Berbagai Manfaat Tanaman Kedali Tikus Untuk Kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman keladi tikus merupakan salah satu jenis tanaman keladi yang termasuk tumbuhan semak. Tanaman keladi tikus juga disebut sangat mirip dengan tumbuhan talas. Namun siapa sangka bahwa tanaman keladi tikus memiliki ribuan manfaat lho, terlebih bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman keladi tikus ampuh digunakan sebagai obat-obatan, bahkan sejak dahulu para tabib di dataran Tiongkok telah memanfaat keladi tikus untuk berbagai pengobatan. Ciri tanaman keladi tikus yaitu diantaranya memiliki bagian daun yang berwarna hijau. Selain itu bagian tangkai daun juga berwarna hijau. Tanaman keladi tikus memiliki sensasi rasa yang pahit. Apabila tanaman ini sudah dewasa, maka akan muncul bunga yang memiliki karakteristik seperti ekor tikus, yaitu bentuknya kecil dan panjang serta berwarna putih. Namun hati-hati ketika anda menyentuh tanaman ini, seringkali jika tidak sengaja tersentuh akan menimbulkan sensasi rasa gatal. Tanaman keladi tikus banyak tumbuh ketika musim hujan. Di wilayah Indonesia sendiri, tanaman keladi tikus banyak ditemukan di Pulau Jawa. Berikut adalah beberapa kegunaan atau manfaat dari tanaman keladi tikus :

Tanaman keladi tikus dapat menyembuhkan kanker

Satu hal yang mendasari tanaman keladi tikus memiliki kemampuan dalam menyembuhkan kanker yaitu diketahui dari kandungan zat maupun senyawa di dalamnya. Seperti flavonoid, terpenoid, sterol, dan tannin berdasarkan beberapa penelitian, disebutkan bahwa jenis senyawa berupa flavonoid serta terpenoid memiliki kemampuan seperti zat anti kanker. Untuk penyakit paru-paru misalnya, sudah terbukti bahwa senyawa flavonoid ampuh dalam pengobatannya.

Secara umum, ketika tubuh terdeteksi terdapat penyakit kanker, maka solusi yang sering diberikan untuk metode penyembuhan adalah melalui proses kemoterapi. Namun proses kemoterapi ini membahayakan tubuh, karena dapat merusak jaringan atau sel tubuh yang normal. Sehingga karena dampak negatif tersebut, maka muncul berbagai upaya menciptakan metode pengobatan kanker yang meminimalkan resiko dalam proses penyembuhannya. Sehingga setelah melakukan serangkaian penelitian, didapatlah hasil bahwa tanaman keladi tikus mampu menghambat perkembangan dari sel kanker di dalam tubuh. Tidak lain dan tidak bukan karena kandungan seperti anti oksidan yang menangkal radikal bebas, anti mikroba, serta anti kanker. Di dalam tanaman keladi tikus terdapat suatu bakteri yaitu bakteri endofit. Bakteri inilah yang menghasilkan anti mikroba serta berguna dalam menghentikan pertumbuhan pathogen.

Selain itu bukti menakjubkan lainnya adalah bahwa di dalam tanaman keladi tikus ditemukan ekstrak yaitu berupa etanol. Yang mana bahwa ekstrak ethanol tersebut memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker yang menyerang payudara. Namun yang perlu digarisbawahi adalah bahwa tanaman keladi tikus ini hanya mampu dalam mengurangi frekuensi pertumbuhan sel kanker, atau memperlambat perkembangan sel kanker. Sehingga untuk benar-benar menghilangkan penyakit kanker di dalam tubuh maka tetap harus menggunakan metode pengobatan secara kimiawi.

Tanaman keladi tikus dapat mengobati infeksi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada tanaman keladi tikus terdapat kandungan berupa senyawa anti mikroba dan anti bakteri. Yang mana zat anti bakteri tersebut memiliki kemampuan dalam menghilangkan serta membunuh jenis bakteri Pseudomonas aeruginosa dan bakteri jenis Bacillus subtilis. Perlu diketahui bahwa kedua jenis bakteri tersebut memiliki kemampuan dalam menimbulkan berbagai infeksi dan penyakit yang cukup berbahaya. Diantara penyakit tersebut seperti meningitis, pneumonia, endocarditis, hingga infeksi pada saluran kemih.

Tanaman keladi tikus mampu mengobati sakit batuk

Batuk merupakan penyakit yang menyerang organ pernafasan. Biasanya penyakit ini ditimbulkan oleh virus maupun bakteri yang awalnya masuk melalui hidung dan lanjut masuk ke organ pernafasan seperti tenggorokan hingga organ paru-paru. Menurut beberapa penelitian diungkapkan bahwa tanaman keladi tikus ini mampu mengobati segala macam penyakit yang menyerang organ pernafasan. Diantaranya penyakit yang berhubungan dengan system pernafasan diantaranya seperti batuk, dahak, hingga yang paling parah adalah susah bernafas atau sering disebut sebagai sesak nafas. Sehingga bagi anda yang memiliki keluhan penyakit system pernafasan, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan menggunakan bahan alami yaitu tanaman keladi tikus.

Tanaman keladi tikus dapat menyembuhkan alergi

Alergi merupakan suatu respon tubuh akibat adanya zat atau benda asing yang bersinggungan dengan tubuh. Atau bisa juga diartikan bahwa alergi merupakan suatu masalah pada tubuh yang ditimbulkan oleh reaksi dari system imunitas tubuh yang berlebihan akibat adanya zat asing yang masuk di dalam tubuh. Jenis alergi juga macam-macam, ada yang disebabkan oleh konsumsi suatu makanan, alergi yang disebabkan oleh lingkungan, serta pemicu alergi lainnya. Bentuk reaksi tubuh ketika terjadi alergi yaitu misalnya beberapa bagian tubuh yang terasa gatal, lalu ada juga yang memiliki reaksi alergi seperti bersin, susah bernafas, dan batuk-batuk. Menurut berbagai penelitian disebutkan bahwa kandungan zat aktif di dalam tanaman keladi tikus memiliki kemampuan dalam mengurangi reaksi alergi yang timbul di dalam tubuh.

Tanaman keladi tikus dapat mengobati inflamasi

Kandungan senyawa berupa anti inflamasi pada tanaman keladi tikus memiliki kemampuan dalam mengurangi efek peradangan di dalam tubuh. Jenis peradangan dapat disebabkan oleh berbagai macam lho, diantaranya berupa akibat luka pada tubuh, infeksi oleh bakteri maupun virus, serta apabila terjadi reaksi pada antigen-antibodi.  Selain itu tanaman keladi tikus pada bagian daunnya memiliki kandungan analgesic, yang mana kandungan tersebut sangat ampuh dalam mengurangi rasa nyeri di dalam tubuh.

Bagikan: