HomeTanaman ObatINGIN CEPAT HAMIL? BERIKUT 8 MAKANAN YANG DILARANG UNTUK PROGRAM HAMIL

INGIN CEPAT HAMIL? BERIKUT 8 MAKANAN YANG DILARANG UNTUK PROGRAM HAMIL

Khususnya untuk wanita yang ingin hamil, makanan yang dilarang untuk program hamil haruslah diperhatikan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan kesuburan, salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan mendukung program hamil. Karena makan tidak hanya semata untuk memberi energi pada tubuh, tetapi juga menutrisi tubuh dan dapat membantu meningkatkan kesuburan khususnya pada wanita. Nutrisi yang paling utama dibutuhkan oleh tubuh yaitu diantaranya vitamin, lemak sehat, karbohidrat, mineral, serta protein. 

Cek juga : Ingin cepat hamil?. Kenali kalkulator menghitung masa subur

Ketika seorang wanita sedang menjalankan program hamil, diusahakan harus mengkonsumsi beragam nutrisi tambahan untuk mendukung program hamil tersebut. Dalam mendukung program hamil, makanan yang baik dikonsumsi untuk wanita yang akan melakukan program hamil yaitu diantaranya sayuran hijau, alpukat, telur, susu, madu, buah zuriat, greek yoghurt, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, tidak semua makanan yang sehat termasuk kedalam makanan yang baik untuk program hamil ada beberapa makanan sehat yang malah dapat berisiko menurunkan peluang untuk hamil, maka dari itu kita harus pintar dalam memilih makanan yang dapat menunjangkeberhasilan program hamil tersebut.

Cek juga : makanan sehat untuk ibu hamil

Berikut makanan yang dilarang untuk program hamil.

Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan yang dilarang untuk program hamil yang pertama yaitu makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Meskipun selalu menggugah selera dan menambah nafsu makan, makanan manis justru termasuk dalam kategori makanan yang dilarang untuk program hamil. Hal tersebut disebabkan karena, makanan manis dengan kadar gula yang tinggi bisa menyapu atau membersihkan nutrisi dalam tubuh wanita untuk hamil. Ketika seseorang Naik kadar gula darahnya dapat menimbulkan meningkatkan kadar insulin yang ada di tubuh sehingga dapat memberi dampak buruk untuk indung telur atau ovarium

Makanan mengandung Lemak Trans

Jenis makanan yang dilarang untuk program hamil yang selanjutnya yaitu makana yang mengandung lemak trans, makana yang biasanya mengandung lemak trans diantaranya seperti junk food, yang terbukti secara ilmiah bisa memberi dampak negatif pada orang yang sedang melakaukan program hamil. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak trans dapat menimbulkan ketidaksuburkan pada wanita. 

Bahkan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dnegan kandungan 2% bisa berdampak pada kesuburan wanita sampai dengan 75%. Dampak negatif lainnya dari lemak trans tersebut yaitu dapat meningkatkan kadar kolesgterol dalam tubuh, serta meningkatkan berat badan, hingga menghambat produksi insulin yang nantinya akan mengganggu proses produksi hormon. 

Mengandung Kafein

Yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung kafein, tidak hanya dalam minuman teh atau kopi, kafein sendiri dapat kita temukan di makanan salah satu contohnya seperti coklat. Menurut sebuah riset menjelaskan bahwa, wanita yang banyak mengkonsumsi kafein sebanyak 500 mg per harinya, diharuskan menunggu selama kurang lebih sampai 9,5 bulan lebih ama agar bisa hamil. 

Berkarbohidrat Tinggi

Makanan yang dilarang untuk program hamil berikutnya yakni jenis makanan yang tinggi akan karbohidrat. Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan salah satu nutrisi bagi tubuh sebagai sumber tenaga. Akan tetapi, dibalik kelebihannya itu mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat memicu berat badan yang berlebih, dsamping itu juga mengkonsumsi karbohidrat dengan berlebihan dapat menurunkan kesuburan wanita yang nantinya akan menyebabkan wanita susah hamil. Menurut sebuah penelitian mengemukakan bahwa, semakin banyak mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan, maka akan semakin tinggi pula risiko infertilitas atau ketidaksuburan.

Kacang Kedelai yang belum di Fermentasi

Kacang kedelai mengandung fitoestrogen yang bisa mengganggu kadar hormone dan juga masalah kesuburan pada wanita. Maka dari itu diusahakan kita harus mengurangi untuk mengkonsumsi kacang kedelain khususnya yang belum di fermentasi.

Kacang Polong

Makanan yang dilarang untuk program hamil adalah kacang polong. Meskipun mempunyai rasa yang gurih dan lezat, makanan yang satu ini perlu dihindari untuk sebagian wanita yang ingin hamil. Seperti kacang kedelai, kacang yang satu ini juga memiliki kandungan komponen kimia tertentu yang berpotensi menghambat proses perjalanan sperma dalam membuahi sel telur. Bahkan, berdasarkan beberapa infomasi menyebutkan bahwa kacang polong ini merupakan KB alami.

Protein Hewani yang Mentah

Protein hewani contohnya daging mentah, atau makanan laut lainnya sebaiknya harus dihindari atau dikurangi jika kamu ingin melakukan program hamil. Kandungan bakteri salmonella yang terdapat pada produk-produk tersebut dpat menimbulkan diare, demam, keram perut, hingga muntah. 

Kemudian unsur bakteri lainnya yang terdapat dalam protein hewani mentah yaitu jenis bakteri coliform yang bisa menyebabkan infeksi pada ususindividu dan toksoplasmosis yang menyebabkan nyeri otot, pembengkakan kelenjar, juga menimbulkan flu. Jenis-jenis bakteri tersebut dapat menbahayakan janin, hal ini disebabkan karena dapat menginfeksi area plasenta. Maka dari itu, penting untuk memasak produk hewani dengan baik.

Popcorn

Makanan yang dilarang untuk program hamil yang terakhir yaitu popcorn, popcorn manis atau yang asin perlu dibatasi jika kamu sedang menjalankan program hamil. Berdasarkan beberapa informasi menyatakan bahwa  lapisan kemasan pada popcorn terdapat kimia sintetisyang disebut sebagai perfluo rooctanoic yang dikenal sebagai PFOA. PFOA ini dikaitkan dengan kanker payudara dan juga prostat, serta berkemungkinan perempuan mengalami risiko infertilitas. Disamping itu, kandungan tinggi garam pada popcorn bisa menimbulkan tekanan darah.

Berikut informasi mengenai makanan yang dilarang untuk program hamil, untuk menunjang keberhasiln program itu sendiri kita perlu pintar dalam memilah dan memilih makanan atau nutrisi yang tepat untuk mendukung proses program hamil tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here