuran yang dikemas paprika dapat membantu menurunkan berat badan

Kacang Polong

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Kacang polong menjadi salah satu menu makan malam untuk diet. Sebagian besar orang kekurangan asupan serat, dan dengan makan yang berbahan dasar kacang bisa membantu orang yang sedang diet tersebut merasa lebih kenyang. Dan mereka makan sebanyak 13 persen  lebih sedikit. 

Pasta

INGIN DIET SEHAT? BERIKUT 6 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET

Menu makan malam untuk diet yang terakhir yaitu pasta. Berdasarkan sebuah penelitian di Italia yang sudah dilakukan sebelumnya, menyebutkan bahwa lebih dari 20 ribu orang melaporkan bahwa makan pasta bisa menjadi salah satu menu makan malam untuk diet, orang-orang tersebut memiliki berat badan yang lebih sedikit dan juga lingkar pinggang serta pinggul yang lebih kecil. Akan tetapi mereka merujuk pada penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa diet yang dipenuhi kandungan karbohidrat dan juga sayuran bisa membantu mengurangi risiko obesitas dan lemak perut.

Cek juga : Cara diet sehat dan murah

Berikut ulasan mengenai 10 menu makan malam untuk diet, selamat mencoba dan semoga bermnafaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here