HomeTips Sehat10 MANFAAT KURMA UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

10 MANFAAT KURMA UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui sangatlah banyak. Kurma adalah buah yang sudah tidak asing lagi tentunya, buah yang satu ini terkenal akan rasanya yang sangat manis dan manfaatnya yang begitu banyak tidak terkecuali manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui. Dibalik rasanya yang sangat legit, buah asal negeri Jazirah Arab ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi pada buah kurma ini meliputi serat, protein, magnesium, zat besi vitamin B6, vitamin K,dan masih banyak lagi. 

Cek juga : Makanan sehat untuk ibu hamil

Maka dari itu, tidak heran kalau buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi terlebih lagi untuk ibu hamil dan juga menyusui. Kurma terdiri dari berbagai macam, ada jenis kurma bahri, halawy, khadrawy, thoory, zahidi, dan lainnya. Manfaat buah yang satu ini sangat banyak salah satunya adalah sebagai multivitamin untuk ibu hamil dan juga menyusui. 

Berikut 10 manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui:

Sebagai Asupan Energi 

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama adalah sebagai asupan energi, setiap satu biji nbuah kurma mengandung sekitar 277 kalori yang berarti baik untuk kesehatan ibu hamil. Karena berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada tahun 2019, ibu hamil memerlukan energi tambahan menyesuaikan dengan usia kehamilannya. Yang di mulai dari trimester pertama dari 180 kalori, akan terus bertambah seiring berjalannya trimester hingga Hari Perkiraan Lahiran (HPL). Hal tersebut disebabkan karena ibu yang sedang hamil harus berbagi nutrisi dengan calon bayi yang ada di dalam kandungannya tersebut.

Rendah Gula

Di dalam kurma mengandung fruktosa yang cukup tinggi, rasa manis dari buah yang satu ini dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan glukosa. Meskipun buah yang satu ini memiliki rasa manis yang sangat legit, akan tetapi berdasarkan penelitian Nutrition Journal menyebutkan bahwa kurma adalah salah satu makanan yang mengandung glikemik. Perlu diketahui bahwa glikemik ialah suatu indikator seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat memenuhi kenaikan gula darah di tubuh. 

Memperbaiki Kulit

Manfaat kurma yang lainnya yaitu dapat memperbaiki kulit khususnya untuk ibu hamil, sari kurma ini diketahui dapat membantu memperbiaki kulit. Tingginya citamin C dan juga vitamin D pada sari kurma tersebut memberikan nutrisi yang baik dan juga bernutrisi. Kandungan vitamin C dan vitamin D membantu meningkatkan elastisitas kulit yang sangat sulit dipertahankan siring bertambahnya usia, disamping itu juga dapat membantu mencegah penuaan dini untuk kurun waktu yang lebih lama.

Memperkuat Ketuban

Ketuban merupakan selaput atau lapisan berisi cairan yang menyelimuti bayi di dalam kandungan, berita mengenai banyaknya berita mengenai ibu hamil yang mengalami ketuban pecah tergolong cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk ibu hamil selalu menjaga dan memastikan agar ketuban tetap kuat, hal tersebut dapat diminimalisir dengan cara mengkonsumsi buah kurma karena akan membantu memperkuat dinding ketuban.

Membentuk Tulang dan Gigi Bayi

Kurma mengandung magnesium dan mineral yang sangat baik untuk ibu hamil dimana kandungan ini bermanfaat untuk pembentukan gigi bayi dan juga tulang bayi. Tidak hanya itu, kurma juga dapat membantu mencegah defisiensi magnesium saat kehamilan, yang bisa menyebabkan risiko hipertensi tinggi, disfungsi plasenta, dan juga ppersalinan prematur. 

Meningkatkan Produksi ASI

Meningkatkan produksi ASI merupakan salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui. Pasalnya kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma berperan penting dalam penentuan kuantitas dan kualitas ibu yang sedang menyusui. Maka dari itu, sangat dianjurkan khususnya ibu menyusui untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Melawan Penyakit

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang selanjutnya adalah dapat melawan penyakit, selain menjaga kesehatan kandungan dan juga kesehatan bayi setelah melahirkan, kondisi ibu juga harus tetap sehat. Dan salah satu manfaat kurma untuk ibu yang menyusui dapat membantu melawanpenyakit. Salah satunya kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang akan mengakibatkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan akan mudah terkena penyakit, dan kandungan fenolik dalam kurma dapat melawan penyakit dalam tubuh.

Meningkatkan Asupan Serat

Tidak hanya sampai disitu, manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang lainnya yaitu dapat meningkatkan asupan serat. Asupan serat sangat penting khususnya untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan kurma sendiri mengandung kurang lebih 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons.

Memulihkan Kondisi Rahim

Buah kurma yang lezat ini dipercaya dapat membantu memulihkan kondisi Rahim setelah melahirkan, sari kurma yang mengandung komponen seperti hormone membantu mengecilkan pembul;uh darah, sehingga dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan dan menurunkan ukuran rahim secara perlahan.

Membantu Diet

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang terakhir yaitu dapat membantu diet. Sudah menjadi hal yang lumrah saat masa kehamilan berat badan akan naik secara drastis bahkan masa menyusui, dan tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali wanita yang telah melahirkan berharap agar berat badannya segera turun. Dan buah kurma adalah salah satu makanan yang tepat khususnya untuk ibu yang telah melahirkan untuk membantu menurunkan berat badan tanpa perlu khawatir mengurangi nutrisi ASI. Karena manfaat lain dari kurma adalah membantu memproduksi asi.

Cek juga : Cara diet sehat dan murah

Berikut ulasan mengenai manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui, meskipun ibu hamil dan menyusui telah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi akan tetapi harus tetap menjalankan pola hidup sehat agar ibu dan calon bayi tetap terjamin kesehatannya. Semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here