Empat fakta dan manfaat kulit manggis serta cara pengolahannya

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Manggis merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Buah manggis yang memiliki daging buah lembut serta manis ternyata tidak hanya menyimpan kelezatan saja lho, tetapi juga mengandung berbagai macam khasiat yang berguna bagi tubuh. Salah satu bagian dari buah manggis yang kini diburu dan juga dikonsumsi oleh masyarakat adalah kulitnya. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan, kandungan ini mampu menghambat dan menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain kandungan antioksidan, senyawa lain yang turut dimiliki oleh kulit manggis berupa anti inflamasi atau anti peradangan, anti penuaan, bahkan hingga anti diabetic. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki oleh kulit manggis :

Cocok untuk membantu diet

Sebuah studi yang ditulis oleh Chae HS et al (2016) yang dirilis pada Journal Med Food membuktikan bahwa kulit manggis ampuh dalam membantu proses penurunan berat badan. Hal ini diakibatkan oleh senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam kulit manggis dapat meningkatkan proses metabolisme lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga hal ini mampu mencegah berat badan yang bertambah.

Mampu menjaga kadar gula darah

Ekstrak manggis dipercaya mampu mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh. Menurut publikasi dalam jurnal Nutrient, sebuah studi yang ditulis oleh Watanabe M et al 2018 menyebutkan bahwa ekstrak kulit manggis mampu mengurangi potensi resistensi insulin secara signifikan. Seperti yang kita ketahui bahwa kini diabetes merupakan suatu penyakit yang banyak menyerang individu karena merebaknya makanan tidak sehat dan berkadar gula tinggi.

Bagus untuk kesehatan kulit

Konsumsi kulit manggis secara rutin dipercaya mampu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan pada kulit. Hal ini sejalan dengan publikasi penelitian dalam jurnal chlinical biochemical nutrition yang disusun oleh Ohno R et al 2015 yang menyebutkan bahwa ekstrak kulit manggis memiliki kegunaan yang besar untuk menjaga kulit akan tetap sehat dan segar.

Peningkatan daya tahan tubuh

Imunitas tubuh menjadi kunci penting agar terhidar dari berbagai infeksi baik berasal dari bakteri maupun virus lho. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk individu yang memiliki kegiatan dan jadwal yang padat serta sering bepergian. Di dalam kulit manggis ditemukan kandungan berupa vitamin C dan serat yang sangat penting dan berperan dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C merupakan zat yang mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu vitamin C juga sangat diperlukan dalam peningkatan produksi sel imun. Kandungan selian vitamin C di dalam kulit manggis yaitu adalah kandungan serat. Serat ini bermanfaat baik bagi bakteri yang terdapat pada usus. Sehingga pencernaan akan lancar. Penjelasan di atas didukung oleh suatu penelitian yang dirilis dalam J Med food dan disusun oleh Tang YP et al 2009.

Ada berbagai macam atau cara untuk mengolah kulit manggis lebih lanjut sehingga dapat dikonsumsi. Berikut merupakan beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengolah kulit manggis yaitu :

1. Olahan teh kulit manggis rebus

Salah satu olahan kulit manggis yang pertama akan dibahas adalah olahan dalam bentuk teh. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastinya dengan menyediakan kulit manggis, tak lupa untuk membersihkannya menggunakan air dalam keadaan mengalir. Apabila telah selesai dibersihkan, maka selanjutnya adalah potong kulit manggis tersebut. Potongan kulit manggis lalu direbus pada air mendidih. Anda dapat menggunakan air sejumlah 250 ml untuk kulit yang didapatkan dari satu buah manggis. Apabila sudah mendidih dan tercampur, maka angkat lah rebusan tersebut lalu saring, untuk memisahkan air dan ampas. Anda dapat mengkonsumsinya ketika sudah hangat. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih manis, anda juga dapat menambahkan gula sedikit. Disarankan untuk tidak membiarkan teh terlalu lama, karena ada kemungkinan warna teh akan berubah.

2. Tonikum

Mungkin sebagian dari anda jarang atau bahkan merasa asing dengan sebutan tonikum. Berikut adalah cara membuat obat tonikum :

  1. Siapkan kulit manggis, pastikan berasal dari buah manggis yang telah matang ya.
  2. Step selanjutnya adalah cuci bersih kulit manggis menggunakan air yang mengalir.
  3. Kulit manggis yang telah bersih lalu rebuslah ke dalam air mendidih. Tunggu hingga kurang lebih 10 menit. Apabila telah mencapai 10 menit, jangan lupa untuk membuang air hasil rebusan tersebut. Hal ini karena air rebusan memiliki potensi mengandung getah dan zat tannin. Kedua zat tersebut dapat memberikan efek rasa mulas pada perut
  4. Selanjutnya masukkan kulit manggis hasil rebusan pada es batu. Tunggu kira-kira selama 10 menit. Setelah melewati 10 menit, hancurkan dengan cara diblender. Ketika diblender, pastikan tidak mencampurkan apapun ke dalamnya ya.
  5. Kulit manggis yang telah diblender lalu dipisahkan ampas dan airnya dengan cara di saring serta di peras. Tujuannya supaya kita mendapatkan ekstrak.
  6. Langkah terakhir dalam pembuatan tonikum yaitu menyimpan ekstrak manggis yang telah dihasilkan sebelumnya dalam wadah yang ditutup. Simpanlah ekstrak kulit manggis tersebut dalam kondisi yang sejuk, misalnya dalam kulkas atau lemari es.
  7. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis tersebut dengan takaran sebanyak 2 sendok setiap hari.
Bagikan: